Liputan Khusus

Kemenhub Raih Penghargaan Stan Pelayanan Terbaik pada SAIK 2019

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Jumat, 25 Oktober 2019
Jumlah Dilihat: 1919 kali

JAKARTA - Kementerian Perhubungan meraih penghargaan sebagai Stan dengan Pelayanan Terbaik dalam Ajang Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2019 di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang berlangsung pada 25 Oktober 2019.

“Penghargaan ini memacu kami untuk terus meningkatkan pelayanan informasi yang prima bagi masyarakat Indonesia, terlebih di era digitalisasi seperti sekarang ini”, ungkap Kepala Bagian Publikasi dan Pelayanan Informasi, Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, Bambang Wijonarko dalam keterangannya.

Stan Kementerian Perhubungan menampilkan Capaian 5 Tahun Kementerian Perhubungan Periode Pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla Tahun 2014-2019. Dalam kurun waktu 5 tahun ini, Kementerian Perhubungan melakukan pembangunan infrastruktur transportasi dengan pendekatan Indonesia Sentris untuk membuka keterisolasian, yaitu dengan memberikan dukungan aksesibilitas terhadap daerah 3TP (Terluar, Terdepan, Tertinggal dan Perbatasan).

Beberapa program tersebut diantaranya adalah melalui penyediaan prasarana yaitu 18 rute tol laut dengan tujuan menekan disparitas harga di Indonesia Timur; 891 trayek angkutan perintis (angkutan jalan, angkutan sungai, danau dan penyeberangan, kereta api, laut dan udara); dan pembangunan serta pengembangan 131 bandara di daerah rawan bencana, perbatasan dan terisolir. Selanjutnya, ada 5 bali baru super prioritas yaitu di Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Manado. Sehingga untuk kelima daerah tersebut telah fokus untuk melakukan pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana transportasi seperti bandara, pelabuhan, kereta api, jalan dan sebagainya.Pada stan Kementerian Perhubungan tersebut, para Taruna Taruni Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Poltek Transportasi SDP Palembang) dan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat turut berpartisipasi pada stan Kementerian Perhubungan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait sekolah-sekolah bimbingan Kementerian Perhubungan.

Selain itu, terdapat kuis interaktif seputar pengetahuan umum dan transportasi, games, wall of fortune yang memberikan berbagai hadiah menarik bagi peserta yang memenangkan games tersebut. Tidak hanya itu, berbagai kegiatan juga ditampilkan untuk menarik pengunjung, mulai dari photo booth dengan background bus sekolah, galeri foto, mercusuar di Pulau Lengkuas, dan pelayanan informasi dari Perhubungan Darat, Laut, Udara dan Kereta Api. Juga terdapat berbagai alat yang ditampilkan seperti standing water detector yaitu alat pendeteksi genangan air dan wind shear detector yaitu alat pendeteksi arah angin.

Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menggelar Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK). Tahun ini acara berlangsung di Alun-Alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pembukaan SAIK 2019 bertempat di Ballroom Novotel Bangka Hotel and Convention Centre dan berlangsung pada 24 Oktober 2019 yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah dan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Prof Widodo Muktiyo.

Tema yang diangkat pada SAIK 2019 adalah “Kolaborasi Komunikasi untuk Memperkuat Persatuan dan Kedaulatan Bangsa”. Acara tersebut diikuti 32 lembaga dan kementerian serta 75 peserta dari Diskominfo baik tingkat provinsi ataupun kabupaten/kota se-Indonesia.

Pada hari pertama yaitu 23 Oktober 2019 telah digelar jalan sehat, yang dilanjutkan Public Expose & Public Service Exhibitions dan Pembukaan Festival Pertunjukan Rakyat Tingkat Nasional 2019.

Pada hari kedua yaitu 24 Oktober 2019, diselenggarakan Pembukaan SAIK dan dilanjutkan dengan Pertemuan Bakohumas Tingkat Nasional 2019 yang diisi dengan Seminar Kehumasan, Coaching Class – Perumusan Strategi, dan Gala Dinner dan Festival Pertunjukan Rakyat Tingkat Nasional 2019.

Pada hari terakhir yaitu 25 Oktober 2019 bertempat di Ballroom Novotel Bangka Hotel and Convention Centre, diumumkan Penghargaan Anugerah Media Humas 2019 untuk beberapa kategori, yaitu sebagai berikut:

Pemenang Stan Pameran

1.Dekorasi Terbaik: Kementerian Pariwisata

2.Pelayanan Terbaik: Kementerian Perhubungan

3.Terfavorit: Sekretariat Negara

4.Terinformatif: DPR RI

5.Terinovatif: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

6.Nusantara: Humas Pemprov Papua Barat

Pemenang Kategori Penerbitan Media Internal

1.Kelompok Kementerian dan Lembaga: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.Kelompok BUMN: PT Pertamina Persero

3.Kelompok Universitas: Universitas Indonesia

4.Kelompok Pemerintah Provinsi: Sekretariat Daerah Prov. DKI Jakarta

5.Kelompok Kabupaten dan Pemerintah Kota: Sekretariat kota Surabaya

Pemenang Kategori Siaran Pers

1.Kelompok Kementerian dan Lembaga: Kementerian Keuangan

2.Kelompok BUMN: PT Angkasa Pura I (Persero)

3.Kelompok Perguruan Tinggi Negeri: IPB

4.Kelompok Pemerintah Provinsi: Sekretariat Daerah Prov. Jawa Barat

5.Kelompok Kabupaten Pemerintah Kota: Sekretariat Daerah Kota Tangerang

Pemenang Kategori Website

1.Kelompok Kementerian Lembaga: Kementerian ESDM

2.Kelompok BUMN/ BUMD: Pelindo I (Persero)

3.Kelompok Perguruan Tinggi: Universitas Padjajaran

4.Kelompok Pemerintah Provinsi: Dishub Prov. Jawa Barat

5.Kelompok Kabupaten dan Pemerintah Kota: Sekretariat Kota Surabaya

Pemenang Kategori Media Sosial

1.Kelompok Kementerian Lembaga: Kementerian PUPR

2.Kelompok BUMN / BUMD: PT Angkasa Pura I

3.Perguruan Tinggi: IPB

4.Kelompok Pemerintah Prov: Sekretariat Prov. DKI Jakarta

5.Kelompok Kabupaten dan Pemerintah Kota: Sekretariat Kota Surabaya (RIO/HG/BW)