SURABAYA - Dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari 2019, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi raih penghargaan Golden Award dari Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (Siwo PWI) untuk kategori Tokoh Pendukung Sukses Asian Games dan Para Games 2018.

Penghargaan ini diberikan kepada Menhub Budi yang dinilai telah turut menyukseskan perhelatan Asian Games dan Para Games pada akhir tahun 2018 lalu.

“Ini merupakan prestasi bersama masyarakat Indonesia. Saya apresiasi semoga ini dilakukan kontinyu, karena olahraga memang membutuhkan suatu dukungan banyak pihak,” kata Menhub Budi usai menerima penghargaan di Gedung Grahadi, Surabaya pada Jumat (8/9) malam.

Dijelaskan Menhub selama penyelenggaraan perhelatan akbar tersebut pihaknya turut mendukung penuh dengan menyiapkan sarana-prasana tranportasi serta kebijakan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan Asian Games.

Hal ini terkait mobilisasi atlet serta official dari Wisma Atlet menuju tempat acara yang dibatasi hanya 30 menit. Dikarenakan, 36 dari 40 cabang olahraga setiap hari akan disiarkan langsung, sehingga dibutuhkan ketepatan waktu untuk menghadirkan para atlet di venue pertandingan.

“Kementerian Perhubungan memberi dukungan bus jumlahnya ribuan dan itu kita pastikan satu dengan perangkatnya kami mengatur jalan tol, mengatur lalu lintas, mengatur jam pergerakan kendaraan sehingga syarat yang katakanlah hampir tidak mungkin dari satu tempat ke tempat lain 30 menit bisa dicapai, dari satu tempat ke tempat tertentu 45 menit bisa dicapai dan ini tidak mungkin bisa dijangkau tanpa kerjasama semua stakeholder dan masyarakat,” jelasnya.

Selain di Jakarta kebijakan sistem transportasi juga diatur di Palembang dengan dioperasikannya kereta Light Rail Transit atau LRT guna mempersingkat waktu tempuh para atlet dan official menuju tempat acara.

Masih dalam bidang olahraga, Menhub menyebut saat ini Kementerian Perhubungan telah memperkerjakan sejumlah atlet penyandang disabilitas.

“Kita konsentrasi pada atlet-atlet disabilitas, mereka ini sudah kita pekerjakan atau mendapat pekerjaan di Kemenhub,” ujar Menhub.

Ini adalah suatu bentuk apresiasi dan upaya pemerintah memberikan kesempatan kepada atlet penyandang disabilitas berprestasi untuk bekerja di instansi pemerintahan.

Selain Menhub, turut hadir sejumlah menteri dan tokoh, pembina olahraga, serta kepala daerah juga diberi penghargaan serupa. Selamat pak Menhub! (GD/RDL/CA/HA)