Jakarta, Indonesia, Mei 2020 - Grup Islamic Development Bank (IsDB) telah memperkuat kehadiran dan dukungannya terhadap Indonesia melalui fasilitas Bantuan Teknis (BT) untuk mendukung pengembangan proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) sektor Transportasi di Negara Anggota. IsDB akan memberikan hibah sebesar US $ 265.000 kepada Kementerian Perhubungan RI yang akan dimanfaatkan untuk membangun dan memperkuat kapasitas Kementerian Perhubungan dalam upaya mengembangkan dan mengimplementasikan berbagai proyek KPBU sektor transportasi. Ruang lingkup bantuan terdiri dari kegiatan yang terkait dengan (i) pengembangan kapasitas Kementerian Perhubungan; (ii) persiapan toolkit / pedoman untuk penelahaan dan pemilihan proyek KPBU; dan (iii) penyiapan dokumen Outline Business Case (pra-studi kelayakan) untuk satu proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) sektor transportasi.

Menurut Ibrahim Shoukry, Kepala Hub Regional IsDB Indonesia, “Sektor transportasi adalah salah satu kepentingan utama Pemerintah. Dalam lima tahun terakhir, pemerintah telah meningkatkan komitmen politik dan keuangan untuk menangani program pembangunan infrastruktur transportasi. Upaya ini menghasilkan berbagai proyek infrastruktur transportasi prioritas. Namun, keadaan geografis Indonesia memunculkan tantangan yang unik, yang mengharuskan pemerintah mampu menggunakan pendekatan inovatif dalam mengatasi tantangan tersebut. Peran Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) sangat penting dalam mempercepat peningkatan hasil konkrit pada infrastruktur sektor transportasi. Oleh karena itu, bantuan IsDB akan mendukung upaya pembangunan kapasitas teknis Kementerian Perhubungan yang sesuai dan pada gilirannya membuka jalan bagi keberhasilan Kementerian Perhubungan dalam melaksanakan berbagai proyek infrastruktur yang berkualitas,"

Djoko Sasono, Sekretaris Jenderal, Kementerian Perhubungan, menyatakan, “Indonesia perlu mengatasi tantangan khas infrastruktur, dimana pembangunan sektor transportasi menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Partisipasi sektor swasta merupakan faktor signifikan yang berkontribusi dalam upaya percepatan penyediaan infrastruktur dan diharapkan dapat memberikan nilai dan manfaat yang jauh lebih baik. Kerjasama antara Kementerian Perhubungan dan IsDB diharapkan dapat memfasilitasi dan mendukung implementasi program KPBU di sektor transportasi,"

IsDB dan Kementerian Perhubungan juga akan berkoordinasi dengan Kantor Bersama KPBU, termasuk Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII), dan lain-lain, guna memastikan keberhasilan implementasi bantuan teknis ini dan keberlanjutan penawaran proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yang potensial dan berkualitas ke pasar.