• Sampaikan pengaduan anda ke nomor : 0813-111111-05. Akses portal Kemenhub melalui perangkat mobile ketik : http://m.dephub.go.id. Utamakan Keselamatan Dalam Penyelenggaraan Transportasi. Keselamatan Jalan Tanggung Jawab Kita Bersama. Ciptakan Keselamatan, Kenyamanan Transportasi Yang Efektif Dan Efisien.
Berita Video
Album Foto


Kolom Redaksi
PERCEPATAN DWELLING TIME
Pemerintah mentargetkan untuk menekan waktu sirkulasi barang sejak kapal sandar di dermaga hingga keluar pintu pelabuhan (dwelling time) dari 6 hari m(...)
Baca Selengkapnya
DUKUNGAN KEMENHUB BAGI JAMINAN KELANCARAN DISTRIBUSI BARANG DI TENGAH CUACA BURUK
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa cuaca buruk yang diwarnai angin kencang dan hujan lebat akan berlangsung hin(...)
Baca Selengkapnya
REALISASI TARGET TAHUN 2013
Banyak yang memperkirakan tahun 2013 adalah tahun "suram" dengan alasan krisis utang di Eropa dan perlambatan ekonomi AS akan kian parah yan(...)
Baca Selengkapnya
Liputan Khusus
PRAMEKS DAPAT PSO, PENGLAJU BISA BERHEMAT
Pemerintah memberikan publik service obligation (PSO) tahun 2014 kepada PT Kereta Api Indonesia untuk mengangkut orang dengan kereta api kelas ekonomi(...)
Baca Selengkapnya
DAMRI, BUS PERINTIS ANDALAN MASYARAKAT PEDALAMAN SUMBAWA
Jam di tangan sudah menunjukkan pukul 20.15 WIT. Malam itu cuaca sangat cerah, bintang bertebaran diangkasa. belasan orang, tua maupun muda, wanita ma(...)
Baca Selengkapnya
SAPI PUN BUTUH KAPAL YANG LAYAK
PALU --- Siang itu matahari sangat terik. Hembusan angin laut tak mampu mengurangi panas yang menggigit kulit. Yang terjadi justru hembusan angin memb(...)
Baca Selengkapnya
Berita  Berita Umum  KONSEP REFORMASI BIROKRASI KEMENHUB HARUS SEGERA DISELESAIKAN Print
KONSEP REFORMASI BIROKRASI KEMENHUB HARUS SEGERA DISELESAIKAN

(Yogyakarta, 27/4/2011) “Konsep Reformasi Birokrasi di lingkungan Kementerian Perhubungan harus segera disusun dan diusulkan ke Kementerian Pendayagunaan aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akhir Juli tahun 2011 ini,” demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Sesjen Kemenhub) Moh. Iksan Tatang saaat membuka acara Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Kepegawaian dan Organisasi di Lingkungan Kemenhub Tahun 2011 di Bangsal Wiyotoprojo, Kepatihan Yogyakarta, Selasa (26/4).

Reformasi Birokrasi sangat penting untuk diwujudkan mengingat faktor kinerja SDM Aparatur Perhubungan merupakan salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan jasa transportasi sesuai dengan Rencana Strategis Kemenhub 2010-2014, yang tertuang dalam visi Kemenhub yaitu mewujudkan pelayanan tranportasi yang handal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah.

Dalam rakor yang bertema ”Melalui Rapat Koordinasi Bidang Kepegawaian dan Organisasi di lingkungan Kementerian Perhubungan Tahun 2011 Kita Percepat Proses Reformasi Birokrasi di Lingkungan Kementerian Perhubungan”, Iksan Tatang menjelaskan pada hakikatnya SDM Aparatur perhubungan adalah para pembuat, pelaksana, dan pengendali kebijakan di sektor transportasi.

”Oleh karena itu, SDM Aparatur perhubungan harus terus menerus ditingkatkan kualitasnya secara sistematis agar mampu melaksanakan tugas secara efektif dan efisien sehingga mampu mewujudkan penyelenggaraan pelayanan jasa transportasi yang semakin handal,” jelasnya.
Iksan Tatang mengungkapkan sudah saatnya perumusan kebutuhan pegawai di setiap unit kerja harus mengacu pada beban kerja, tugas pokok dan  fungsi dengan cara  menguraikan tugas/jabatan (job analys) yang  jelas. Tujuannya agar seluruh pegawai dapat berdayaguna dengan baik sesuai dengan kebutuhan organisasi yang sesungguhnya.

Dirinya juga mengungkapkan masih memiliki beberapa permasalahan di bidang SDM Aparatur yang perlu dipecahkan dan dicari solusinya bersama. Berbagai permasalahan tersebut diantaranya dimulai dari tahap perencanaan, pengembangan kapasitas, pembinaan karier, peningkatan disiplin, hingga permasalahan peningkatan kesejahteraannya.

Dalam Reformasi Birokrasi, Iksan Tatang menjelaskan ada tiga hal pokok yang terkait dengan upaya perubahan dan pembaharuan yang mendasar terhadap sistem pemerintahan yang harus segera dilakukan, yaitu Aspek Kelembagaan (Organisasi); Aspek Ketatalaksanaan (business proses); dan Aspek Sumber daya Manusia Aparatur.

“Dengan tinggal tersisa waktu 3 (tiga) bulan lagi, agar penyelesaian konsep reformasi birokrasi menjadi perhatian serius baik dari jajaran pimpinan maupun pelaksana, karena kalau tidak Kementerian Perhubungan akan mendapatkan penilaian jelek dan citra buruk di mata masyarakat dan berakibat pula tertundanya pemberian  tunjangan kinerja dan remunerasi bagi pegawai” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi Kemenhub, Soesilo Hadi menjelaskan dengan Rakor ini diharapkan dapat menyamakan persepsi, gerak dan langkah para pengelola kepegawaian dalam membangun dan mengembangkan sumber daya aparatur, khususnya dalam upaya meningkatkan kompetensi dan profesionalisme pegawai negeri sipil di lingkungan Kementerian Perhubungan dalam menghadapi tantangan reformasi birokrasi.

“Diharapkan dapat berdampak positif pula pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan sekaligus pada kesejahteraan para pegawai,” ungkapnya.

Dalam Rakor yang berlangsung pada 26 sampai dengan 29 april ini, dihadirkan para pembicara dari beberapa instansi Pemerintah diantaranya : Deputi Kemen PAN, Kepala Badan Kepegawaian negara, Kepala BPSDM, perwakilan dari KPK, BPKP serta Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi Kemenhub dan Kepala Pusat Data dan Informasi Kemenhub.

Selain itu, dilaksanakan pula empat sidang komisi yang bisa menghasilkan masukan bagi pelaksanaan beberapa agenda yang cukup strategis. Rumusan hasil sidang komisi tersebut akan menjadi konsep Peraturan Menteri yang diharapkan segera diterbitkan untuk dapat dilaksanakan oleh seluruh jajaran di Kementerian Perhubungan.

Keempat sidang komisi tersebut masing-masing adalah : komisi 1 tentang penyusunan pedoman analisis jabatan, Komisi 2 tentang penyempurnaan dokumen pola karier pegawai, komisi 3 tentang sistem informasi kepegawaian dan komisi 4 kode etik PNS Kemenhub.

Peserta Rakor ini diikuti oleh para pembina dan pengelola kepegawaian pada Sekretariat Jenderal, Inspektorat Jenderal, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan dan sejumlah Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kementerian Perhubungan. (RDH)

 


0
0
 

Berita Terkait
Komentar Anda


Nama
Email
Judul
Komentar
 
 
Jajak Pendapat
Bagaimana proses pelayanan pengaduan di Kementerian Perhubungan?
 
Total Responden 905
Prakiraan Cuaca Hari Ini
Hujan Ringan Banda Aceh
Hujan Ringan
22 - 32°C
Hujan Ringan Medan
Hujan Ringan
23 - 32°C
Cerah Berawan Pekanbaru
Cerah Berawan
22 - 34°C
Hujan Ringan Batam
Hujan Ringan
25 - 32°C
Hujan Ringan Padang
Hujan Ringan
22 - 31°C
Berawan Jambi
Berawan
23 - 33°C
Hujan Ringan Palembang
Hujan Ringan
24 - 33°C
Berawan Pangkal Pinang
Berawan
25 - 33°C
Berawan Bengkulu
Berawan
24 - 32°C
Berawan Bandar Lampung
Berawan
23 - 33°C
Hujan Sedang Pontianak
Hujan Sedang
23 - 33°C
Berawan Samarinda
Berawan
25 - 33°C
Cerah Berawan Palangkaraya
Cerah Berawan
22 - 33°C
Cerah Berawan Banjarmasin
Cerah Berawan
23 - 35°C
Berawan Manado
Berawan
21 - 34°C
Berawan Gorontalo
Berawan
22 - 34°C
Cerah Berawan Palu
Cerah Berawan
23 - 35°C
Cerah Berawan Kendari
Cerah Berawan
20 - 31°C
Cerah Berawan Makassar
Cerah Berawan
22 - 34°C
Cerah Berawan Majene
Cerah Berawan
23 - 33°C
Hujan Ringan Ternate
Hujan Ringan
24 - 31°C
Berawan Ambon
Berawan
23 - 29°C
Cerah Berawan Jayapura
Cerah Berawan
23 - 32°C
Hujan Ringan Sorong
Hujan Ringan
24 - 31°C
Hujan Ringan Biak
Hujan Ringan
22 - 31°C
Hujan Ringan Manokwari
Hujan Ringan
24 - 31°C
Cerah Berawan Merauke
Cerah Berawan
22 - 31°C
Cerah Kupang
Cerah
20 - 33°C
Cerah Berawan Sumbawa Besar
Cerah Berawan
21 - 34°C
Cerah Berawan Mataram
Cerah Berawan
21 - 31°C
Berawan Denpasar
Berawan
24 - 32°C
Berawan Jakarta
Berawan
23 - 33°C
Berawan Serang
Berawan
24 - 35°C
Berawan Bandung
Berawan
21 - 32°C
Cerah Berawan Semarang
Cerah Berawan
23 - 35°C
Cerah Berawan Yogyakarta
Cerah Berawan
22 - 33°C
Cerah Surabaya
Cerah
23 - 34°C


0 - 0°C
Site Stats
  • Total hits: 2.691.697
  • Hits bulan ini: 35.421
  • Hits minggu ini: 9.696
  • Hits hari ini: 2.347
Sejak tanggal 7 Juli 2011
PPID
Data
Pengadaan Barang dan Jasa
Web Link
Buku Informasi Transportasi
GIS DEPHUB
Statistik Perhubungan
Peta Prasarana Perhubungan