Direktorat Jenderal Perhubungan Udara

Pembangunan Bandara Sukabumi Ditargetkan Mulai Tahun 2019

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Kamis, 31 Agustus 2017
Jumlah Dilihat: 606 kali

SUKABUMI - Pembangunan Bandar Udara Sukabumi ditargetkan akan dimulai pada tahun 2019. Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada kunjungan kerja ke Sukabumi, Rabu (30/8).

"Kita sudah sepakat (dengan Pemkot dan Pemkab Sukabumi) akan merencananakan pembangunan bandara di Sukabumi. Namun tempatnya akan kita kaji lagi. Semula tempatnya jauh dari kota Sukabumi," jelas Menhub Budi.

Menhub Budi menambahkan bahwa Kementerian Perhubungan memiliki pilihan untuk menentukan lokasi bandara Sukabumi lebih dekat ke kota.

"Bagaimana pun itu penduduk Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi ini kurang lebih hampir 3 juta orang. Salah satu kelayakan pembangunan bandara itu adalah dekat dengan masyarakat. Hal lain yang dipertimbangkan adalah kecepatan angin dan kondisi lingkungan sekitarnya," jelas Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengatakan Kementerian Perhubungan akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat supaya pembebasan tanahnya diselesaikan.

"Pemerintah Pusat akan menyediakan dana-dana kontribusi. Target paling tidak tahun 2018 akan menyelesaikan pembebasan tanah dan diharapkan tahun 2019 akan mulai dibangun dan paling lambat awal tahun 2020 bisa beroperasi," terang Menhub.

Menhub berharap pembangunan bandara Sukabumi dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat, khususnya yang ada di Kabupaten dan Kota Sukabumi serta masyarakat sekitarnya. (YP/TH/BS/HA)