Direktorat Jenderal Perhubungan Udara

Bandara Internasional Lombok Pertama Kali Terbangkan Pesawat Jenis Boeing 747-400

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Minggu, 13 Agustus 2017
Jumlah Dilihat: 1437 kali

Pesawat GA 8122 yang membawa kloter pertama jemaah calon haji asal Nusa Tenggara Barat berhasil lepas landas dengan mulus, Sabtu (12/8) siang. Pesawat Boeing 747-400 milik Garuda Indonesia ini merupakan pesawat Wamos Air dari Spanyol yg disewa Garuda Indonesia karena punya kapasitas besar, sehingga mampu mengangkut seluruh kloter tambahan.

"Ini kali pertama Bandara Internasional Lombok menerbangkan jenis pesawat Boeing 747-400, dan ini merupakan awal yang baik untuk pengembangan kedepannya," kata General Manager Angkasa Pura I, I Gusti Ngurah Ardita.

Pihak Angkasa Pura I berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan yang terus memantau dan memberikan perhatian terkait pengecekan bandara dan kesiapan dalam pemberangkatan jemaah calon haji. Dengan keberhasilan ini pihak Angkasa Pura I juga telah mempersiapkan pengembangan apron dan terminal internasional.

GM Garuda Indonesia Cabang Bandara Internasional Lombok Yans Verio menambahkan dari segi perijinan pesawat tidak ada hambatan yang berarti, semuanya clear dan lancar.

Gubernur NTB, TGH Muhammad Zainul Majdi berkesempatan melepas keberangkatan kloter pertama ini langsung di Asrama Haji, Praya, Lombok, NTB pada Jumat (11/8) malam.

Total jemaah haji asal NTB sebanyak 4.514 orang, namun dua orang sakit dan dua lagi meninggal dunia, jadi total jemaah haji NTB tahun ini 4.510 jemaah yg terbagi dalam 11 kloter. Tercatat terjadi peningkatan jumlah jemaah calon haji sebanyak 1000 orang dibanding tahun lalu

Ditambahkan Yans tahun lalu calon jemaah haji diterbangkan dengan pesawat Airbus 330-300 yang mampu mengangkut 350 jemaah.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, yang menggunakan pesawat Airbus 330-300, kalau sebelumnya hanya mengangkut 350 jemaah, kini bisa mengangkut 450 jemaah,” tutup Yans. (TD/BS)