• Sampaikan pengaduan anda ke nomor : 0813-111111-05. Akses portal Kemenhub melalui perangkat mobile ketik : http://m.dephub.go.id. Utamakan Keselamatan Dalam Penyelenggaraan Transportasi. Keselamatan Jalan Tanggung Jawab Kita Bersama. Ciptakan Keselamatan, Kenyamanan Transportasi Yang Efektif Dan Efisien.
Berita Video
Album Foto


Kolom Redaksi
PERCEPATAN DWELLING TIME
Pemerintah mentargetkan untuk menekan waktu sirkulasi barang sejak kapal sandar di dermaga hingga keluar pintu pelabuhan (dwelling time) dari 6 hari m(...)
Baca Selengkapnya
DUKUNGAN KEMENHUB BAGI JAMINAN KELANCARAN DISTRIBUSI BARANG DI TENGAH CUACA BURUK
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa cuaca buruk yang diwarnai angin kencang dan hujan lebat akan berlangsung hin(...)
Baca Selengkapnya
REALISASI TARGET TAHUN 2013
Banyak yang memperkirakan tahun 2013 adalah tahun "suram" dengan alasan krisis utang di Eropa dan perlambatan ekonomi AS akan kian parah yan(...)
Baca Selengkapnya
Liputan Khusus
PERTAHANKAN KA KALIJAGA DEMI PENYEBARAN PERTUMBUHAN EKONOMI
(...)
Baca Selengkapnya
MERINDUKAN KEJAYAAN DRY PORT GEDE BAGE
(...)
Baca Selengkapnya
UPTD TANDES JAGA KEBERSIHAN UDARA KOTA SURABAYA
(...)
Baca Selengkapnya
Berita  Badan Pengembangan SDM  DUNIA PENERBANGAN INDONESIA DIJADIKAN ROLE MODEL NEGARA-NEGARA BERKEMBANG Print
DUNIA PENERBANGAN INDONESIA DIJADIKAN ROLE MODEL NEGARA-NEGARA BERKEMBANG

(Jakarta, 13/5/2013) Dunia penerbangan Indonesia saat ini dijadikan role model (panutan) bagi dunia penerbangan negara-negara berkembang. Negara-negara berkembang tersebut melihat Indonesia sebagai salah satu model negara yang pernah mengalami permasalahan besar di bidang transportasi udara, tapi kemudian menunjukkan upaya-upaya yang cepat untuk pemulihan dan pembenahan bahkan saat ini menjadi salah satu negara yang leading dalam penerbangan. “Bagaimana kita mampu mengatasinya, apa resepnya, mengapa ICAO bisa memberikan kepercayaan kepada kita, itulah yang mau mereka pelajari dari kita,” ujar Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono pada saat membuka acara Indonesia-ICAO Developing Countries Training Programme 2013, di Aula BPSDM Perhubungan, Jl. Merdeka Timur, Jakarta (13/5).

Menurut Bambang pada waktu pertemuan ICAO, Indonesia telah menawarkan beasiswa kepada beberapa negara, terutama negara berkembang serta disambut dengan baik oleh asosiasi seperti Africa Union dan AFCAC (Afican Civil Aviation Commission). “Mereka sangat tertarik dan berkomitmen mengirimkan peserta untuk mengikuti berbagai macam training di Indonesia. Ada 70 peserta yang kita tawarkan beasiswa kepada mereka di luar kita sendiri. Semuanya dari negara berkembang dan porsi terbesarnya dari Afrika,” katanya.

Bambang mengatakan saat ini Indonesia sedang gencar meningkatkan profil di dunia penerbangan internasional. Menurut Bambang, Indonesia telah melakukan berbagai cara, yakni keaktifan di ICAO sendiri sebagai negara antara lain mengikuti berbagai seminar dan aktif mempresentasikan dunia penerbangan Indonesia di seminar-seminar ICAO. Salah satunya juga Indonesia menyelenggarakan training yang dibantu oleh ICAO untuk berbagai negara. “Kita mengadakan kerja sama dengan sertifikasi dari ICAO, sehingga dari segi modul sesuai standar internasional. Itu salah satu yang kita lakukan untuk meningkatkan profil dunia penerbangan kita di mata internasional,” jelasnya.

Upaya-upaya ini nantinya bisa memperlihatkan kepada dunia bahwa Indonesia memang on the right track untuk secepatnya meningkatkan kondisi penerbangan internasional yang saat ini merupakan yang terbesar di Asia. Selain meningkatkan infrastruktur penerbangan seperti bandara dan jumlah armada pesawat di lapangan, di sisi lain Indonesia juga sedang meningkatkan soft skill. “Untuk soft skill-nya kita adakan training yang penyelenggaranya yang tidak hanya untuk pilot atau untuk navigasi, tapi bermacam-macam yakni yang berhubungan dengan aspek-aspek tertentu,” tambah Bambang.

Indonesia-ICAO Developing Countries Training Programme 2013 merupakan kerja sama antara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan International Civil Aviation Organization (ICAO) yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara. Training ini adalah traning kedua dan diselengarakan rutin setiap tahun. Program ini menawarkan 5 jenis training kepada 50 peserta dari negara-negara berkembang. Kelima program training yang diselenggarakan tahun ini yaitu Aviation Internal Auditor, Dangerous Goods Training Course, Legal Aspects of Aviation Scurity, Safety Management System dan Aerodrome Certification Training Course. Training ini  diselenggarakan di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug dimana pesertanya berasal dari 20 negara yakni Fiji, Nepal, Mongolia, Thailand, Ethiopia, Bangladesh, Bhutan, Vietnam, Laos, Kenya, Sri Lanka, Kirgistan, Moldova, Mesir, Meksiko, Iran, Kamboja, Ukraina, Afganistan dan Botswana. (HH)


0
0
 

Berita Terkait
Komentar Anda


Nama
Email
Judul
Komentar
 
 
Jajak Pendapat
Bagaimana proses pelayanan pengaduan di Kementerian Perhubungan?
 
Total Responden 950
Prakiraan Cuaca Hari Ini
Hujan Ringan Banda Aceh
Hujan Ringan
23 - 31°C
Hujan Ringan Medan
Hujan Ringan
23 - 32°C
Hujan Ringan Pekanbaru
Hujan Ringan
22 - 34°C
Berawan Batam
Berawan
25 - 32°C
Berawan Padang
Berawan
22 - 31°C
Berawan Jambi
Berawan
24 - 33°C
Berawan Palembang
Berawan
23 - 35°C
Berawan Pangkal Pinang
Berawan
25 - 33°C
Hujan Ringan Bengkulu
Hujan Ringan
24 - 32°C
Cerah Berawan Bandar Lampung
Cerah Berawan
22 - 34°C
Berawan Pontianak
Berawan
23 - 33°C
Berawan Samarinda
Berawan
24 - 34°C
Berawan Palangkaraya
Berawan
23 - 34°C
Cerah Berawan Banjarmasin
Cerah Berawan
23 - 35°C
Berawan Manado
Berawan
21 - 33°C
Cerah Berawan Gorontalo
Cerah Berawan
20 - 35°C
Hujan Ringan Palu
Hujan Ringan
24 - 35°C
Cerah Berawan Kendari
Cerah Berawan
20 - 32°C
Berawan Makassar
Berawan
21 - 35°C
Berawan Majene
Berawan
23 - 33°C
Cerah Berawan Ternate
Cerah Berawan
25 - 32°C
Berawan Ambon
Berawan
23 - 29°C
Cerah Berawan Jayapura
Cerah Berawan
23 - 32°C
Cerah Berawan Sorong
Cerah Berawan
24 - 32°C
Cerah Berawan Biak
Cerah Berawan
22 - 31°C
Hujan Ringan Manokwari
Hujan Ringan
24 - 32°C
Cerah Berawan Merauke
Cerah Berawan
22 - 31°C
Cerah Kupang
Cerah
20 - 31°C
Cerah Berawan Sumbawa Besar
Cerah Berawan
21 - 35°C
Cerah Berawan Mataram
Cerah Berawan
22 - 31°C
Berawan Denpasar
Berawan
24 - 33°C
Hujan Ringan Jakarta
Hujan Ringan
23 - 33°C
Berawan Serang
Berawan
24 - 34°C
Berawan Bandung
Berawan
23 - 32°C
Cerah Berawan Semarang
Cerah Berawan
24 - 36°C
Cerah Yogyakarta
Cerah
23 - 33°C
Cerah Surabaya
Cerah
18 - 30°C


0 - 0°C
Site Stats
  • Total hits: 3.266.326
  • Hits bulan ini: 80.148
  • Hits minggu ini: 14.078
  • Hits hari ini: 1.514
Sejak tanggal 7 Juli 2011
PPID
Data
Pengadaan Barang dan Jasa
Web Link
Buku Informasi Transportasi
GIS DEPHUB
Statistik Perhubungan
Peta Prasarana Perhubungan