(Jakarta, 24/2/10) Lembaga-lembaga pendidikan kepelautan di lingkungan Badan Diklat Perhubungan Kementerian Perhubungan didorong untuk mencetak tenaga pelaut dalam waktu yang singkat untuk memenuhi kebutuhan tenaga pelaut yang tinggi. Demikian diungkapkan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono saat meresmikan enam fasilitas baru penunjang pendidikan kepelautan di Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta, Rabu (24/2).

Menurut Wamenhub, pemenuhan tenaga pelaut dalam kurun waktu yang cepat tersebut sebagai upaya untuk mendukung program International Maritime Organization (IMO) yang menetapkan tahun 2010 sebagai Year of The Seafarer. Terkait itu, IMO meminta seluruh negara-negara anggotanya, termasuk Indonesia sebagai salah satu anggota dewan organisasi tersebut, untuk menyikapinya dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas pelaut sesuai perkembangan kepelautan dan pelayaran dunia.

”Peningkatan kuantitas pelaut juga harus diperhatikan guna menjawab kebutuhan pelaut yang semakin meningkat tiap tahunnya sehingga kekosongan pengawakan kapal di dunia maritim dapat terselesaikan. Saya mengimbau agar sekolah-sekolah kepelautan mencari terobosan dalam mencetak tenaga pelaut dalam waktu yang singkat tanpa mengesampingkan kualitas,” papar Wamenhub.

Selain itu, Wamenhub juga mengajak untuk mendukung program Go to Sea yang dikampanyekan oleh IMO dengan dengan meningkatkan minat dan memberikan kesempatan bagi putra-putri bangsa untuk menjadi pelaut. Pelaut profesional, menurutnya, hanya akan terbentuk sebagai hasil dari lembaga pendidikan dan pelatihan pelaut yang handal yang melengkapi seluruh unsur diklat yaitu pengajar, kurikulum dan peralatan penunjang.

”Saya optimis METI Project pada keenam UPT Diklat Perhubungan Laut ini mampu menjadi Kawah Candradimuka dan ujung tombak dalam melahirkan pelaut-pelaut handal dengan tetap mengacu pada Standar of Training Certification Watchkeeping for Seafarers (STCW) 1978 dan ratifikasinya serta perundang-undangan yang berlaku,” pungkasnya. (DIP)