Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi para insan transportasi yang sudah melayani negeri melalui pembangunan, pengembangan dan pemberian pelayanan jasa transportasi, serta mengajak para insan transportasi untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat.

“Para insan transportasi memiliki peran yang sangat penting untuk menyatukan Indonesia. Melalui pembangunan infrastruktur dan pelayanan jasa transportasi, akan menciptakan konektivitas atau keterhubungan antar satu wilayah dengan wilayah lain, yang dapat mempersatukan masyarakat Indonesia,” demikian disampaikan Menhub dalam kegiatan Dialog Publik dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 2021 dan sekaligus Launching Kampanye Kolaboratif Lintas Subsektor dengan tema “Insan Transportasi Melayani Negeri”, yang diselenggarakan Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Senin (27/9).

Menhub menjelaskan, pembangunan infrastruktur transportasi akan terus dilakukan sampai ke daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP).

“Banyak keharusan kita meningkatkan konektivitas di daerah 3TP. Disana sangat membutuhkan pemikiran, keterlibatan, dan kolaborasi yang baik dari kita para insan transportasi,” ujar Menhub.

Menhub berpesan kepada seluruh insan transportasi baik dari unsur pemerintah pusat, pemerintah daerah, operator transportasi, masyarakat, dan unsur terkait lainnya, agar selalu berkolaborasi dengan baik dalam membangun konektivitas transportasi di seluruh wilayah Indonesia.

“Infrastruktur transportasi itu tidak mungkin terlaksana kalau hanya saya yang mengerjakan, atau siapa yang mengerjakan hanya satu orang, tidak mungkin. Kita harus berkolaborasi antara Kemenhub, Kementerian dan Lembaga lain, Pemerintah Daerah, operator transportasi, masyarakat dan unsur terkait lainnya,” ungkap Menhub.

Lebih lanjut Menhub menyampaikan, dialog publik ini diselenggarakan untuk mengapresiasi para insan transportasi dari berbagai macam kalangan, profesi dan wilayah. Selaras dengan tema Hari Perhubungan Nasional 2021 yaitu Bergerak Harmonikan Indonesia, Menhub berharap agar insan transportasi terus memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

“Masa depan dari transportasi lahir dari dedikasi kita semua, dari insan akademi, masyarakat transportasi. Kampanye kolaboratif ini menjadi salah satu upaya kita untuk memberi apresiasi kepada para Insan Transportasi di seluruh Indonesia, baik yang bertugas di BUMN, korporasi swasta, Kemenhub, Pemerintah Daerah, dan sebagainya yang ada dimanapun itu dan profesi apapun itu. Karena mereka memberikan pengorbanan. Kita harus merangkul serta mengajak mereka, mengisi arti-arti yang kita sudah miliki ini. Saya yakin bahwa ini kita bisa lakukan dengan baik,” tutur Menhub.

Turut hadir sebagai narasumber dalam Dialog Publik, Staf Khusus Menhub Bidang SDM dan Kehumasan Adita Irawati, Kepala Biro Perencanaan Robby Kurniawan, Kepala Seksi Pengujian Prasarana Perkeretaapian Amanda Pritasari, Marine Inspector Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Sonny Silaban, Perwakilan Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan Catur Sigit Nugroho, Taruna Penerbangan Politeknik Penerbangan Indonesia Curug Marthen Tepmul, serta Pengabdi di Transportasi Darat Yusri Anis. (LNM/RDL/LA/JD)