Cilacap - Menteri Perhubugan (Menhub) Budi Karya Sumadi berjanji pihaknya akan memperluas Terminal Tipe A yang terletak di Bangga Mbangun Desa, Cilacap.

"Cilacap memiliki terminal yang bagus, sekarang ini sudah bagus bahkan Pak Bupati berjanji menambah lagi tanah, nanti kalau nambah tanah kita bangun lagi," kata Menhub Budi usai meninjau Terminal Tipe A di Bangga Mbangun Desa, Minggu (6/8).

Hal ini dilakukan Menhub guna menarik minat masyarakat untuk beralih lagi menggunakan angkutan bus.

"Kita ingin terminalnya bagus, aman, bebas calo busnya juga bagus-bagus pasti orang mau," ujarnya.

Lanjutnya, menurut Menhub angkutan bus memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan angkutan umum lainnya karena kemampuannya yang bisa point to point.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamudji menyampaikan kesiapannya untuk membebaskan lahan terkait rencana perluasan Terminal Bus Tipe A di Bangun Desa, Cilacap.

Menurutnya dengan adanya rencana ini maka akan meningkatkan perekonomian daerah.

"Dengan dibangunnya terminal maka ekonomi akan meningkat, arus perdagangan secara otomatis lebih mudah," ungkap Tatto.

Dibangun sejak tahun 2014 hingga 2016, saat ini Terminal Bangga membangun Desa yang merupakan terminal tipe A ini memiliki luas 9.885 meter persegi. Terminal ini dilengkapi dengan 3 jalur kedatangan (AKAP, AKDP, dan Angkot), 9 jalur keberangkatan AKDP, 5 jalur keberangkatan AKAP, dan 1 jalur keberangkatan angkot.

Dengan luas gedung terminal penumpang 865,2 meter persegi, saat ini Terminal Bangga Mbangun Desa Cilacap melayani 8 trayek AKAP dan 7 trayek AKDP.

Selain ke Cilacap, sebelumnya pada hari ini (6/8) Menhub Budi juga mengunjungi Tegal dan Purbalingga. Turut dalam kunjungan hari ini Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin. (GD/TH/BS/HA)