BANDUNG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak masyarakat Bandung untuk bersama-sama mengikuti aturan berlalu lintas sehingga angka kecelakaan dapat berkurang. Demikian disampaikan Menhub dalam Dialog Nasional dengan tema "Keselamatan Transportasi Tanggung Jawab Bersama" di Universitas Pendidikan Indonesia, Kamis (2/8).

“Selamat dalam berkendaraan ini penting bagi warga negara semuanya, berkendaraan adalah kegiatan kita setiap hari, nah kalau kita mengikuti aturan dan disiplin pasti kecelakaan itu makin berkurang,” ungkap Menhub.

Menhub mengapresiasi kegiatan sosialisasi keselamatan berkendara ini bahwasannya bukan saja pemerintah sebagai regulator yang bertanggung jawab terhadap keselamatan berkendara namun dibutuhkan pula kesadaran dari masyarakat.

“Pada kesempatan ini saya ucapkan terimakasih kepada UPI, saya melihat dari semua warga muda Bandung dan mahasiswa UPI menunjukkan bahwasannya bukan kita saja selaku regulator yang bertanggung jawab tetapi mereka lebih pandai dan mengerti mengenai keselamatan berkendara, tinggal sekarang mau apa nggak,” tutur menhub.

Salah satu tujuan sosialisasi ini antara lain meningkatkan kesadaran pelajar dan masyarakat dalam mematuhi peraturan lalu lintas, membangun kesadaran generasi muda untuk berperilaku tertib berlalu lintas dan membangun budaya tertib berlalu lintas sejak dini atas dasar kesadaran pribadi serta tanggung jawab moral untuk meningkatkan keselamatan.

Lebih lanjut Menhub mengimbau kepada orang tua untuk tidak memperkenankan anak anaknya yang masih di bawah umur mengendarai kendaraan sendiri karena sangat berbahaya.

“Kami mengimbau kepada orang tua untuk tidak memperkenankan anak-anaknya yang masih di bawah umur,” tutur Menhub

Dalam kesempatan tersebut Menhub memberikan hibah satu unit bus kepada Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung.

Turut hadir dalam acara Dialog Nasional diantaranya Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Staf Ahli Gubernur Jawa Barat bidang Kemasyarakatan dan SDM Udjawalaprana Sigit dan Rektor UPI Asep Kadarohman. (EK/TH/RK/BI)