PEKANBARU - Tidak hanya memperhatikan keselamatan jalan raya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga memperhatikan keselamatan pelayaran dengan memberikan sebanyak 110 Life Jacket kepada komunitas pelayaran di Pelabuhan Sungai Duku. Hal ini dilakukan Menhub usai mengkampanyekan keselamatan di jalan raya dalam kunjungan kerjanya di Pekanbaru, Riau pada Rabu (19/9).

Menhub Budi menuturkan pentingnya penggunaan life jacket untuk mendukung terciptanya keselamatan pelayaran.

"Kita memberikan life jacket artinya kita memberikan satu catatan kepada semua stakeholder untuk selalu concern pada keselamatan. Jangan lupa menggunakan life jacket, atur keselamatan dengan baik, kapalnya agar dipastikan laik laut. Kita tidak ingin kejadian fatal dialami rakyat khususnya di Pekanbaru ini makanya setiap kali saya ke sini memperingatkan agar mereka selalu memperhatikan keselamatan," terang Menhub Budi.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan Kemenhub akan melatih sekitar 100.000 awak kapal yang akan diberikan pelatihan dalam hal pelayanan dan keselamatan.

"Kurang lebih 100 ribu untuk seluruh Indonesia dan Riau akan kita kasih 1.000 sampai 2.000 untuk dilatih menjadi awak yang paham keselamatan dan dapat melayani penumpang dengan baik," ujar Menhub Budi.

Menurut Menhub keselamatan harus menjadi budaya. Dibutuhkan kesadaran dan pemikiran dari masyarakat yang memahami bahwa keselamatan itu sangat penting.

Turut hadir mendampingi dalam kunjungan diantaranya Gubernur Provinsi Riau Arsyadjuliandi Rachman, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Kepala KSOP Pekanbaru Marlent Manurung dan Kepala BPTD IV Provinsi Riau Ajie Panatagama. (LFH/TH/RK/BI)