• Sampaikan pengaduan anda ke nomor : 0813-111111-05. Akses portal Kemenhub melalui perangkat mobile ketik : http://m.dephub.go.id. Utamakan Keselamatan Dalam Penyelenggaraan Transportasi. Keselamatan Jalan Tanggung Jawab Kita Bersama. Ciptakan Keselamatan, Kenyamanan Transportasi Yang Efektif Dan Efisien.
Berita Video
Album Foto


Kolom Redaksi
PERCEPATAN DWELLING TIME
Pemerintah mentargetkan untuk menekan waktu sirkulasi barang sejak kapal sandar di dermaga hingga keluar pintu pelabuhan (dwelling time) dari 6 hari m(...)
Baca Selengkapnya
DUKUNGAN KEMENHUB BAGI JAMINAN KELANCARAN DISTRIBUSI BARANG DI TENGAH CUACA BURUK
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa cuaca buruk yang diwarnai angin kencang dan hujan lebat akan berlangsung hin(...)
Baca Selengkapnya
REALISASI TARGET TAHUN 2013
Banyak yang memperkirakan tahun 2013 adalah tahun "suram" dengan alasan krisis utang di Eropa dan perlambatan ekonomi AS akan kian parah yan(...)
Baca Selengkapnya
Liputan Khusus
PERTAHANKAN KA KALIJAGA DEMI PENYEBARAN PERTUMBUHAN EKONOMI
(...)
Baca Selengkapnya
MERINDUKAN KEJAYAAN DRY PORT GEDE BAGE
(...)
Baca Selengkapnya
UPTD TANDES JAGA KEBERSIHAN UDARA KOTA SURABAYA
(...)
Baca Selengkapnya
Berita  Berita Umum  PEMBANGUNAN TRANSPORTASI SUMATERA 5 TAHUN KE DEPAN DIARAHKAN PADA PENINGKATAN KAPASITAS Print
PEMBANGUNAN TRANSPORTASI SUMATERA 5 TAHUN KE DEPAN DIARAHKAN PADA PENINGKATAN KAPASITAS

(Lampung, 22/7/2010) Dalam mendukung pembangunan wilayah Sumatera, secara umum Kementerian Perhubungan telah menetapkan sejumlah sasaran pembangunan transportasi yang ingin dicapai dalam lima tahun kedepan. “Sasaran-sasaran tersebut mencakup peningkatan kapasitas sarana dan prasarana transportasi untuk mengurangi back log maupun bottleneck sebagaimana diuraikan dalam sistem transportasi nasional dan cetak biru transportasi multimoda,” demikian dijelaskan Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono saat memberikan keynote speech di acara  Sumatera Development Summit 2010, di hotel Novotel, Bandar Lampung, Kamis (22/7).

Sasaran pembangunan yang telah ditetapkan Kemenhub mencakup moda transportsi darat, laut, udara dan kereta api. Secara umum untuk transportasi darat, Wamenhub menjelaskan, sasaran pembangunan di bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ), antara lain :pemenuhan fasilitas keselamatan LLAJ, peningkatan kondisi serta jumlah sarana dan  prasarana, peningkatan keterjangkauan pelayanan angkutan umum, mewujudkan teknologi sarana yang ramah lingkungan dan penanganan dampak dari polusi udara, penyelenggaraan transportasi perkotaan yang terpadu serta peningkatan SDM LLAJ.

Untuk Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP), sasaran pembangunan ditujukan antara lain : peningkatan keselamatan dan kelaikan sarana ASDP, peningkatan jumlah dermaga dan kapasitas lintas penyeberangan, peningkatan pelayanan perintis,dan mendorong peran serta swasta dan  pemda dalam pembangunan dan pengelolaan ASDP. “Kementerian Perhubungan  terus melakukan pengembangan dermaga Merak-Bakauheni termasuk penyediaan kapalnya, direncanakan dalam 5 (lima) tahun mendatang  dikembangkan 63 (enam puluh tiga) lintas baru baik dalam propinsi maupun antar propinsi, dan pembangunan kapal penyeberangan tipe 500 GT dan 750 GT untuk pelayanan keperintisan. 

Sedangkan di bidang perkeretaapian, yang ingin diwujudkan pemerintah adalah adanya penurunan tingkat kecelakaan kereta api dan meningkatkan keandalan operasi hingga 60 persen. Pembangunan prasarana KA untuk mewujudkan lintas kereta api Trans Sumatera, membangun akses dari kawasan industri/pertambangan ke pelabuhan laut Belawan, Dumai, Tanjung api-api, Tarahan, dan Panjang. “ Disamping itu, pemerintah  ingin mewujudkan jaringan kereta api di kota-kota besar seperti Medan dan Palembang, disamping pembangunan akses menuju Bandara Kuala Namu, Minangkabau, SM Badaruddin II Palembang, Bakauheni menuju Lampung serta pembangunan fasilitas perawatan prasarana perkeretaapian  di Sumatera,” jelasnya.

Sementara, sasaran pembangunan transportasi laut, untuk pengembangan Pelabuhan Laut di wilayah Sumatera direncanakan anatara lain pengembangan Belawan, pengembangan  pelabuhan untuk curah cair kelapa sawit di Dumai maupun dilokasi lainnya. Selain itu untuk mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas di jalan lintas Timur Sumatera. Kementerian Perhubungan mengharapkan kepada setiap Pemerintah Daerah merencanakan pengembangan angkutan pesisir pantai (coastal marine transportation) di pesisir timur pantai Sumatera,
“Coastal Marine transportation merupakan sejenis angkutan massal yang dioperasikan di pesisir pantai di zona 12 (dua belas) mil dari garis pantai, dengan sarana yang akan digunakan berupa water bus,” ungkap Wamenhub.

Untuk tranportasi udara, wamenhub menjelaskan, sejumlah pengembangan transportasi udara tengah dilakukan oleh Ditjen Perhubungan Udara melalui penyelesaian pembangunan Bandara Kuala Namu. Selain itu upaya lainnya adalah penyediaan pelayanan  subsidi perintis dan pengembangan bandara-bandara yang berada di lokasi rawan bencana. “sehingga bandara-bandara pada lokasi tersebut apabila terjadi bencana alam dapat didarati pesawat berjenis Hercules,” jelasnya.

Wamenhub mengimbau, pihak swasta dan pemerintah daerah ikut berperan serta dalam upaya membantu tercapainya sasaran pembangunan sektor transportasi di Sumatera dalam 5 (lima) tahun kedepan. (RDH)
 


0
0
 

Berita Terkait
Komentar Anda


Nama
Email
Judul
Komentar
 
 
Jajak Pendapat
Bagaimana proses pelayanan pengaduan di Kementerian Perhubungan?
 
Total Responden 950
Prakiraan Cuaca Hari Ini
Hujan Ringan Banda Aceh
Hujan Ringan
23 - 31°C
Hujan Ringan Medan
Hujan Ringan
23 - 32°C
Hujan Ringan Pekanbaru
Hujan Ringan
22 - 34°C
Berawan Batam
Berawan
25 - 32°C
Berawan Padang
Berawan
22 - 31°C
Berawan Jambi
Berawan
24 - 33°C
Berawan Palembang
Berawan
23 - 35°C
Berawan Pangkal Pinang
Berawan
25 - 33°C
Hujan Ringan Bengkulu
Hujan Ringan
24 - 32°C
Cerah Berawan Bandar Lampung
Cerah Berawan
22 - 34°C
Berawan Pontianak
Berawan
23 - 33°C
Berawan Samarinda
Berawan
24 - 34°C
Berawan Palangkaraya
Berawan
23 - 34°C
Cerah Berawan Banjarmasin
Cerah Berawan
23 - 35°C
Berawan Manado
Berawan
21 - 33°C
Cerah Berawan Gorontalo
Cerah Berawan
20 - 35°C
Hujan Ringan Palu
Hujan Ringan
24 - 35°C
Cerah Berawan Kendari
Cerah Berawan
20 - 32°C
Berawan Makassar
Berawan
21 - 35°C
Berawan Majene
Berawan
23 - 33°C
Cerah Berawan Ternate
Cerah Berawan
25 - 32°C
Berawan Ambon
Berawan
23 - 29°C
Cerah Berawan Jayapura
Cerah Berawan
23 - 32°C
Cerah Berawan Sorong
Cerah Berawan
24 - 32°C
Cerah Berawan Biak
Cerah Berawan
22 - 31°C
Hujan Ringan Manokwari
Hujan Ringan
24 - 32°C
Cerah Berawan Merauke
Cerah Berawan
22 - 31°C
Cerah Kupang
Cerah
20 - 31°C
Cerah Berawan Sumbawa Besar
Cerah Berawan
21 - 35°C
Cerah Berawan Mataram
Cerah Berawan
22 - 31°C
Berawan Denpasar
Berawan
24 - 33°C
Hujan Ringan Jakarta
Hujan Ringan
23 - 33°C
Berawan Serang
Berawan
24 - 34°C
Berawan Bandung
Berawan
23 - 32°C
Cerah Berawan Semarang
Cerah Berawan
24 - 36°C
Cerah Yogyakarta
Cerah
23 - 33°C
Cerah Surabaya
Cerah
18 - 30°C


0 - 0°C
Site Stats
  • Total hits: 2.728.341
  • Hits bulan ini: 6.124
  • Hits minggu ini: 12.410
  • Hits hari ini: 2.871
Sejak tanggal 7 Juli 2011
PPID
Data
Pengadaan Barang dan Jasa
Web Link
Buku Informasi Transportasi
GIS DEPHUB
Statistik Perhubungan
Peta Prasarana Perhubungan