Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal selaku tuan rumah pada kesempatan tersebut menyatakan bahwa Indonesia berkepentingan untuk memegang peranan yang lebih penting di organisasi penerbangan internasional seperti ICAO. Bagi Indonesia sebagai negara maritim yang memiliki wilayah yang luas, transportasi udara memiliki nilai yang penting. Oleh karena itu Indonesia selalu berupaya nyata untuk memenuhi standar dan ketentuan internasional penerbangan sipil internasional.

Menhub Jusman Syafii Djamal menambahkan bahwa Indonesia selama ini telah melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk mewujudkan Roadmap to Transportation Safety, Security and Services. Beberapa langkah tersebut adalah audit bandara dan maskapai penerbangan nasional dan penandatanganan Declaration on Enhancing Aviation Safety in Indonesia pada acara Aviation Safety Summit. Pihak asing juga telah melakukan audit terhadap penerbangan Indonesi seperti audit FAA terhadap Ditjen Hubud dan pemeriksaan lapangan yang dilakukan CASA Australia terhadap Garuda Indonesia.

"Hasil audit FAA menyatakan bahwa semua regulasi yang diterapkan Ditjen Hubud telah sesuai dengan ICAO Annexes 1,6,8 dan pemeriksaan CASA Australia tidak menemukan adanya ketidakmampuan teknis pada Garuda", kata Menhub. Mengenai permasalahan dengan Arab Saudi, Menhub menyatakan bahwa GACA Arab Saudi telah melakukan audit menyeluruh terhadap keselamatan penerbangan Indonesia yang menghasilkan rekomendasi positif. Terhadap Uni Eropa Indonesia telah pula melakukan langkah-langkah untuk membangun kerjasama dan dialog.

Semua hal tersebut merupakan bukti bahwa Indonesia selalu terbuka terhadap setiap usaha meningkatkan keselamatan dan keamanan penerbangan dan mengundang semua pihak yang berkepentingan untuk melakukan verifikasi terhadap keselamatan penerbangan Indonesia. Dengan menyaksikan secara langsung kondisi penerbangan di Indonesia, pihak-pihak asing akan yakin bahwa dunia penerbangan di Indonesia telah berada pada jalur yang benar untuk menerapkan standar keselamatan dan keamanan internasional (Brd).