Pemalang - Selain Indonesia Timur, Kementerian Perhubungan juga fokus bangun infrastruktur transportasi di Jawa Tengah. Hal ini dikatakan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di sela-sela acara Dialog Nasional “Sukses Indonesiaku” yang digelar di Wanawisata Bale Gandrung di Kabupaten Pemalang bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Sabtu (23/9).

“Di Purbalingga, tidak jauh dari sini kira-kira 1 jam, akan dibangun Bandara Wirasaba. Selain itu Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang juga akan dikembangkan. Jawa Tengah juga menjadi fokus kita karena penduduknya yang banyak,” kata Menhub Budi.

Terkait pembangunan Bandara Wirasaba di Purbalingga, lebih lanjut dikatakan Menhub, pelaksanaan ground breaking rencananya akan dilaksanakan tahun ini.

“Wirasaba sedang diusahakan kira-kira November-Desember kita mulai. Presiden Joko Widodo direncanakan akan melakukan ground breaking pembangunan Bandara Wirasaba. Bandara ini ditargetkan akan selesai akhir 2018,” ujarnya.

Rencananya pembangunan Bandara Wirasaba akan dikerjakan oleh PT Angkasa Pura II (Persero) dengan investasi sebesar 300 miliar rupiah.

Dijelaskan Menhub, sudah banyak maskapai penerbangan dalam negeri yang berminat terbangi Wirasaba. Menhub menyebut nantinya akan ada 2 tahap pembangunan landas pacu (runway) Bandara Wirasaba.

“Runway kita harapkan tahap pertama kali (panjang) 1600 meter, tahap kedua menjadi 2400 meter,” ungkap Menhub.

Hal lain terkait pendidikan, Menhub mengundang seluruh masyarakat untuk mengkuti pendidikan gratis di sekolah-sekolah di bawah Kementerian Perhubungan.

“Di dekat sini Kementerian Perhubungan miliki sekolah di Tegal. Ada Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan dan di Semarang ada Politeknik Ilmu Pelayaran. Ini ada kesempatan sekolah. Bagi yang pinter-pinter dari Pemalang dan sekitarnya kita berikan kesempatan sekolah,” jelas Menhub.

Di sisi lain, Menhub menjelaskan saat ini pemerintah sedang mengupayakan realisasi pembangunan kereta api (KA) semi cepat Jakarta - Surabaya yang tentunya akan semakin memperpendek waktu tempuh dua kota besar tersebut.

“Kita sedang memikirkan kereta api semi cepat buat Jakarta-Surabaya. Pelintasan sebidang juga akan kita atur, sehingga jalan KA itu 160km/jam. Jakarta-Surabaya 5 jam, Jakarta-Semarang 2,5 jam,” katanya.

Selain menyampaikan hasil kinerja Pemerintahan Joko Widodo pada kesempatan yang sama Menhub juga menerima aspirasi serta masukan dari berbagai lapisan masyarakat khususnya yang terkait dengan sektor perhubungan. Dengan adanya kegiatan ini, disebutkan Menhub sebagai tanda negara hadir dan ada di tengah-tengah masyarakat.

Pada acara dialog tersebut, masyarakat juga dihibur dengan penampilan seniman kawakan Didi Kempot yang sekaligus bertindak sebagai moderator. (GD/TH/BS/BI)