Apel yang diikuti kurang lebih 300 personil pihak terkait di lingkungan Bandara Soekarno-Hatta itu menghadirkan Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal sebagai inspektur upacara.

Eddie menyebut, penumpang angkutan lebaran tahun lalu sebesar 712.893 orang untuk keberangkatan dan 661.687 untuk kedatangan, sedangkan tahun ini diperkirakan 784.210 keberangkatan dan 728.250 kedatangan.

Untuk itu, menurut dia, pihaknya menyiapkan beberapa langkah persiapan yakni pertama, menyiapkan posko terpadu angkutan Lebaran 2007. Selain itu, lanjutnya, PT AP II juga akan mengkoordinasikan semua instansi terkait di Bandara Soekarno-Hatta.

"Kami juga akan menambah fasilitas X-Ray di terminal kedatangan I dan II. Semua pintu terminal penumpang akan dibuka," katanya. Selain itu, untuk kepentingan pengendalian, seluruh arus kendaraan pribadi yang mengarah ke terminal 1 A,B dan C, selama angkutan Lebaran, diarahkan langsung ke parkir area. "Kecuali angkutan umum," kata Eddie.

Selama ini, ketentuan arus kendaraan pribadi ke parking area sudah berlaku bagi setiap kendaraan pribadi yang mengarah ke terminal 2, internasional di Bandara Soekarno-Hatta. Sampai saat ini, tambahnya, persiapan angkutan Lebaran di Bandara Soekarno-Hatta telah mencapai di atas 90 persen.

Sumber LKBN : Antara, 04 Oktober 2007