Semarang – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada Minggu (31/12) mengecek dan meninjau arus balik angkutan kereta api di stasiun Poncol, Semarang, Jawa Tengah. Menhub memastikan pelaksanaan arus balik Natal dan Tahun Baru dengan kereta api berjalan lancar.

Pada kesempatan ini Menhub juga menyapa para penumpang serta melepas keberangkatan KA Tawang Jaya Tujuan Pasar Senen, Jakarta.

“Saya ke sini untuk memastikan para pemudik dari Jawa Tengah dengan kereta api berjalan baik dan lancar. Serta saya harus memastikan penumpang mendapatkan pelayanan yang baik,” kata Menhub.

Dari pengamatannya, Menhub mengatakan animo masyarakat untuk melakukan perjalanan menggunakan kereta api sangat besar. Menurut Menhub pemerintah saat ini selalu berkomitmen untuk terus meningkatkan daya angkut kereta api menjadi lebih besar.

“Dari pengamatan saya tadi, para penumpang merasa nyaman dengan angkutan kereta api baik dari harga maupun pelayanan. Kita punya inisiatif untuk membuat kereta api memiliki daya angkut lebih besar. Salah satu program yang kita buat adalah kereta semi cepat Jakarta-Surabaya yang hanya memakan waktu tempuh lima jam,” jelas Menhub.

Menhub menambahkan kereta api semi cepat Jakarta-Surabaya akan diupayakan menggunakan jalur khusus, sehingga kecepatan dan kapasitasnya dapat dimaksimalkan. (HH/TH/AL/BI)