SURABAYA - Kementerian Perhubungan melatih lebih dari 100 ribu orang melalui Program Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Tahun 2018. Diklat ini diberikan secara gratis kepada siswa-siswa SMK untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan dalam bidang transportasi. Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai membuka Program Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) tahun 2018 di Politeknik Pelayaran Surabaya, Selasa (27/2).

"Diklat ini diberikan oleh Politeknik Pelayaran dan Politeknik Penerbangan dengan jumlah lebih dari 1000 siswa SMK. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya siswa-siswa SMK agar memiliki pengetahuan terkait transportasi," jelas Menhub.

Adapun Diklat Gratis yang diberikan Politeknik Pelayaran Surabaya yaitu BST (Basic Safety Training) dilaksanakan selama 9 hari. AFF (Advance Fire Fighting) dilaksanakan selama 4 Hari dan SAT (Security Awareness Training) dilaksanakan selama 1 Hari.

Sedangkan Diklat Gratis yang diberikan Politeknik Penerbangan Surabaya yaitu Diklat Pengoperasian Fluid Power dilaksanakan selama 7 hari, Diklat Teknik Pengukuran Kelistrikan Pesawat dilaksanakan selama 7 hari, Diklat Teknik Perawatan AC dilaksanakan selama 10 hari.

Untuk pelaksanaan diklat dilakukan di Kampus Politeknik Pelayaran Surabaya dan Politeknik Penerbangan Surabaya.

Menhub berharap diklat ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia umumnya dan khususnya siswa-siswa SMK dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya dalam bidang transportasi.

"Saya berharap masyarakat yang telah mendapatkan diklat ini dapat segera terjun dan mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilannya dan dapat segera bekerja sehingga dapat memberikan kesejahteraan dan meningkatkan ekonomi bagi daerahnya," pungkas Menhub.

Diklat Pemberdayaan Masyarakat tahun 2018 ini merupakan lanjutan dari program tahun sebelumnya dalam rangka melaksanakan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia. (LFH/TH/LP/BI)