WAINGAPU - Guna mengoptimalkan penggunaan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada sejumlah sektor transportasi, Kementerian Perhubungan akan melakukan kerjasama pengoperasian Pelabuhan Waingapu dengan PT Pelindo III (Persero).

"APBN itu semakin ketat, kita ingin anggaran APBN ini juga diperuntukan daerah-daerah terluar, terdepan dan daerah-daerah yang strategis. Pelabuhan Waingapu kita kerja samakan kepada swasta dalam hal ini PT Pelindo III. Kita akan kontrak pemanfaatan selama 30 tahun," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Pelabuhan Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Minggu (10/9).

Untuk itu Menhub meminta nantinya Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Waingapu bertindak sebagai regulator dan memastikan faktor-faktor keselamatan pada sektor laut di Waingapu.

Lebih lanjut Menhub meminta kepada PT Pelindo III untuk meningkatkan kemampuan Pelabuhan Waingapu. Tidak hanya mengembangkan pelabuhan tapi fasilitas di Pelabuhan Waingapu juga diminta Menhub untuk lebih ditingkatkan. Sehingga nantinya dapat memberikan pelayanan yang efektif dan efisien untuk kegiatan bongkar muat barang.

"Pelabuhan Waingapu harus diperpanjang, dermaganya dan peralatan ditingkatkan sehingga kapal yang datang lebih banyak dan bongkar muatnya lebih cepat. Jangan lagi di sini satu sampai tiga hari, kita maunya setengah hari selesai dan banyak kapal-kapal yang datang ke sini. Untuk itu Pelindo harus menginvestasi alat crane sehingga kapasitasnya lebih banyak dan lebih cepat," ujar Menhub.

Menhub berharap dengan dikerjasamakan dengan PT Pelindo III ini nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Sumba Timur.

Sebagai informasi, Pelabuhan Waingapu saat ini memiliki dua dermaga, Dermaga Nusantara II berukuran 120 m x 12 m yang dilengkapi dengan trestle seluas 80 m x 10 m serta lapangan penumpukan seluas 88 m x 21 m ditambah pelebaran 62 m.

Kedua, dermaga Pelra II seluas 70 m x 10 m yang dilengkapi tiga lapangan penumpukan. Lapangan penumpukan pertama seluas 100 m x 63 m, lapangan penumpukan kedua seluas 27 m x 18 m, lapangan penumpukan ketiga seluas 44 m x 18 m dan Gudang seluas 30 m x 18 m.

Pada kesempatan kunjungan tersebut Menhub menyaksikan penandatangan kesepakatan bersama tentang pemanfaatan barang milik negara antara KSOP Pelabuhan Waingapu dengan PT Pelindo III. Turut menyaksikan penandatanganan tersebut adalah Bupati Sumba Timur Gideon Biliyora, Forkomida setempat, dan sejumlah pejabat daerah terkait. (GD/TH/BS/HA)