TEMANGGUNG – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ingin semua sekolah yang berada di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan bisa menjadi sekolah berkelas dunia, sehingga alumninya makin bisa disejajarkan dan bersaing di dunia internasional. Demikian disampaikan Menhub Budi pada kegiatan sosialisasi sekolah yang berada di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) di Temanggung, Jawa Tengah, Minggu (11/2).

Menhub mengajak siswa siswi terbaik khususnya di Temanggung untuk bisa sekolah di sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) untuk menimba ilmu di sektor perhubungan darat, laut udara dan perkeretaapian.

"Saya mencari taruna taruni yang pintar untuk masuk di sekolah BPSDM Perhubungan. Saya memang ada satu program bagaimana membuat pendidikan dari Kementerian Perhubungan ini menjadi suatu pendidikan yang diminati oleh masyarakat khususnya anak-anak," jelas Menhub.

Oleh karenaya dalam kesempatan ini Menhub Budi mengajak BPSDM Perhubungan untuk mengenalkan serta mempromosikan pendidikan ini agar mendapatkan siswa siswi terbaik karena dengan siswa siswi terbaik itu kita akan memiliki pilot terbaik, nakhoda terbaik, ATC terbaik yang bisa berkarya bukan di Indonesia saja tetapi juga di luar negeri.

Lebih lanjut Menhub mengatakan bahwasanya dengan adanya kegiatan sosialisasi dan kedatangannya ini timbul semangat untuk berkompetisi, anak-anak itu berkompetisi di sekolah.

"Harapannya bisa diterima di sekolah di bawah naungan BPSDM Perhubungan dan selain itu juga bisa diterima di tempat yang lain karena didasari suatu hasil yang baik," harap Menhub.

Dalam kesempatan itu Menhub juga menguraikan bahwa sekarang banyak sekat-sekat, sekat muda, sekat milenial, sekat radikal dan non radikal. "Sekaligus kami sampaikan bahwa Pak Presiden selalu mengutuskan kepada saya untuk berbagi kepada masyarakat bahwasanya hindari radikal dan buang sekat antara sekat agama, ras, tua, muda," tegasnya.

Sementara Kepala BPSDM Perhubungan Djoko Sasono dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan Sosialisasi Sekolah di Lingkungan BPSDM Perhubungan dengan tema “Melangkah Maju Menggenggam Dunia” bagi masyarakat Kabupaten Temanggung ini merupakan bagian dari rangkaian Sosialisasi Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR) Kementerian Perhubungan tahun 2018.

"BPSDM Perhubungan pada tahun 2018, mempunyai program Diklat Pemberdayaan Masyarakat dengan kuota 100.000 orang yang dilaksanakan oleh 23 Sekolah di lingkungan BPSDM Perhubungan," jelas Djoko.

Selain itu Djoko menambahkan bahwa Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) 2018 akan dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Juli 2018 dengan beberapa rangkaian yaitu Pendaftaran, Tes Potensi Akademik, Tes Kesehatan, Psikotes, serta Tes Kesamaptaan dan Wawancara.

Kegiatan Sosialisasi ini diikuti oleh para siswa siswi pelajar SMA dan SMK, para guru, Komite Sekolah, Unit Pelaksana Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olah raga, serta Satuan Kerja Perangkat Daerah dan Tokoh Masyarakat di Kabupaten Temanggung.

Turut hadir dalam kegiatan sosialiasi antara lain anggota Komisi V DPR Sudjadi, Bupati Temanggung Mulyadi Bambang Sukarno, Kepala BPSDM Perhubungan Djoko Sasono. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi. (YP/TH/AL/BI)