Directorate General of Civil Aviation

Optimalkan Potensi Ekspor Ikan, Rute Penerbangan Kupang-Australia Akan Dibuka Kembali

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Sunday, 10 September 2017
View:: 673 times

KUPANG - Guna mengoptimalkan dan memperlancar ekspor ikan, rute penerbangan Kupang - Darwin (Australia) akan dibuka kembali. Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kupang sebelum memulai Kunjungan Kerja ke Pelabuhan dan Bandara di Provinsi NTT dan NTB, Minggu (10/9).

"Kita akan memastikan terlebih dahulu, akan segera dilakukan survei mulai dari logistiknya dan juga penumpangnya," jelas Menhub.

Selain itu Menhub juga meminta kepada Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk segera kumpulkan para nelayan dan para pedagang - pedagang yang ada di Kupang.

"Tahap pertama kita akan buat pengiriman ikan dan barang-barang tujuannya ke Jakarta dulu dan Surabaya. Dengan demikian movement barang - barang terutama angkutan balik tol laut itu terisi karena selama ini isinya penumpang. Nanti kalau ikan besar-besar kita kirim ke luar negeri," tambah Menhub.

Sementara itu Gubernur Provinsi NTT, Frans Lebu Raya pada kesempatan yang sama menyampaikan apresiasi kepada Menhub Budi Karya Sumadi yang berupaya untuk mengembangkan dan mengoptimalkan perekonomian dan konektivitas di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Selanjutnya Gubernur Frans juga meminta dan mendukung agar rute penerbangan Kupang (Nusa Tenggara Timur) ke Dili (Timor Leste) dan Darwin (Australia Utara) yang sempat ramai pada era 1990-an agar dapat segera dibuka kembali. (YP/TH/BS/HA)