Direktorat Jenderal Perhubungan Darat

Penumpang Harus Berani Tegur Sopir yang Ugal-Ugalan

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Senin, 19 Juni 2017
Jumlah Dilihat: 697 kali

JAKARTA – Dalam masa Angkutan Lebaran 2017, Kementerian Perhubungan peduli terhadap keberadaan angkutan umum yang laik jalan untuk menjami keselamatan penumpang sehingga inspeksi kendaraan dilakukan menyeluruh di semua moda. Selain kesiapan Pemerintah dalam menyiapkan infrastruktur, penumpang juga harus berperan dengan cara menegur sopir yang menyetir dengan ugal-ugalan. Demikian ditegaskan Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto Iskandar ketika meninjau Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2017 pada Senin (19/7).

“Pemerintah sudah mengerahkan segala usaha dalam melayani masyarakat pada masa Angkutan Lebaran 2017 dan sudah melakukan langkah antisipasi mengatasi kepadatan namun juga diperlukan peran aktif penumpang dengan cara menegur sopir apabila menyetir ugal-ugalan,” papar Pudji.

Terkait pengoperasian jalan tol dari Brebes Timur sampai dengan Weleri secara fungsional, Pudji mengingatkan para pemudik agar berhati-hati karena jalurnya belum sepenuhnya siap beroperasi.

“Kecepatannya tidak boleh lebih dari 40 km/jam karena memang belum operasional seluruhnya dan jalannya masih berdebu, lampu belum maksimal namun marka jalan sudah lengkap, dan juga dipasangi patok di kanan kiri jalan dengan menggunakan scotlite,” jelas Pudji.

Sementara itu, jumlah kendaraan pribadi pada tahun ini, Pudji memprediksi, akan meningkat sebanyak 12% namun untuk jumlah pemudik sepeda motor, Pudji berharap jumlahnya akan berkurang karena sudah ada program mudik gratis untuk pemudik sepeda motor yang tahun ini jumlahnya naik sebanyak 175%. Pudji berharap, dengan program mudik gratis tersebut, beban di jalan akan berkurang.

Pudji menjelaskan apabila ada kepadatan di jalan, pihak kepolisian di lapangan akan melakukan manajemen rekayasa lalu lintas dengan komando dari Kakorlantas Polri.

“Berdasarkan evaluasi dari tahun lalu, hal tersebut tidak ada di tahun lalu. Oleh Karena itu, untuk tahun ini, mulai dari Cikarang Utama, Cikopo, hingga Brebes Barat sudah dikendalikan,” ujar Pudji.

Dengan semua persiapan yang telah dilakukan, Pudji berharap para pemudik agar selamat di asal, selamat di perjalanan, dan selamat di tujuan sehingga tercipta mudik yang selamat, aman, dan lancar. (RY/TH/BS/JAB)