(Surabaya, 29/08/09) Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal dijadwalkan meresmikan pengoperasian Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) ”Arek Suro Kerto” lintas Surabaya-Mojokerto, Jawa Timur, pagi hari ini, Sabtu (29/8).


Menurut jadwal, peresmian tersebut sedianya akan dilakukan Menhub Jusman yang didampingi Pj Gubernur Jatim Setia Purwaka, Dirjen Perekretaapian Tundjung Inderawan, dan Direktur Utama PT Kereta Api (PTKA) Ignasius Jonan, di Stasiun KA Mojokerto, pukul 09.00 WIB. Usai peresmian, Menhub dan rombongan akan melakukan peninjauan KRDE ”Arek Suro Kerto”, untuk selanjutnya, Wali Kota Mojokerto secara perdana akan memberangkatkan kereta komuter tersebut.


Dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Menhub dan rombongan dijadwalkan terbang menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 302 menuju Bandara Juanda-Surabaya pukul 06.00 WIB. Menhub dijadwalkan tiba di Bandara Juanda pada pukul 07.20 WIB, dan langsung meluncur menuju rumah dinas Wali Kota Mojokerto melalui jalan darat.


Setelah meresmikan pengoperasian KRDE “Arek Suro Kerto”, Menhub dan rombongan menurut rencana akan meninjau Balai Yasa Gubeng dan melanjutkan peninjauan ke Dipo Lokomotif Sidotopo. Keberadaan Menhub di kedua lokasi tersebut adalah untuk meninjau fasilitas perawatan dan perbaikan KA di sana.


Usai melakukan peninjauan di kedua tempat tersebut, agenda Menhub selanjutnya adalah kembali ke Surabaya untuk melakukan rapat koordinasi Persiapan Angkutan Lebaran 1430 H dengan jajaran Dinas Perhubungan di lingkungan Provinsi Jawa Timur. (DIP)