Berita Umum

China Tawarkan Investasi di Batam

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Kamis, 24 Agustus 2006
Jumlah Dilihat: 1940 kali

Pemerintah Indonesia menyambut baik tawaran China untuk meningkatkan hubungan bisnis dengan Indonesia di bidang transportasi antara lain untuk pembangunan pelabuhan dan pengembangan galangan kapal di Pulau Batam.


Dijelaskan, dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam tersebut juga menghasilkan kesepakatan antara lain, China menawarkan bantuan pelatihan kepada tenaga Indonesia di Beijing dan Shanghai pada bidang keselamatan, keamanan dan pengamanan dampak lingkungan, khususnya yang terkait dengan kemanan dan keselamatan pelabuhan.


Pemerintah China berminat membantu sistem keamanan dan keselamatan pelayaran di Selat Lombok, Selat Sunda dan Selat Malaka, tanpa mengabaikan unsur kedulatan Indonesia. Dalam hal ini Pemerintah China akan mengirimkan tim ahlinya di bidang keamanan dan keselamatan pelayaran untuk exchange of view (bertukar pikiran) dengan tim ahli dari Indonesia dalam menangani keselamatan dan keamanan di ketiga selat tersebut.


Selain itu Pemerintah China juga menawarkan bantuan untuk peningkatan capacity building di bidang ISPS Code. Hal ini penting karena menyangkut security dan safety pelabuhan serta traffic system. (bu)