Direktorat Jenderal Perhubungan Laut

KN. Jadayat Berhasil Evakuasi Satu Bagian Black Box Air Asia QZ8501

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Senin, 12 Januari 2015
Jumlah Dilihat: 1196 kali

JAKARTA - Ketua Tim KNKT di KN. Jadayat, Marsda (purn) Sri Bujono, menyatakan telah berhasil mengevakuasi salah satu bagian dari black box pesawat AirAsia QZ8501, yaitu Flight Data Recorder (FDR) pada operasi pencarian hari ini, Senin (12/1). Menurut laporan Sri Bujono kepada kemenhub, setelah menemukan FDR, langkah selanjutnya saat ini adalah melakukan pencarian bagian black box lainnya yaitu Cockpit Voice Recorder (CVR).

Sri bujono mengatakan, bagian black box pesawat QZ8501 tersebut berhasil dinaikkan ke atas kapal pada pukul 07.30 WIB, oleh tim penyelam yang terdiri dari Kapten Saiful, Pelda Bambang Serda Rajab dan Kopda Edy Susanto. S. Keempatnya merupakan anggota Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair).

FDR yang ditemukan memiliki nomor identitas PN 2100-4043-02 dan SN 00556583. Sesuai instruksi Panglima TNI, Jenderal Moeldoko, FDR tersebut akan dibawa ke KRI Banda Aceh, untuk selanjutkan diserahkan oleh Panglima TNI kepada Ketua KNKT.

Proses pemindahan black box dari KN Jadayat ke KRI Banda Aceh dikawal oleh petugas Operator Lab. BBox KNKT, Andreas dan Direktur Navigasi Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Capt. A.Tonny Budiono. (DIS)