(Jakarta, 22/04/10) Upaya perwujudan jurnal penelitian yang berkualitas tidak dapat dipisahkan dengan upaya pembinaan kompetensi peneliti untuk melakukan kegiatan penelitian sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan dan mengekspresikan hasil penelitian dalam suatu karya tulis ilmiah yang memenuhi standar yang berlaku. Demikian dinyatakan Kepala Badan Litbang, Ir. Denny Siahaan pada pembukaan Temu Karya Peneliti Tahap I Tahun 2010 dengan tema “Mewujudkan Jurnal Penelitian Berkualitas Sejalan Dengan Upaya Peningkatan Kompetensi Peneliti Dalam Membuat Karya Tulis Ilmiah” di Kantor Badan Litbang Perhubungan, Jakarta, 22 April 2010.

Kabadan Litbang menambahkan, kompetensi peneliti, kualitas tulisan ilmiah dan jurnal penelitian yang terakreditasi merupakan tiga komponen yang saling terkait dan saling mempengaruhi. Mutu tulisan yang berkualitas dapat dicapai apabila para Peneliti/Calon peneliti memiliki pengetahuan (knowledge), kemampuan (skill) dan sikap (attitude) yang baik, konsisten di bidang penelitiaannya, visioner dan memiliki wawasan, serta memiliki motivasi dan etos kerja yang baik.

Untuk itu, dalam rangka meningkatkan mutu penulisan ilmiah hasil penelitian Peneliti dan Calon Peneliti, Badan Litbang Perhubungan menyelenggarakan Temu Karya Peneliti 2 (dua) kali dalam satu tahun. Tujuan dari penyelenggaraan Temu Karya Peneliti Tahap I Tahun 2010 kali ini adalah untuk menambah wawasan peneliti/calon peneliti dengan mengikuti ceramah dan diskusi; meningkatkan kinerja peneliti dan kualitas penelitian bersarkan hasil penilaian para pakar dan kelompok peneliti; mengembangkan inovasi dan kreativitas peneliti melalui berbagai penemuan teori dan metodologi di bidang transportasi; serta terwujudnya karya tulis yang berkualitas, serta meningkatnya nilai akreditasi jurnal penelitian Badan Litbang Perhubungan.

Selanjutnya Kabadan Litbang menjelaskan, dalam teknis pelaksanaannya, seluruh peserta Temu Karya Peneliti Tahap I ini dibagi dalam 4 kelompok diskusi, yaitu Kelompok diskusi Peneliti Manajemen Transportasi Multimoda dan Lintas Sektoral, Kelompok diskusi Peneliti Transportasi Darat, Kelompok diskusi Peneliti Transportasi Laut, dan Kelompok diskusi Peneliti Udara. Masing-masing kelompok diskusi membahas 8 penelitian dari 8 peneliti, sehingga total ada 32 penelitian yang dibahas dalam kegiatan kali ini. Setiap sesi diskusi dilaksanakan selama 30 menit, yang terdiri dari 5 menit persiapan, 10 menit menyajian, 10 menit tanya jawab, dan 5 menit evaluasi pembahas/penilai. Selain peserta dan peneliti, setiap kelompok terdiri dari satu orang pembahas/penilai dari LIPI dan satu orang moderator/pendamping dari Badan Litbang Perhubungan.

Sebelumnya dilaksanakan Ceramah Ilmiah oleh DRs. M. Bashori Imron, M.Si., Kepala Pusbindiklat Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dengan topik bahasan: “Peningkatan Mutu Tulisan Dalam Rangka Meningkatkan Akreditasi Jurnal Badan Litbang Perhubungan.” (YFA)