Direktur Jenderal Perkeretaapian Departemen Perhubungan (Dephub) Wendy Aritenang menjelaskan, prakualifikasi sedang dilangsungkan oleh panitia saat ini. Tujuh perusahaan, di mana sekitar dua di antaranya, perusahaan asing. "Sekitar Januari 2009 hasilnya sudah diketahui," ujarnya seusai Roundtable Discussion Perkeretaapian bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di Jakarta, Kamis (20/11). Wendy juga memastikan PT Rail Link yang semula sebagai penggagas proyek itu masuk dalam daftar peserta.

Selanjutnya Wendy juga mengungkapkan mengenai kemungkinan percepatan pelaksanaan tender pembangunan jalur dwi ganda (double double track) Manggarai-Cikarang. Indikasi tersebut, kata dia, karena adanya jaminan dari Gubernur DKI Jakarta mengenai pembebasan tanah yang tersisa.

Dijelaskannya, tanah yang belum selesai tersebut merupakan milik salah satu penduduk. Tanah itu dikuasai warga setelah wilayah tersebut ditetapkan sebagai jalur KA dan kompleks perumahan bekas karyawan PT KA. "Itu urusannya antara PT KA dengan mereka. Tinggal menunggu penyelesaian hitung-hitungan di antara mereka," ujar Wendy. (DIP)