Randy Effendi salah satu anggota INSA menjelaskan bahwa pada acara RUA tersebut akan dilakukan pemilihan ketua umum INSA untuk periode kepengurusan tahun 2008-2010. "Siapa pun ketua baru yang terpilih nanti harus bisa membawa INSA untuk lebih memperhaikan dan menampung aspirasi anggota, demi kepentingan anggota dan harus menyuarakan kepentingan anggota," ujar Randy.

Selaku anggota INSA Randy menambahkan bahwa pemerintah sejauh ini telah banyak melakukan langkah yang mendorong perkembangan dunia usaha pelayaran. Peratifikasian mortgage law telah memberikan manfaat besar bagi industri pelayaran dalam hal bantuan permodalan dari perbankan. Kemudian, liberalisasi pelabuhan yang dihasilkan UU Pelayaran baru juga diungkapkan Randy telah memberikan keuntungan tersendiri bagi pengusaha pelayaran.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan menyarankan agar seluruh asosiasi perusahaan pelayaran bisa bekerja sama untuk membangun sektor pelayaran nasional. "Saya harapkan bersatu dan bekerja sama," ujar Menhub seusai rapat kerja di Komisi V DPR, Senin (14/7).

Menhub juga menyarankan agar asosiasi pelayaran berbentuk federasi untuk memudahkan koordinasi dengan pemerintah. "Sekaligus memberikan ruang lebih luas bagi bidang usaha di industri pelayaran untuk berkembang dan bersaing secara sehat," ujarnya. (DIP)