PADANG - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat memberikan dua unit bus kepada Universitas Bung Hatta dan Universitas Andalas. Hal ini bertujuan untuk memberikan motivasi bagi para generasi penerus bangsa. Hal ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam acara Penyerahan Bantuan Bus Kampus di Universitas Bung Hatta, Senin (21/5).

"Universitas Bung Hatta adalah salah satu universitas terbaik di Sumatera. Saya ingin terus memotivasi para mahasiswa agar menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Negara maju tentu memiliki SDM yang maju pula.

Pada kesempatan ini, Menhub Budi juga memberikan kuliah umum dan membahas pembangunan sarana transportasi agar bermanfaat bagi masyarakat.

"Pembangunan ini sedang kita lakukan, contohnya peningkatan kapasitas penumpang bandara menjadi 5,7 juta yang saat ini 2,7 juta. Harapannya Padang bisa menjadi daerah tujuan wisatawan dan dapat membuka lapangan kerja yang lebih banyak disini," jelas Menhub Budi.

"Kita harus bangun bandara di Mentawai, terminal tipe A Anak Air Padang, juga membangun jalur-jalur tol laut menjangkau pelosok nusantara yang akan membangun pertumbuhan ekonomi," tambah Menhub Budi.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi melaporkan bahwa penyerahan bus sudah berlangsung sejak tahun 2002 melalui program kompensasi pengurangan subsidi BBM.

"Ini sudah dari tahun 2002 dan hingga tahun 2016 Kementerian Perhubungan telah memberikan sumbangan sebanyak 3.804 unit bus yang telah dialokasikan kepada 400 pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota 83 lembaga pendidikan, 7 yayasan, dan 2 BUMN," tutur Dirjen Budi.

Penyerahan Bus Kepada Universitas Andalas Bantu Mahasiswa Mudahkan Mobilisasi

Menhub Budi berharap adanya bus yang telah diberikan kepada Universitas Andalas sebanyak dua unit dapat memudahkan mobilisasi mahasiswa di dalam kampus.

"Kami mengidentifikasi Universitas Andalas ini dari transportasi massal menuju lokasi ini tidak ada angkutan. Kalau diusahakan secara komersial tidak ekonomis, oleh karenanya kita memberikan bus untuk kampus yang membutuhkan supaya lebih mudah untuk akses ke dalam (fakultas)," tutur Menhub Budi.

Lebih lanjut Menhub Budi juga memberikan semangat untuk para rektor dan dosen dalam memberikan kemajuan bagi pendidikan Indonesia.

"Kami ingin sekali menyemangati para rektor, dosen, agar tetap semangat memberikan improvement bagi pendidikan kita. Pendidikan penting bagi Universitas Andalas tempat banyak para pemuka dari sini. Banyak hal yang bermanfaat untuk bangsa," pungkas Menhub. (BNK/TH/RK/BI)