YOGYAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau dan mengecek kesiapan angkutan intermoda di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kamis (27/8).

Menhub bertolak dari Jakarta pada Kamis siang, dan tiba di Yogyakarta pada pukul 13.00 WIB. Usai mendarat Menhub langsung mengadakan peninjauan fasilitas bandara serta ke angkutan pemadu moda Damri yang berada di kawasan Bandara YIA.

Menhub mengatakan hadirnya Damri sangat penting sebagai konektivitas masyarakat ke Bandara YIA, karena dapat menjadi alternatif pilihan moda transportasi yang bisa dipilih masyarakat.

“Hari ini saya mengecek kesiapan angkutan intermoda yakni Damri di Bandara YIA. Hal ini penting karena menyangkut akses masyarakat dari dan ke Bandara YIA,” ujar Menhub.

Ada 4 trayek Damri yang menuju Bandara YIA yakni Hartono Mall - YIA, Sleman City Hall - YIA, Borubudur - YIA (via Nanggulan), dan Borobudur - YIA (via Gunung Gajah).

Usai peninjauan dengan angkutan Damri jenis Mercedes Sprinter Menhub dan rombongan bertolak menuju kota Yogyakarta.

Selain Damri, Bandara YIA sudah dilengkapi juga dengan dukungan transportasi antarmoda untuk memudahkan pergerakan penumpang dari Bandara menuju kota Yogyakarta dan sekitarnya, maupun sebaliknya, seperti SetelQu, taksi bandara, taksi online dan kereta api melalui stasiun Wojo (sekitar 10 menit dari Bandara). Kedepannya, jalur kereta akan langsung masuk ke dalam area Bandara.(HH/MM/LA/RK)