PALEMBANG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap dengan adanya Light Rail Transit (LRT) dapat menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat kota Palembang. Hal tersebut disampaikan Menhub saat menjadi narasumber dalam acara Dialog Kebangsaan yang berlangsung di Universitas Sriwijaya, Palembang pada hari Sabtu (26/5).

"LRT adalah suatu investasi transportasi yang luar biasa yang juga merupakan angkutan massal. Untuk itu saya harap LRT dapat menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat dalam bertransportasi," harap Menhub Budi.

Kementerian Perhubungan akan terus menyosialisasikan LRT pada seluruh elemen agar masyarakat dapat memahami seluruh manfaat dari LRT.

"Kita membuat LRT menjadi kebanggaan baru bagi Sumatera Selatan khususnya kota Palembang," tambah Menhub Budi.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan LRT di kota Palembang akan beroperasi dalam waktu dekat ini dan siap mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 nanti.

"LRT di kota Palembang ini akan kami siapkan dalam waktu akhir-akhir ini dan mulai beroperasi 3-4 minggu sebelum Asian Games berlangsung. Saat ini sedang dilakukan tes dinamis dan menurut laporan sudah bisa dengan kecepatan 35 km/jam," jelasnya.

"Asian Games adalah salah satu sasaran harapannya, namun setelah perhelatan Asian Games akan digunakan untuk angkutan massal masyarakat Palembang," urai Menhub.

Dalam kesempatan yang sama Menhub mengatakan saat ini konstruksi LRT Palembang sudah selesai semua dan dalam waktu dekat akan datang lagi 6 rangkaian kereta untuk melengkapi seluruh rangkaian.

"Konstruksi sudah selesai semua termasuk rel, sekarang sedang dilakukan pengujian dengan kereta yang riil. Untuk 6 rangkaian kereta lagi akan datang dalam waktu 2-3 minggu ini untuk melengkapi 2 rangkaian kereta yang sudah tiba," tutup Menhub Budi.

Turut hadir dalam acara dialog diantaranya Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Umiyatun Hayati, Kapolda Sumatera Selatan Zulkarnain Adinegara dan Rektor Universitas Sriwijaya Anis Saggaff. (MM/TH/RK/BI)