(Cirebon, 19/8/2010) Menteri Perhubungan Freddy Numberi pada Kamis (19/8) melakukan kunjungan kerja ke Cirebon untuk meninjau beberapa titik yang diprediksi akan menjadi titik kemacetan pada arus mudik Lebaran tahun ini. Menhub yang juga didampingi oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Suroyo Alimoeso, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Djoko Murjanto, dan jajaran Kepolisian lainnya meninjau Tol Kanci-Pejagan dan pembangunan fly over Gebang. Menurut Menhub, lokasi ini merupakan salah satu titik potensial yang dapat menimbulkan kemacetan bagi pemudik yang menuju ke Jawa Tengah dan sekitarnya.

Pada saat meninjau lapangan Menhub menekankan perlunya selalu melihat perkembangan situasi di lapangan di lokasi tersebut saat angkutan lebaran nanti agar tidak terjadi penumpukan arus lintas di satu titik saja. Melalui koordinasi dengan Kementerian PU dan Kepolisian dimungkinkan nantinya membelokkan arus lalu lintas menuju Slawi-tegal untuk kemudian menuju pantura kembali. Tapi pengaturannya harus dijaga supaya lebih lancar,” pesannya.

Potensi kemacetan di daerah ini juga ditambah oleh adanya perlintasan rel kereta api. Diperkirakan pada masa Lebaran nanti, kereta api yang akan melintasi perlintasan ini adalah sebanyak 65 kali dalam 1 hari. “Sehingga apabila tidak kita atur transportasinya maka akan terjadi kemacetan yang parah,” jelas Menhub. 
Terkait dengan pengaturan lalu lintas di perlintasan Pejagan tersebut, Wakil Direktur Lalu Lintas Kepolisian RI Firman menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi di lapangan. Menhub juga menegaskan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepolisian dan Kementerian PU dalam mengevaluasi semua kemungkinan supaya dalam pelaksanaannya, arus lalu lintasnya lebih lancar.

Terkait dengan pembangunan fly over Gebang, Menhub melihat bahwa meskipun pembangunannya masih berlangsung tapi sudah ada pengaturan lalu lintasnya. Menhub berharap pengaturan di daerah pembangunan tersebut lebih rapi sehingga kendaraan masih bisa melewati proses pembangungan tersebut.

Pada akhir kunjungannya, Menhub menghimbau masyarakat untuk ikut membantu pemerintah dalam mewujudkan mudik Lebaran yang aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan. (RY)