Direktorat Jenderal Perhubungan Laut

Dukung Wisata Belitung, 2018 Menhub Bangun Pelabuhan Tanjung Batu

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Minggu, 29 Oktober 2017
Jumlah Dilihat: 635 kali

BELITUNG. Untuk lebih mendukung peningkatan pariwisata di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tahun 2018 akan membangun Pelabuhan Tanjung Batu. Hal ini dikatakan Menhub usai meninjau langsung kondisi Pelabuhan Tanjung Batu yang saat ini digunakan sebagai tempat bongkar muat tambang pasir, Sabtu (28/10).

“Pembangunannya akan kita lakukan tahun depan, Insyaallah Februari 2018 akan kita lakukan (pembangunan) karena ini ada kaitannya dengan serah terima asset dari daerah ke pusat. Saya sudah koordinasi mungkin 1 bulan ini serahkan asset kepada pemerintah pusat, kami akan menganggarkan nya di 2018,” jelas Menhub.

Selanjutnya Menhub berharap Pelabuhan Tanjung Batu dapat difungsikan kembali sebagai pelabuhan bongkar muat kontainer dan penumpang termasuk untuk wisatawan.

“Ternyata ada suatu pergeseran fungsi Pelabuhan Tanjung Batu yang semula digunakan untuk kontainer dan pariwisata digunakan untuk (bongkar-muat) pasir sehingga pelabuhannya rusak,” ujarnya.

Untuk itu dalam kesempatan yang sama Menhub langsung meminta kepada pemerintah setempat memindahkan aktivitas bongkar muat pasir ke tempat lain.

“Oleh karenanya saya menganjurkan pelabuhan pasir tidak disana (Tanjung Batu) lagi kita minta ke tempat lain, kami akan perbaiki Tanjung Batu,” ungkapnya.

Terkait anggaran perbaikan, Menhub belum dapat memastikan besarannya akan tetapi dirinya berjanji akan mendukung penuh rencana ini, terlebih ini terkait dengan pariwisata.

Turut hadir dalam kunjungan ke Belitung, Bupati Belitung Sahani Saleh, Sekretaris Provinsi Bangka Belitung Dr. Yan Megawandi, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Klas V Tanjungpandan, Capt Muas Effendi, dan sejumlah pejabat terkait lainnya. (GD/TH/BS/BI)