Berita Umum

Menhub Minta Perwira Transportasi Lakukan Budaya Melayani, Tanggap Akan Keselamatan dan Bekerja Keras Yang Berintegritas

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Kamis, 07 September 2017
Jumlah Dilihat: 1162 kali

TANGERANG – Para wisudawan Perwira Transportasi agar melakukan budaya melayani, tanggap akan keselamatan dan bekerja keras yang berintegritas. Hal tesebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada saat menjadi Inspektur Upacara Pelantikan Perwira Transportasi Darat, Laut dan Udara di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan Tahun 2017 yang dipusatkan di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Tangerang, Kamis (7/9).

Dalam melaksanakan pengabdian, Menhub berpesan kepada seluruh perwira yang dilantik untuk tidak berpuas diri terhadap keberhasilan yang saat ini dicapai, namun agar terus mengembangkan diri, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan di bidang transportasi, serta memupuk sikap profesional.

"Para perwira untuk dapat terus menjalin komunikasi dan kerja sama yang sebaik-baiknya dengan sesama alumni untuk memperkuat nasionalisme dan semangat kebangsaan dimanapun saudara berada", ujar Menhub Budi.

Ke depan, Menhub berharap para wisudawan dapat terus meningkatkan kemampuan dan kinerja.

"Saya berharap para wisudawan terus meningkatkan kemampuan sehingga sumber daya manusia transportasi yang dihasilkan dapat diunggulkan baik di kancah nasional, regional, maupun internasional," tutup Menhub.

Sementara pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, Djoko Sasono menyampaikan bahwa penyelenggaraan Pelantikan Perwira Transportasi Darat, Laut, dan Udara di Lingkungan Kementerian Perhubungan untuk mempersiapkan para perwira agar mengabdi untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Selain itu pelantikan ini bertujuan untuk membangun jiwa korsa korps perwira transportasi sebagai

perwujudan solidaritas dari seluruh unit pelaksana teknis di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan Kemenhub," tambah Djoko.

Perwira transportasi yang dilantik tercatat berjumlah 2046 orang dari berbagai program studi pada Sekolah Tinggi, Politeknik Akademi dan Balai di Lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan dengan rincian: Matra Darat 598 orang yang terdiri dari STTD Bekasi 230 orang, PKTJ Tegal 137 orang, API Madiun 119 orang, BPPTD Bali 56 orang, BPPTD Palembang 56 orang.

Matra Laut 855 orang yang terdiri dari: STIP Jakarta 385 orang, PIP Semarang 189 orang, PIP Makasar 212 orang, Poltekpel Surabaya 69 orang.

Matra Udara berjumlah 593 orang terdiri dari: STPI Curug 255 orang, Poltekpen Surabaya 98 orang, ATKP Makasar 141 orang, ATKP Medan 99 orang.

Turut hadir dalam acara wisuda ini Wakil Ketua II MPR Efert Erens Mangindaan, Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo, Inspektur Jenderal Kemenhub Wahju Satrio Utomo, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Djoko Sasono, Setua STPI Curug Capt. Novyanto Widadi, Ketua STIP Marunda Capt. Sahattua P. Simatupang, Utusan Khusus Menhub untuk IMO Laksamana Purnawirawan Doktor Marsetio, perwakilan dari Negara sahabat Timor Leste, dan perwakilan dari sejumlah BUMN. (YP/TH/BS/HA)