Direktorat Jenderal Perhubungan Laut

Jelang Kunjungan Presiden RI Ke Pelabuhan Tenau Kupang, Menhub Cek Kesiapan Sarana dan Prasarana

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Rabu, 21 Agustus 2019
Jumlah Dilihat: 1375 kali

Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah melakukan pengecekan di Pelabuhan Tenau, Kupang jelang kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Rabu (21/8). Pelabuhan Tenau Kupang merupakan pelabuhan utama terbesar di bagian selatan Indonesia.


“Menteri Perhubungan sudah berada di Kupang dari semalam untuk mempersiapkan kunjungan kerja Presiden RI ke Pelabuhan Tenau Kupang hari ini,”ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik, Hengki Angksawasan di Jakarta, Rabu (21/8).

Presiden Jokowi rencananya akan mengecek pergerakan dan perkembangan Tol Laut di kawasan Indonesia bagian timur dengan meninjau sarana dan prasarana di Pelabuhan Tenau Kupang. Selain meninjau sarana dan prasarana di Pelabuhan Tenau Kupang, rencananya Presiden didampingi Menhub akan mengecek Kapal Ternak, Perintis dan juga Tol Laut.

Rombongan Presiden Jokowi direncanakan mendarat di Bandara Internasional El Tari Kupang pada pukul 10.20 WITA dan disambut oleh Menteri Perhubungan juga Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat. Selain ke Pelabuhan Tenau Kupang, Presiden Jokowi dan Menteri Perhubungan akan berkunjung ke Desa Nunkurus Kupang Timur.

Sebelumnya Menhub Budi telah mendahului ke Kupang dan mendarat pada pukul 20.00 WITA, Selasa (20/8) lalu meninjau Menara ATC Bandara Internasional El Tari Kupang. Menhub juga melakukan tinjauan ke Pelabuhan Tenau serta Kapal Perintis. Selain itu Menhub Budi juga melakukan makan malam dan bincang santai bersama dengan Tenaga Kerja Bongkar Muat Pelabuhan Tenau di Pantai Teddys.

Sebagai informasi Pelabuhan Tenau Kupang dibangun pada tahun 1964 dengan panjang Dermaga 23 Meter. Kegiatan pelabuhan ini dikelola oleh Pelindo III bekerjasama dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kupang. Pelabuhan Tenau Kupang merupakan tempat bersandarnya Kapal Ternak Cemara Nusantara 66 dan Kapal Perintis Sabuk Nusantara 67. (LKW/RDL/YSP/HA).