MERAK - Arus Mudik melalui Pelabuhan Merak yang merupakan salah satu pintu gerbang dari pulau Jawa menuju Sumatera terpantau berjalan lancar dan aman. Hal tersebut disampaikan Menhub saat tiba di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (11/6).

"Kemarin saya sudah meninjau kesiapan arus mudik di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hari ini giliran meninjau Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni. Saya lihat dari udara tadi arus mudik berlangsung lancar dan aman," ucap Menhub Budi Karya.

Lebih lanjut Menhub meminta kepada yang bertugas selama angkutan lebaran untuk tetap siaga dan fokus sampai masa angkutan lebaran selesai nanti agar angkutan lebaran tetap berjalan lancar sesuai yang dinginkan

"Seluruh yang bertugas harus tetap siaga dan fokus, kita tidak boleh lengah karena keselamatan, keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam melakukan mudik lebaran tetap harus menjadi prioritas," ujar Menhub Budi Karya.

Di saat yang bersamaan Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian mengatakan sampai saat ini pergerakan penumpang dan kendaraan pribadi baik itu motor maupun mobil dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni baru sekitar 30%.

"Saat ini baru 30% yang melintasi Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, artinya masih ada 70% lagi yang belum melintas. Ada 2 kemungkinan yang 70% belum melintas yaitu kemungkinan berpindah ke moda transportasi udara dan masyarakat masih menunggu libur karena terutama Karyawan swasta," kata Kapolri Tito Karnavian.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Koordinator PMK Puan Maharani, Menteri Kesehatan Nila Moeloek serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.(MM/TH/RK/MM)