GIANYAR - Taruna Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Bali mulai memanfaatkan dua unit casis bus HINO tipe R260 dan FB130 yang merupakan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) untuk praktek, guna mempelajari seluk beluk mesin, transmisi dan teknologi bus terkini.

Kepala BPPTD Bali Drs. Subroto kepada redaksi pemberitaan www.dephub.go.id di Gianyar akhir pekan lalu mengatakan, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian HINO kepada dunia pendidikan khususnya balai pendidikan dan latihan yang dikelola Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), dalam rangka mendukung pemerintah mewujudkan sumber daya manusia yang prima dan profesional dalam menyelengarakan transportasi yang terbaik.

Hino memberikan 4 buah sasis bus terdiri dari 2 unit sasis bus Hino tipe R200 dan 2 unit sasis bus FB130. Sebanyak 2 buah sasis bus ditempatkan di BPPTD Tegal dan 2 buah di Bali. Bantuan kepada BPSDMP ini juga bagian dari kompensasi karena Kementerian Perhubungan telah membeli 1240 bus yang oleh Kemenhub diserahkan kepada Pemda Tingkat I dan II serta perusahaan BUMN transportasi seperti PPD dan Damri.

Rencananya, bus Hino ini akan digunakan oleh BPSDMP sebagai sarana belajar peserta diklat di BPPTD Tegal dan Bali dengan tujuan agar peserta diklat mengerti dan mengetahui lebih dalam mengenai kendaraan niaga sehingga ke depannya transportasi di Indonesia dapat lebih maju dan sukses lagi dalam melayani masyarakat. BPSDM merupakan badan yang bertugas dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang perhubungan.

Subroto yang sebelumnya menjabat Kepala Sub Direktorat Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat mengatakan, selain memberikan sasis bus, HINO juga menempatkan instruktur dan teknisinya untuk memberikan diklat singkat baik kepada instruktur BPPTD maupun kepada para taruna. "Setelah dengan HINO, kerjasama serupa akan dilakukan dengan Mercedes Benz. Karena masing-masing produsen mobil memiliki teknologi yang berbeda," kata Subroto. (JO)