Berita Umum

Sebanyak 25.245 Orang Mengikuti Selekai Kompetensi Dasar Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Rabu, 15 Mei 2019
Jumlah Dilihat: 253 kali

JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan SDM Perhubungan, melaksanakan tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR) Kementerian Perhubungan Pola Pembibitan Tahun 2019, pada Rabu (15/5) di 39 lokasi tes yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, dengan total peserta SKD 25.245 untuk kebutuhan formasi Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Daerah sejumlah 2.676.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono, beserta Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Umiyatun Hayati, hadir pada pembukaan SKD yang dilaksanakan di salah satu lokasi tes yaitu Kantor BKN Pusat untuk mengecek kesiapan dan memberikan pengarahan kepada para peserta.

Dalam sambutannya, Djoko menyampaikan bahwa melalui SKD yang diselenggarakan ini diharapkan mampu mendapatkan calon terbaik untuk menjadi kader Kementerian Perhubungan melalui jalur pola pembibitan.

“Tahun 2045 nanti adalah tahun emas Indonesia. Maka kalianlah nanti yang akan menjadi kader Kemenhub,” ungkap Djoko.

Djoko juga menyampaikan walaupun sedang menjalankan ibadah puasa, para peserta harus berlaku jujur dalam pelaksanaan tes ini dan juga harus dalam kondisi yang siap dan optimal.

“Saya mohon kepada anda semuanya untuk mengerjakan dengan sebaik-baiknya dan diharapkan dapat lulus semuanya. Yakin pada diri sendiri, akan ada tes hidup lagi didepan yg lebih rumit. I'm the best, I'm the winner” tambah Djoko menyemangati peserta.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala BKN sebagai tuan rumah pelaksanaan SKD yang diwakili oleh Sekretaris Utama BKN, Supranawa Yusuf, "Jangan tegang, santai saja agar bisa berkonsentrasi dengan optimal" pungkasnya.

Tahapan SKD ini dilakukan dengan Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang meliputi Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Dengan nilai ambang batas untuk lulus yaitu 75 untuk TWK, 80 untuk TIU dan 143 untuk TKP.

Pelaksanaan SKD ini akan dilaksanakan sampai dengan tanggal 19 Mei 2019 terutama di lokasi tes yang memiliki banyak peserta SKD.

Jumlah peserta SKD tahun ini meningkat 6.339 orang atau sekitar 25% dari tahun sebelumnya yang hanya 18.906 orang dengan jumlah formasi yang sama.