• Sampaikan pengaduan anda ke nomor : 0813-111111-05. Akses portal Kemenhub melalui perangkat mobile ketik : http://m.dephub.go.id. Utamakan Keselamatan Dalam Penyelenggaraan Transportasi. Keselamatan Jalan Tanggung Jawab Kita Bersama. Ciptakan Keselamatan, Kenyamanan Transportasi Yang Efektif Dan Efisien.
Berita Video
Album Foto


Kolom Redaksi
PERCEPATAN DWELLING TIME
Pemerintah mentargetkan untuk menekan waktu sirkulasi barang sejak kapal sandar di dermaga hingga keluar pintu pelabuhan (dwelling time) dari 6 hari m(...)
Baca Selengkapnya
DUKUNGAN KEMENHUB BAGI JAMINAN KELANCARAN DISTRIBUSI BARANG DI TENGAH CUACA BURUK
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa cuaca buruk yang diwarnai angin kencang dan hujan lebat akan berlangsung hin(...)
Baca Selengkapnya
REALISASI TARGET TAHUN 2013
Banyak yang memperkirakan tahun 2013 adalah tahun "suram" dengan alasan krisis utang di Eropa dan perlambatan ekonomi AS akan kian parah yan(...)
Baca Selengkapnya
Liputan Khusus
PRAMEKS DAPAT PSO, PENGLAJU BISA BERHEMAT
Pemerintah memberikan publik service obligation (PSO) tahun 2014 kepada PT Kereta Api Indonesia untuk mengangkut orang dengan kereta api kelas ekonomi(...)
Baca Selengkapnya
DAMRI, BUS PERINTIS ANDALAN MASYARAKAT PEDALAMAN SUMBAWA
Jam di tangan sudah menunjukkan pukul 20.15 WIT. Malam itu cuaca sangat cerah, bintang bertebaran diangkasa. belasan orang, tua maupun muda, wanita ma(...)
Baca Selengkapnya
SAPI PUN BUTUH KAPAL YANG LAYAK
PALU --- Siang itu matahari sangat terik. Hembusan angin laut tak mampu mengurangi panas yang menggigit kulit. Yang terjadi justru hembusan angin memb(...)
Baca Selengkapnya
Berita  Badan Pengembangan SDM  KEBUTUHAN PILOT DAN TENAGA TEKNISI PENERBANGAN DI INDONESIA MASIH SANGAT TINGGI Print
KEBUTUHAN PILOT DAN TENAGA TEKNISI PENERBANGAN DI INDONESIA MASIH SANGAT TINGGI

(Jakarta, 21/09/2011) Kebutuhan sumber daya manusia di bidang penerbangan masih sangat tinggi. Sebagai perkiraan, kebutuhan pilot sepanjang tahun 2011-2015 mencapai 4000 orang atau 800 orang pertahun, sedangkan untuk teknisi pesawat udara, dua tahun ke depan diperkirakan dibutuhkan sebanyak 7500 orang. Demikian Kepala BPSDM Perhubungan Bobby R. Mamahit saat membuka Workshop dengan tema Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Penerbangan Sesuai Kebutuhan Operator di Hotel Menara Peninsula, yang berlangsung tanggal 20-21 September 2011.

Bobby menambahkan, kemampuan pasokan pilot dari sekolah penerbangan di tanah air baru mencapai 320 orang per tahun atau sebanyak 1600 orang sampai 2015. "Dengan kata lain, masih terjadi defisit kebutuhan pilot sebanyak 2400 orang hingga 4 tahun ke depan," ujarnya.

Kapusbang SDM Perhubungan Udara Yudhi Sari Sitompul memaparkan dalam Workshop tersebut, bahwa benar terdapat kesenjangan antara kebutuhan SDM,  baik secara kualitas maupun kuantitas, dengan lulusan yang dihasilkan lembaga diklat penerbangan.  Untuk itu, Yudhi mengatakan, hal tersebut harus disikapi dengan cara antara lain (1) diadakannya kerjasama antara penyelenggara diklat negeri maupun swasta untuk memenuhi  standar yang ditentukan; (2) berkolaborasi , bersinergi dan komunikasi yang baik terus-menerus dilaksanakan  antara regulator, operator diklat dan pengguna lulusan untuk memenuhi kebutuhan SDM; (3) peningkatan kualitas instruktur melalui standarisasi instruktur; (4) penerapan saftey culture mulai dari pendidikan dan pelatihan sehingga para lulusan sudah terbiasa dengan budaya safety ketika memasuki dunia kerja; serta (5) peningkatan kemampuan bahasa Inggris, dimana sedang diupayakan agar penyenggaraan belajar-mengajar di kelas menggunakan berbahasa Inggris.

Yudhi menambahkan, agar didapatkan standarisasi yang sama antara penyelenggara diklat penerbangan, perlu adanya suatu komparasi antara sekolah penerbangan negeri dan sekolah penerbangan swasta. “Perlu adanya komparasi antara sekolah negeri dengan sekolah swasta, sehingga dapat kita ketahui standarnya seperti apa,” terangnya.

Direktur Keamanan Penerbangan M. Fuschad, yang menjadi salah satu pembicara dalam workshop ini menjabarkan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mempunyai tanggung jawab melakukan pembinaan serta terselenggaranya pendidikan dan pelatihan di bidang penerbangan, meliputi peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga pendidik, kurikulum & silabus serta metode diklat sesuai standar yang ditetapkan, penataan penyempurnaan dan setifikasi organisasi atau manajemen lembaga diklat.

Ditambahkan Fuschad, Ditjen Hubud juga bertanggung jawab terhadap terselenggaranya diklat pengamanan penerbangan sipil, dimana dalam hal ini Ditjen Hubud berkoordinasi dan  bekerjasama denaan ICAO, Kepolisian, TNI, Kemendiknas, penyelenggara bandara, perusahaan angkutan udara, perusahaan ground handling dan perusahaan security. "Pemerintah bertanggung jawab terhadap semua pegawai yang terkait dalam kegiatan penerbangan sipil, telah mengikuti Avsec Awareness Course dalam penyelenggaraan diklat pengamanan penerbangan sipil," jelasnya.

Workshop dua hari yang diselenggarakan Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara ini, diikuti oleh stakeholder dunia penerbangan seperti operator penerbangan, pengelola bandara, asosiasi pilot dan sekolah-sekolah penerbangan. (HH)


0
0
 

Berita Terkait
Komentar Anda


Nama
Email
Judul
Komentar
 
 
Jajak Pendapat
Bagaimana proses pelayanan pengaduan di Kementerian Perhubungan?
 
Total Responden 881
Prakiraan Cuaca Hari Ini
Berawan Banda Aceh
Berawan
21 - 32°C
Hujan Ringan Medan
Hujan Ringan
23 - 32°C
Cerah Berawan Pekanbaru
Cerah Berawan
22 - 34°C
Berawan Batam
Berawan
25 - 32°C
Cerah Berawan Padang
Cerah Berawan
21 - 31°C
Berawan Jambi
Berawan
23 - 32°C
Berawan Palembang
Berawan
24 - 34°C
Berawan Pangkal Pinang
Berawan
25 - 33°C
Cerah Berawan Bengkulu
Cerah Berawan
24 - 31°C
Berawan Bandar Lampung
Berawan
21 - 35°C
Berawan Pontianak
Berawan
24 - 34°C
Berawan Samarinda
Berawan
24 - 32°C
Berawan Palangkaraya
Berawan
22 - 33°C
Berawan Banjarmasin
Berawan
22 - 34°C
Cerah Berawan Manado
Cerah Berawan
20 - 33°C
Cerah Berawan Gorontalo
Cerah Berawan
22 - 34°C
Cerah Berawan Palu
Cerah Berawan
23 - 35°C
Cerah Berawan Kendari
Cerah Berawan
21 - 31°C
Berawan Makassar
Berawan
20 - 36°C
Cerah Berawan Majene
Cerah Berawan
24 - 32°C
Berawan Ternate
Berawan
24 - 31°C
Hujan Ringan Ambon
Hujan Ringan
22 - 29°C
Hujan Ringan Jayapura
Hujan Ringan
23 - 32°C
Hujan Ringan Sorong
Hujan Ringan
24 - 31°C
Hujan Ringan Biak
Hujan Ringan
22 - 31°C
Berawan Manokwari
Berawan
24 - 32°C
Cerah Berawan Merauke
Cerah Berawan
22 - 31°C
Cerah Kupang
Cerah
19 - 35°C
Cerah Berawan Sumbawa Besar
Cerah Berawan
21 - 36°C
Cerah Berawan Mataram
Cerah Berawan
22 - 32°C
Berawan Denpasar
Berawan
22 - 32°C
Cerah Berawan Jakarta
Cerah Berawan
23 - 34°C
Berawan Serang
Berawan
23 - 33°C
Berawan Bandung
Berawan
21 - 32°C
Cerah Berawan Semarang
Cerah Berawan
23 - 35°C
Berawan Yogyakarta
Berawan
20 - 31°C
Cerah Berawan Surabaya
Cerah Berawan
23 - 34°C


0 - 0°C
Site Stats
  • Total hits: 2.734.105
  • Hits bulan ini: 77.829
  • Hits minggu ini: 15.456
  • Hits hari ini: 294
Sejak tanggal 7 Juli 2011
PPID
Data
Pengadaan Barang dan Jasa
Web Link
Buku Informasi Transportasi
GIS DEPHUB
Statistik Perhubungan
Peta Prasarana Perhubungan