JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menindak tegas Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tertangkap karena kedapatan membawa narkoba di Bandara Halim Perdanakusuma pada Kamis (2/8). Hal ini tidak akan dibiarkan dan terulang kembali sehingga Kemenhub pastikan akan memberi sanksi tegas kepada PNS tertangkap yang berprofesi sebagai penguji pilot tersebut.

“Kemenhub akan menindak tegas PNS yang kedapatan membawa narkoba di Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (2/8) pekan lalu. Kami akan menindak tegas sesuai dengan hukum yang berlaku. Prinsipnya, kita akan taat hukum dan sepakat untuk tindak tegas. Saya harap hal ini tidak akan terulang lagi,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub) saat ditemui Senin pagi (6/8).

Berbagai upaya akan dilakukan untuk mengantisipasi agar hal ini tidak terulang kembali. Menhub telah memerintahkan Plt. Dirjen Perhubungan Udara untuk segera melakukan tes urine dan uji narkoba kepada semua jajaran pegawai Kemenhub dan memberikan sosialisasi terkait pemberantasan narkoba terutama di lingkungan Kemenhub.

“Saya telah menugaskan Plt. Dirjen Perhubungan Udara untuk melakukan tes urine secara berkala dengan efektif kepada semua jajaran pegawai. Saya harap ini tidak hanya untuk Direktorat Jenderal Perhubungan Udara saja tapi juga semuanya. Hal ini penting sekali karena ini akan berhubungan dengan keselamatan penumpang pada semua moda transportasi. Kita harus sosialisasikan pemberantasan narkoba, utamanya kita lakukan mulai dari diri sendiri bahwa narkoba tidak baik untuk diri sendiri dan orang lain,” tegas Menhub.

Menhub mengharapkan hal ini tidak akan terulang kembali karena kita harus terus menjaga integritas. Integritas yang kita bangun akan membangun rasa kepercayaan masyarakat. Maka, Menhub inginkan segala upaya untuk menindaklanjuti hal ini harus dilakukan dengan baik dan konsisten.

“Saya ingin berbagai upaya untuk menindaklanjuti hal ini dilakukan dengan baik dan harus kita tekankan untuk dilakukan secara konsisten. Harus dipikirkan keberlanjutannya seperti tes urine dengan rutin, uji narkoba, serta sosialisasi pemberantasan anti narkoba yang akan terus gencar dilakukan terutama dimulai di lingkungan Kemenhub. Kita harus terus menjaga integritas demi membangun kepercayaan publik,” pungkas Menhub. (BNK/TH/RK/BI)