Atase Perhubungan Belanda

Struktur Organisasi


Atase Perhubungan Belanda merupakan organisasi di bawah Sekretariat Jenderal Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang dalam pelaksanaan kegiatan administrasi dan keuangan sehari-hari bertanggungjawab kepada Kepala Biro Umum.

Dalam pelaksanaan tugas teknis sehari-hari di Belanda sebagai wilayah Akreditasi dan Eropa daratan sebagai wilayah Observasi, Atase Perhubungan bertanggungjawab dan berada di bawah kendali Kepala Perwakilan Republik Indonesia (Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP)) di Belanda.

Tugas pokok Atase Perhubungan adalah mewakili kepentingan Kementerian Perhubungan dalam pelaksanaan hubungan kerjasama bilateral, regional, dan multilateral di bidang transportasi dengan Negara Penerima/Negara Akreditasi dan Negara Observasi dan/atau organisasi internasional.

DASAR HUKUM PELAKSANAAN TUGAS

1.Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 108 tahun 2003 tentang Organisasi Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri.

2.Peraturan Menteri Perhubungan nomor KM. 37 Tahun 2007 tentang Tata Cara Penugasan Pegawai Negeri Sipil Departemen Perhubungan Sebagai Atase Perhubungan, Staf Teknis Perhubungan, dan Tenaga Staf Pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri.

3.Keputusan Menteri Luar Negeri No. SK.01638 /B/K/P/II /2015/19 tanggal 24 Pebruari 2015 perihal Penempatan Atase Perhubungan pada Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag, Kerajaan Belanda.