Direktorat Jenderal Perhubungan Udara

Menhub: Mengajak Netizen Bersama Viralkan Prestasi Indonesia Naik Peringkat Audit Safety ICAO

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Minggu, 17 Desember 2017
Jumlah Dilihat: 1007 kali

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa Indonesia memiliki kemampuan untuk bersaing dengan dunia internasional. Ia menyebut hal ini harus dikampanyekan oleh para netizen sehingga menjadi viral di dunia. Menhub mengatakan hal ini pada saat kegiatan Kampanye Keselamatan Penerbangan yang dihadiri oleh netizen dan stakeholder dunia penerbangan Indonesia di Bandar Djakarta, Ancol Jakarta, Minggu (17/12).

“Kita bangkitkan apa yang menjadi kemampuan kita. Kita share kepada dunia internasional. Saya ingin mengajak teman semuanya untuk membuat suatu konsep, membuat suatu hal-hal yang positif. Kita viralkan dan kita jangkau semua masyarakat. Sehingga persepsi dalam negeri, dunia internasional, dunia usaha itu sama yaitu Indonesia mampu untuk bersaing,” urai Menhub.

Menhub menambahkan, dirangkulnya para netizen ini karena para netizen memiliki dampak yang masif. Karena menurutnya netizen ini adalah orang-orang canggih yang bergaul secara internasional. Sehingga banyak yang dapat dilakukan oleh netizen.

“Saya ini orang old dan netizen orang now yang mengerti semuanya,” kelakar Menhub.

Seperti contoh yang harus diviralkan adalah prestasi di dunia penerbangan Indonesia dimana hasil audit ICAO terhadap keselamatan penerbangan mendapatkan skor sangat tinggi yakni 81,15 %. Dampaknya peringkat Indonesia naik dari peringkat 151 ke peringkat 55.

“Kita dengan netizen harus bekerja sama untuk kejayaan Indonesia. Syarat-syarat keselamatan dari dunia penerbangan sangat tinggi. Dan pun itu Indonesia mampu melompat dengan suatu lompatan yang luar biasa sampai ke ranking 55. Tentunya kita apresiasi apa yang dilakukan oleh stakeholder dunia penerbangan karena saya yakin itu bukan pekerjaan yang mudah. Saya mengajak teman-teman netizen untuk memviralkan ini, bahwasanya Indonesia saat ini dalam posisi menduduki satu rangking yang baik dan mendapat apresiasi dunia internasional,” sebut Menhub.

Ditambahkan Menhub, bahwa Kementerian Perhubungan memiliki slogan “Selamanya” yakni Selamat, Aman, Nyaman. Menurutnya tahun lalu ini hanya merupakan jargon, hanya kata-kata yang belum maksimal, namun sekarang hal ini telah terlaksana dengan baik.

“Hari ini makna bahwasanya kita ingin selamat, aman dan nyaman itu terlaksana dengan baik. Untuk itu kita harus bekerja sama dengan baik. Kami membutuhkan dukungan dari cyber communities atau netizen,” tutur Menhub.

Kegiatan Kampanye Keselamatan Penerbangan kali ini dihadiri oleh lebih kurang 300 netizen, vlogger dan blogger yang aktif di dunia maya, serta stakeholder di bidang transportasi. Turut hadir Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso, Kepala BPSDM Perhubungan Djoko Sasono dan Kepala badan Litbang Perhubungan Umiyatun Hayati. (HH/TH/AL/BI)