• Sampaikan pengaduan anda ke nomor : 0813-111111-05. Akses portal Kemenhub melalui perangkat mobile ketik : http://m.dephub.go.id. Utamakan Keselamatan Dalam Penyelenggaraan Transportasi. Keselamatan Jalan Tanggung Jawab Kita Bersama. Ciptakan Keselamatan, Kenyamanan Transportasi Yang Efektif Dan Efisien.
Kolom dengan * harus diisi.
Nama *
Alamat *
Kota *
No.Telp/Hp *
Email
Pengaduan Tentang *
Ditujukan Kepada *
Isi Pengaduan*
 
 
Pengaduan Masyarakat Melalui Web (391)
Mudik Gratis
Pendaftaran mudik gratis melalui online kurang di paparkan mekanismenya, apakah yang sudah mendaftar secara online bisa mnegetahui sudah di approve atau tidak? Dan apakah website sekelas DEPHUB tidak mencantumkan info "Custemer Service Online / Telepon" ? padahal itu sangat membantu sekali guna mengurai masalah secara cepat. Saya tidak menemukan nomer telp DEPHUB. Terima Kasih
Mudik Gratis
Yth. Sdr. Agus, Terima kasih atas pengaduan yang telah disampaikan kepada kami. Terkait pengaduan Saudara, dapat kami sampaikan bahwa untuk pendaftaran mudik gratis bagi pengguna sepeda motor dengan menggunakan kapal laut, Saudara dapat mengakses website mudikgratislaut.dephub.go.id. Di website tersebut ada menu hubungi kami, yang berisi nama contact person panitia mudik gratis bagi pengguna sepeda motor dengan menggunakan kapal laut antara lain yaitu Sdri. Renna di nomor 081219179792, Sdri Lenna di nomor 081219179794 dan Sdr. Desi di nomor 081219126267. Untuk informasi lebih lanjut, Saudara dapat menghubungi nomor tersebut. Demikian penjelasan dari kami.
mudik gratis via kapal laut
assalammualaikum wr,wb kpd bpk / ibu penyelenggara mudik gratis,,2014 pd hari ini jam 10.30 sy dan ke tiga teman saya berniat ingin ikut serta dalam rombongan mudik gratis yg diselenggarakan oleh dishup di pelabuhan tanjung priok, tapi sampai di tempat pendaftaran di infokan bahwa kapasitas sudah penuh,,tinggal cadangan itupun kertas pendaftaran juga habis. yg menyedihkan kenapa tdk ada info kalau sudah habis melalui media, sebelumnya,,,,,? jd untuk calon peserta kaya sy atau tmn2 yg tempat tinggalnya jauh dr ibu kota/pelabuhan bisa anti sipasi...terimakasih
mudik gratis via kapal laut
Yth. Sdr. Tri Handoyo, Terima kasih atas pengaduan yang telah disampaikan kepada kami. Terkait pengaduan Saudara, dapat kami sampaikan bahwa untuk pendaftaran mudik gratis bagi pengguna sepeda motor dengan menggunakan kapal laut, Saudara dapat mengakses website mudikgratislaut.dephub.go.id. Di website tersebut, juga telah ditampilkan informasi mengenai sisa kuota mudik gratis bagi pengguna sepeda motor dengan menggunakan kapal laut. Apabila Saudara masih memerlukan informasi terkait mudik gratis tersebut, Saudara dapat menghubungi Sdri. Renna di nomor 081219179792, Sdri Lenna di nomor 081219179794 dan Sdr. Desi di nomor 081219126267. Demikian penjelasan dari kami.
Website Pelaut
mohon ijin pak, kenapa website www.pelaut.dephub.go.id tidak bisa dibuka..?? mohon pencerahannya
Website Pelaut
Yth. Sdr. Yosardinov, Terima kasih atas pengaduan yang telah disampaikan kepada kami. Terkait pengaduan Saudara, dapat kami sampaikan bahwa website pelaut.dephub.go.id dapat diakses dengan normal. Namun mengingat banyaknya pengguna yang mengakses website dimaksud, menjadikan traffic website pelaut.dephub.go.id sangat tinggi sehingga para pengguna kesulitan mengakses website dimaksud. Saat ini kami sedang menambah kapasitas bandwith untuk meningkatkan pelayanan kami. Demikian penjelasan dari kami.
Web pelaut.dephub.go.id
Kenapa website untuk mengecek sertifikat pelaut pelaut.dephub.go.id tidak dapat di akses? Kemana kami dan perusahaan mengecek keaslian sertifikat pelaut? Tolong informasi dan tolong segera di perbaiki. Terimakasih.
Web pelaut.dephub.go.id
Yth. Sdr. Edi, Terima kasih atas pengaduan yang telah disampaikan kepada kami. Terkait pengaduan Saudara, dapat kami sampaikan bahwa website pelaut.dephub.go.id dapat diakses dengan normal. Namun mengingat banyaknya pengguna yang mengakses website dimaksud, menjadikan traffic website pelaut.dephub.go.id sangat tinggi sehingga para pengguna kesulitan mengakses website dimaksud. Saat ini kami sedang menambah kapasitas bandwith untuk meningkatkan pelayanan kami. Demikian penjelasan dari kami.
jalan rusak berat di jl pemuda parung jab bogor
Mohon bpk perhubungan memperbaiki daerah jl pemuda parung kab bogor. Jalan tsb malu2 in padahal daerah tsb byk pabrik dan perumahaan. Sdh berbulan2 daerah tsb rusak seoerti kubangan kebo. Masa sih tdk ada dana. Jadi apa bener 1000 trilkiun bocor. Tlg lah pak utk diperbaiki. Banyak wanita yg naik motor dan sangat bahaya.
jalan rusak berat di jl pemuda parung jab bogor
Terimakasih atas pengaduan yang saudara sampaikan, dapat kami sampaikan bahwa penanganan mengenai infrastruktur dalam hal ini jalan raya merupakan kewenangan kementerian pekerjaan umum dan dinas provinsi terkait. sehingga saudara dapat memberikan masukan kepada instansi terkait untuk penanganan lebih lanjut. demikian dapat kami sampaikan.
web pelaut
kenapa web pelaut g bisa di buka saya sudah memakai www.pelaut.dephub.go.id,,,,ini sangat membuat kami para pelaut kecewa...memang tidak becus.
web pelaut
Yth. Sdr. Umar, Terima kasih atas pengaduan yang telah disampaikan kepada kami. Terkait pengaduan Saudara, dapat kami sampaikan bahwa website pelaut.dephub.go.id sudah dapat diakses kembali. Demikian penjelasan dari kami.
web site pelaut.dephub.go.id
mengapa ketika membuka website pelaut.dephub.go.id sangat susah,dan sering tidak bisa di buka,dan hanya muncul tulisan "connection refused".apa yang sedang terjadi website tersebut,mohon penjelasannya
web site pelaut.dephub.go.id
Yth. Sdr. Yusuf Ari Permana, Terima kasih atas pengaduan yang telah disampaikan kepada kami. Terkait pengaduan Saudara, dapat kami sampaikan bahwa website pelaut.dephub.go.id sudah dapat diakses kembali. Demikian penjelasan dari kami.
Website pelaut.dephub.co.id
Mohon penjelasan mengapa web pelaut.dephub.co.id hari ini rabu, tanggal 11 Juni 2014 tidak bisa dibuka, saya harus print out keterangan sertifikat BST untuk salah satu syarat revalidasi, mohon penjelasan dan kapan laman ini bisa dibuka...saya harap secepatnya karena saya juga harus ambil short course SAT/SDSD. Mohon penjelasan..URGENT!!
Website pelaut.dephub.co.id
Yth. Sdr. Rudi Cahyadi, Terima kasih atas pengaduan yang telah disampaikan kepada kami. Terkait pengaduan Saudara, dapat kami sampaikan bahwa website pelaut.dephub.go.id dapat diakses dengan normal. Namun mengingat banyaknya pengguna yang mengakses website dimaksud, menjadikan traffic website pelaut.dephub.go.id sangat tinggi sehingga para pengguna kesulitan mengakses website dimaksud. Saat ini kami sedang menambah kapasitas bandwith untuk meningkatkan pelayanan kami. Demikian penjelasan dari kami.
blangko ijasah laut
Assalm,bpk/ibu dirjenperla saya cuma pngen tanya apa benar untuk penerbitan ijasah laut penerbitanya lama,knapa bisa lama,apa kndalanya ?soalnya kami para pelaut yg sdh lama duduk sekolah/menganggur mengharapkan agar cepat menerima ijasah tp ga dapat2,tlong untuk segera semua ijasah di terbitkan pak agar kami bisa bekerja lagi.trmksh.
blangko ijasah laut
Yth. Sdr. Andre, Terima kasih atas pengaduan yang telah disampaikan kepada kami. Terkait pengaduan Saudara, dapat kami sampaikan bahwa permasalahan ketersediaan blanko sudah dapat diatasi. Blanko Sertifikat Keterampilan telah didistribusikan ke UPT-UPT Diklat dan saat ini sedang dalam proses input data serta pencetakan. Demikian penjelasan dari kami.
website pelaut.dephub.go.id tidak bisa terbuka
Salam hormat kami mohon penjelasan tentang website www.pelaut.dephub.go.id sejak akhir bulan mei 2014 tidak bisa terbuka,sehingga kami dan perusahaan tidak bisa mengecek Sertifikat kami..sekian dan mohon penjelasannya!!! Terimakasih
website pelaut.dephub.go.id tidak bisa terbuka
Yth. Sdr. Sumarlin, Terima kasih atas pengaduan yang telah disampaikan kepada kami. Terkait pengaduan Saudara, dapat kami sampaikan bahwa website pelaut.dephub.go.id dapat diakses dengan normal. Namun mengingat banyaknya pengguna yang mengakses website dimaksud, menjadikan traffic website pelaut.dephub.go.id sangat tinggi sehingga para pengguna kesulitan mengakses website dimaksud. Saat ini kami sedang menambah kapasitas bandwith untuk meningkatkan pelayanan kami. Demikian penjelasan dari kami.
Total record 391, 
Halaman 
halaman pertama halaman sebelumnya 
 halaman berikutnya halaman terakhir
Pengaduan Masyarakat Melalui SMS (19)
+6281331565XXX
Mohon informasi no fax ditjen hubdat, saya dr kominfo mau fax undangan. Tks
0039/DEPHUB/VII/2011
Terimakasih atas SMS yang ditujukan kepada Kementerian Perhubungan. dapat kami informasikan terkait permohonan no.telp dan fax Dirjen Perhubungan Darat yaitu pada pesawat telepon : 021-3521187 dan nomor fax 021-3502972
++628124223XXX
Selamat sore..., Saya mau bertanya, apakah benar jika pesawat di delay (lebih dari 180 menit) maka maskapai hanya menanggung setengah dari biaya penginapan bagi calon penumpangnya. Karena hal ini terjadi pada saat ini pada istri saya & rekannya di Yogyakarta. Maskapai Merpati hanya mau menanggung setengah dari biaya akomodasi akibat delay pesawat Merpati pada hari Jumat tgl.22 April 2011 tujuan Makassar. Istri saya & rekannya sekarang stress & bingung akibat diperlakukan demikian. Tolong bantuannya...... Terima kasih. "Ronny Kumaat - Makassar"
0050/DEPHUB/VII/2011
Keterlambatan adalah terjadinya perbedaan antara waktu keberangkatan atau kedatangan yang dijadwalkan dengan realisasi waktu keberangkatan atau kedatangan (pasal 1 ayat (30) UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan) jadi sudah jelas hal ini merupakan selisih antara waktu keberangkatan/kedatangan yang dijadwalkan dengan waktu keberangkatan/kedatangan yang sebenarnya. Menurut Penjelasan pasal 146 UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, Pengangkut bertanggung jawab atas kerugian yang diderita karena keterlambatan pada angkutan penumoang, bagasi atau kargo, kecuali apabila pengangkut dapat membuktikan bahwa keterlambatan tersebut disebabkan oleh faktor cuaca dan teknis operasional, dan menurut pasal 36 KM 25 Tahun 2008, Pengangkut bertanggung jawab atas keterlambatan lebih dari 180 (seratus delapan puluh) menit, perusahaan angkutan udara niaga berjadwal wajib memberikan minuman, makanan ringan, makan siang atau malam dan apabila penumpang tersebut tidak dapat dipindahkan ke penerbangan berikutnya atau ke perusahaan angkutan udara niaga berjadwal lainnya, maka kepada penumpang tersebut wajib diberikan fasilitas akomodasi untuk dapat diangkut pada penerbangan hari berikutnya. Demikian dapat kami sampaikan. Terimakasih
+79105116XXX
Selamat siang. Saya mau bergiat dalam DX-pedition sebagaimana dimaksud Keputusan menteri perhubungan nomor KM.49 tahun 2002 tanggal 9 Agustus 2002 Bab 2 Pasal 15 ayat (2) selama satu bulan Oktober tahun 2011. Silakan kirim Saya e-mail alamat untuk surat dengan permohonan izin. Silakan kirim ini ke +79105116727. Hormat saya, Valerii Gorbatov.
DX-pedition
Terima kasih. Terkait DX-pediition dapat disampaikan bahwa permohonan ijin DX-pedition dapat dilakukan di Kementerian Komunikasi dan Informatika. Untuk informasi lebih lanjut anda dapat mengakses website Kementerian KOmunikasi dan Informatika di alamat www.depkominfo.go.id
+6281371304XXX
Saya mengtahui dari search engine tentang pelayanan pengaduan penumpang udara. Kami penumpang Garuda GA 433 tujuan Lombok-Jakarta, jadwal keberangkatan semula adalah pukul 14.15 WITA, namun sudah tertunda s/d 20.10 WITA. Tidak ada alasan yang jelas dari pihak Garuda mengenai keterlambatan ini & terakhir informasi akan diberangkatkan pkl 22 WITA. Keluhan yg kami alami diantaranya : 1. Tidak ada informasi kepastian delay atau Cancle 2. Kerugian waktu 5 jam lebih 3. Kerugian finansial selama delay (garuda hanya memberikan makan malam) 4. Kerugian lain (lama tunggu keluarga yg menjemput karena domisili jauh. 5. Informasi minim ttg hak2 penumpang semoga dengan arif dapat ditanggapi & sebelumnya terima kasih (Tanto/Banten)
keterlambatan penerbangan GA 433 Ampenan-Jakarta
Terimakasih Atas Pengaduan Saudara Dapat Diberitahukan bahwa Berdasarkan Surat Vice President Corporate Communications PT. Garuda Indonesia, diketahui bahwa keterlambatan disebabkan oleh alasan teknis, dan dengan mengutamakan serta mempertimbangkan aspek safety maka Garuda Indonesia memutuskan untuk memperbaiki kerusakan teknis dimaksud. Untuk keterlambatan tersebut, PT. Garuda Indonesia sudah memberikan kompensasi langsung kepada penumpang dengan pemberian refreshment dan heavy snack di boarding gate, makan malam, serta akomodasi hotel untuk yang bersedia terbang esok hari dan disiapkan pesawat yang datang dari Jakarta ex GA-432 (yang seharusnya menginap di Ampenan) untuk mengangkut penumpang. Atas kejadian tersebut, PT garuda Indonesia telah mengambil langkah - langkah perbaikan atas keterlambatan pesawat untuk menjadi bahan evaluasi dalam pemberian pelayanan kepada para pengguna jasa ke depannya.
+6281357866XXX
Yth.Departemen Perhubungan Saya ANT5,berpengalaman ,sign on dan sign off kapal 11 kali,pernah daftar CPNS Dep Hubla tahun 2008 sampai pantukir di jakarta Tapi gagal karena saya di minta untuk membayar/mentransfer uang 50 jt ,waktu pantukir saya nomer absen 07,saya cek internet pengumuman tgl 26,tapi internet bisa di buka tgl 05,terakhir jabatan di kapal mualim 2,dan thn 2009 saya kesulitan buka lowongan CPNS untuk ANT5,apakah kami ant5/pelaut yg sudah berpengalaman tidak mendapat kesempatan untuk mendaftar,dan saya minta petunjuk kode untuk ANT5/SMA dan semua persyaratanya dan po.box untuk wilayah surabaya,kalimantan(batulicin)dan gresik...untuk tunjangan S1,hukum internasional,komputer maupun bahasa inggris apakah tidak bisa seiring setelah masuk CPNS ,saya agak kesulitan mendaftar karena adanya sistem bloker di internet ,apakah bisa di permudah untuk pendaftaran coast guard/kplp,maupun syahbandar...sekian terima kasih.
Pengaduan Kepada Dirjen Perhubungan Laut
Terimakasih atas pengaduan saudara, Dapat diberitahukan bahwa setiap warga negara Indonesi yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, mempunyai hak yang sama untuk mengikuti seleksi penerimaan pegawai di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, bahkan khusus untuk mereka yang mempunyai sertifikat Pelaut jumlah formasi yang tersedia pada setiap tahun anggaran selalu bertambah ; Semua proses penerimaan pegawai dari awal sampai akhir dilaksanakan secara terbuka, transparan dan TANPA DIPUNGUT BIAYA APAPUN, Hal-hal yang berkaitan dengan persyaratan pendaftaran, dapat dilihat pada papan-papan pengumumn di setiap lokasi tes atau melalui internet dengan websit www.dephub.go.id
+6281378070XXX
sebagai tambahan informasi dr sms sy sebelumnya no 0621/DEPHUB/VI/2010. Bus A.K.A.P yg seblumnya thn pembuatan thn 2001, dgnti dg bus thn 2010. Dg trayek Solok (sumbar) mnju P. Baru (riau) Ms berlaku kertu pengawas 20 juni 2011.. Trims
peremajaan Kendaraan
Terimakasih Atas Pengaduannya, Dapat di beritahukan bahwa prosedur untuk meremajakan kendaraan telah diatur dalam KM.35 Tahun 2003 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang di jalan dengan Kendaraan Umum dalam Pasal 55 Ayat 1 dan 2, yaitu : (1) Permohonan penggantian kendaraan meliputi peremajaan kendaraan, perubahan identitas kendaraan dan tukar lokasi operasi kendaraan sebagaimana dimaksud dalam pasal 46 huruf c butir 7, diajukan kepada pejabat pemberi izin dilengkap dengan : a. pertimbangan dari Bupati / Walikota, dalam hal ini Dinas Kabupaten/ kota menurut domisili perusahaan, untuk trayek antar kota antar provinsi, trayek antar kota dalam provinsi, trayek antar provinsi untuk pelayanan antar jemput, karyawan, permukiman dan pemadu moda, dan trayek dalam provinsi untuk pelayanan antar jemput, karyawan, permukiman dan pemadu moda, yang meliputi keterangan peruntukan kendaraan lama; b. Dokumen izin trayek yang dimiliki. (2) Apabila Permohonan yang diajukan diterima pejabat pemberi izin, pemberi izin memberikan izin trayek, berupa : a. Lampiran Surat keputusan izin trayek berupa daftar kendaraan; b. Kartu pengawasan kendaraan yang mengalami penggantian kendaraan. - Terkait Biaya dalam proses peremajaan kendaraan pada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat c.q Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sebagaimana tersebut diatas, tidak ada pembebanan biaya.
+6281378070XXX
Perknalkan sy aji, pengurus salah satu P.O. di sumbar, sy mhon informasi tuk prosedur dan biaya pnggantian kartu pengawas, krn sy mw mremajakan bbrpa unit kendaraan.. trims atas infonya..
Peremajaan kendaraan
Terimakasih Atas Pengaduannya, Dapat di beritahukan bahwa prosedur untuk meremajakan kendaraan telah diatur dalam KM.35 Tahun 2003 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang di jalan dengan Kendaraan Umum dalam Pasal 55 Ayat 1 dan 2, yaitu : (1) Permohonan penggantian kendaraan meliputi peremajaan kendaraan, perubahan identitas kendaraan dan tukar lokasi operasi kendaraan sebagaimana dimaksud dalam pasal 46 huruf c butir 7, diajukan kepada pejabat pemberi izin dilengkap dengan : a. pertimbangan dari Bupati / Walikota, dalam hal ini Dinas Kabupaten/ kota menurut domisili perusahaan, untuk trayek antar kota antar provinsi, trayek antar kota dalam provinsi, trayek antar provinsi untuk pelayanan antar jemput, karyawan, permukiman dan pemadu moda, dan trayek dalam provinsi untuk pelayanan antar jemput, karyawan, permukiman dan pemadu moda, yang meliputi keterangan peruntukan kendaraan lama; b. Dokumen izin trayek yang dimiliki. (2) Apabila Permohonan yang diajukan diterima pejabat pemberi izin, pemberi izin memberikan izin trayek, berupa : a. Lampiran Surat keputusan izin trayek berupa daftar kendaraan; b. Kartu pengawasan kendaraan yang mengalami penggantian kendaraan. - Terkait Biaya dalam proses peremajaan kendaraan pada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat c.q Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sebagaimana tersebut diatas, tidak ada pembebanan biaya.
+6285710136XXX
Slmt malam, sy ingin membuat pengaduan ttg KA-KRL: jam 19:45 sy beserta istri dan 3 anak sy yg msh kecil naik KA EKO AC jurusan Bogor dari St Depok baru, setibanya diSt Depok Lama muncul asap banyak yg sepertinya bersumber dari instalasi listrik didekat roda Gerbong, untungnya KA sdg berhenti diStasiun dan pintu dlm keadaan terbuka, penumpang yg berjubel panik berebut keluar, sejak masuk gerbong sy memang sdh merasa AC tdk dingin. Yg menjadi pertanyaan sy, melihat kondisi KA EKO AC seringkali penuh sesak dgn penumpang, jika terjadi kasus yg sama atau dalam simulasi terjadi korsleting: apakah pernah ditest pintu gerbong tetap dapat terbuka, mengingat jendela KRL AC ( Pakuan dan Eko AC ) kebanyakan kaca mati, dan tidak ada alat pemecah kaca spt diBis. Bisa dibayangkan jika ini tdk pernah diuji coba, dan terjadi asap masuk kedalam gerbong, sementara kereta penuh sesak, fatal akibatnya. Thx:Hendro
pengaduan KRL
Terimakasih atas informasinya. Kementerian Perhubungan berupaya untuk senantiasa mengoptimalkan pelayanan jasa transportasi termasuk pelayanan KRL Jabotabek. Mengingat hal ini menyangkut kegiatan operasional, kami menyarankan anda untuk menghubungi PT. KAI Commuter Jabotabek dengan Call center/ fax 021 3807777, SMS center 9559, dan email Pelanggan @ krl.co.id.
+6281354053XXX
Slamat pagi bpk/ibu yg sy hormati. Sy: nm lengkap : masruri umur : 29 thn pekerjaan : swasta saya adalah warga negara Republik Indonesia yg sedang menggunakan jasa angkutan laut PT. PELNI, dari pelabuhan Benoa Bali menuju Timika, Tetapi di dalam perjlnn di KM. KELIMUTU sama sekali tidak mendapatkan kenyamanan. Karna sy tdk mendaptkn tmpat yg layak. Bukan cuma sy sndri, tetapi bnyak yg jg tdk mendptkn tempt. Bahkan bnyk diantara kami yg terpaksa tidur di teras palka. Mohon bantuan Bpk/Ibu untk menindak lanjuti hal ini. Ini bukti tiket sy dengan no tiket 5816183015 tgl brgkt dr Benoa Bali 4 mei 2010. Jam 22.00.
pelayanan PT. PELNI
Terima kasih, dapat disampaikan bahwa pengaduan terkait pelayanan kapal PT PELNI, dapat disampaikan melalui Kantor Pusat PT. Pelayaran Nasional Indonesia, Jl. Gajah Mada 14 Jakarta 10130 Indonesia Phone: (+62)(21)6334 342-45 Fax : (+62)(21)6385 4130
+6281319287XXX
Ass. Sy adl anak dr pegawai damri lampung yg br pensiun beberapa bln lalu...tapi ortu saya blm menerima uang pensiunnya sampai skr sedangkan orang tua saya tdk menerima gaji lg,.dan hal ini jg terjadi kawan2nya yg sdh pensiun jauh sblm org tua sy...mohon perhatian bpk utk penyelesaian masalah ini...krn orang tua kami hrs membiayai kehidupannya sehari2...
uang pensiun belum dibayarkan
Terima kasih, dapat disampaikan bahwa untuk pengaduan saudara dapat disampaikan langsung ke Perum DAMRI Pusat, di alamat Jl. Matraman Raya No.25, Jakarta Timur Telp. (021) 858 3131 - 32 [Hunting] Fax. (021) 8504876
Total record 19, 
Halaman 
halaman pertama halaman sebelumnya 
 halaman berikutnya halaman terakhir