JAKARTA - Vaksinasi atau imunisasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Masyarakat kita memang masih ada yang belum sepenuhnya setuju untuk mendapatkan vaksinasi Covid 19. Padahal pemberian vaksin ini sangatlah penting, bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari Covid 10, tetapi juga memulihkan kondisi sosial dan ekonomi negara dan masyarakat yang terkena dampak pandemi.

Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin Covid 19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus SARS-CoV-2 ini. Vaksinasi memang tidak dapat sepenuhnya melindungi seseorang dari terpaan infeksi virus Corona, namun dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gejala yang berat dan komplikasi akibat Covid 19 dan yang lebih penting adalah vaksinasi secara serempak dapat mendorong terbentuknya herd immunity di tengah-tengah komunitas masyarakat.

Vaksinasi di Pelabuhan Tanjung Priok

Kementerian Perhubungan melalui Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok kembali menggelar vaksinasi massal di Pelabuhan Tanjung Priok. Kegiatan ini menyasar setiap insan transportasi serta para pekerja yang melakukan aktifitas pekerjaan dan masyarakat di sekitar Pelabuhan Tanjung Priok.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok (Ka OP), Capt. Wisnu Handoko Jumat pekan lalu (9/7), mengungkapkan, vaksinasi massal yang diselenggarakan ini sekaligus dalam rangka deklarasi gerakan "Pelabuhan Tanjung Priok Bervaksin" yang dicanangkan oleh Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim.

“Pelabuhan Tanjung Priok menjadi pelabuhan yang pertama dalam mencanangkan dan mewajibkan setiap insan transportasi serta para pekerja yang melakukan aktivitas di Pelabuhan Tanjung Priok harus sudah di vaksin,” ujar Capt Wisnu.

Sebagai pelabuhan yang memiliki kepadatan aktifitas yang tinggi, gerakan vaksinasi ini begitu sangat penting karena 70% kegiatan logistik Indonesia yang melalui transportasi laut berada di Pelabuhan Tanjung Priok dan pelabuhan ini merupakan sektor yang sangat penting bagi berlangsungnya kegiatan ekonomi Indonesia.

Program vaksinasi menyeluruh di Pelabuhan Tanjung Priok selain bertujuan mendukung kegiatan pelayanan kepelabuhanan dan transportasi laut baik logistik maupun penumpang agar terlindungi dan terbebas dari resiko penyebaran Covid-19, juga memberikan kepercayaan

diri kepada para pelayan transportasi publik yang bertugas di garda depan transportasi untuk melaksanakan tugasnya.

Deklarasi gerakan "Pelabuhan Tanjung Priok Bervaksin” juga merupakan komitmen untuk ‘Sadar Bervaksin” bagi seluruh komunitas yang bekerja dan hidup di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok dan menyadari sepenuhnya bahwa Pelabuhan Tanjung Priok merupakan sektor kritikal di bidang transportasi dan logistik sehingga diperlukan partisipasi aktif dan perannya untuk mensukseskan Program Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh Pemerintah.

Deklarasi juga bertujuan untuk sosialisasi dan himbauan kepada pengguna jasa Pelabuhan Tanjung Priok dan setiap orang yang memasuki wilayah kerja Pelabuhan Tanjung Priok harus sudah bervaksin, sadar vaksin, serta membantu memfasilitasi orang untuk mendapatkan akses vaksinasi.

Program vaksinasi massal ini merupakan yang kedua kalinya yang diselenggarakan di Pelabuhan Tanjung Priok. Program vaksinasi massal yang pertama dilakukan pada tanggal 10 -24 Juni 2021 dan vaksinasi massal yang kedua dilaksanakan tanggal 7 - 14 Juli 2021. Pelaksanaannya dilakukan setiap hari, mulai pada pukul 08.00 pagi sampai 15.00 sore.

Vaksinasi Massal di Pelabuhan Tual

Program vaksinasi yang menyasar masyarakat maritim dan para pelaut pekan lalu juga dilakukan di Pelabuhan Tual, Maluku oleh jajaran Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan.

Bersama stakeholder terkait, pelaksanaan vaksinasi Covid 19 yang dilaksanakan di Pelabuhan Tual tersebut menargetkan seluruh masyarakat Kota Tual dan berharap terbentuk herd immunity di kawasan tersebut secepatnya.

Pelaksana Tugas Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Tual, Jonas Lermatan, mengungkapkan, vaksinasi massal dapat terlaksana dengan baik berkat kerjasama dan kolaborasi yang erat antara kantor UPP Kelas II Tual dengan Dinas Kesehatan Kota Tual, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kota Tual, Polres Tual dan Kodim Tual serta jajaran tim medis Dinas Kesehatan Pemkot Tual. (IS/AS/HG/HT/JD)