Sektor transportasi merupakan sektor yang dalam implementasinya selalu melibatkan banyak pihak/lintas sektor dan multidisiplin. Dengan demikian upaya untuk memfokuskan perhatian terhadap aspek sumber daya manusia dan aspek sosial yang melingkupinya dalam meningkatkan keselamatan transportasi perlu suatu rumusan dan kajian yang melibatkan banyak pihak. Oleh karena itu pada tanggal 5-7 Juni 2007 bertempat di Hotel Ina Garuda Yogyakarta, Badan Diklat Perhubungan menyelenggarakan seminar keselamatan transportasi dengan tema, "Melalui Peningkatan Kualitas SDM Kita Jadikan Keselamatan Transportasi Sebagai Budaya Bangsa".

Seminar yang direncanakan dibuka oleh Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal tersebut, menghadirkan pembicara seperti Pakar Transportasi Prof. DR Danang Parikesit, Pakar Sosiologi dan Budaya Prof DR. Sunyoto Usman, Pakar Psikologi dan SDM Prof. DR Djamaluddin Antjok, Dirjen Otda Depdagri DR Kausar A.S. selain tentunya kalangan pejabat di lingkungan Departemen Perhubungan. Sementara itu peserta yang diharapkan hadir adalah para pejabat Dinas Perhubungan Propinsi & Kabupaten/Kota dari seluruh Indonesia, Adpel, Kanpel, Adbandara, civitas akademika/perguruan tinggi, kalangan LSM, asosiasi terkait serta para pemerhati, praktisi dan konsultan di bidang transportasi.

Diharapkan seminar ini akan menghasilkan persamaan persepsi mengenai arti penting peningkatan keselamatan transportasi dan berbagai hal tentang bagaimana merumuskan pengelolaan sumber daya manusia penyelenggara transportasi dalam rangka mendukung kebijakan road map to zero accident. Selain itu berbagai masukan seperti dampak dan konsekuensi penggunaan teknologi transportasi, implementasi standar persyaratan teknis, pelaksanaan sistem dan prosedur diharapkan juga muncul dalam penyelenggaraan seminar ini. (br)