• Sampaikan pengaduan anda ke nomor : 0813-111111-05. Akses portal Kemenhub melalui perangkat mobile ketik : http://m.dephub.go.id. Utamakan Keselamatan Dalam Penyelenggaraan Transportasi. Keselamatan Jalan Tanggung Jawab Kita Bersama. Ciptakan Keselamatan, Kenyamanan Transportasi Yang Efektif Dan Efisien.
Berita Video
Album Foto


Kolom Redaksi
PERCEPATAN DWELLING TIME
Pemerintah mentargetkan untuk menekan waktu sirkulasi barang sejak kapal sandar di dermaga hingga keluar pintu pelabuhan (dwelling time) dari 6 hari m(...)
Baca Selengkapnya
DUKUNGAN KEMENHUB BAGI JAMINAN KELANCARAN DISTRIBUSI BARANG DI TENGAH CUACA BURUK
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa cuaca buruk yang diwarnai angin kencang dan hujan lebat akan berlangsung hin(...)
Baca Selengkapnya
REALISASI TARGET TAHUN 2013
Banyak yang memperkirakan tahun 2013 adalah tahun "suram" dengan alasan krisis utang di Eropa dan perlambatan ekonomi AS akan kian parah yan(...)
Baca Selengkapnya
Liputan Khusus
PRAMEKS DAPAT PSO, PENGLAJU BISA BERHEMAT
Pemerintah memberikan publik service obligation (PSO) tahun 2014 kepada PT Kereta Api Indonesia untuk mengangkut orang dengan kereta api kelas ekonomi(...)
Baca Selengkapnya
DAMRI, BUS PERINTIS ANDALAN MASYARAKAT PEDALAMAN SUMBAWA
Jam di tangan sudah menunjukkan pukul 20.15 WIT. Malam itu cuaca sangat cerah, bintang bertebaran diangkasa. belasan orang, tua maupun muda, wanita ma(...)
Baca Selengkapnya
SAPI PUN BUTUH KAPAL YANG LAYAK
PALU --- Siang itu matahari sangat terik. Hembusan angin laut tak mampu mengurangi panas yang menggigit kulit. Yang terjadi justru hembusan angin memb(...)
Baca Selengkapnya
Berita  Berita Umum    TES SELEKSI TERTULIS CPNS KEMENHUB 2010 DILAKSANAKAN SERENTAK PAGI INI Print
TES SELEKSI TERTULIS CPNS KEMENHUB 2010 DILAKSANAKAN SERENTAK PAGI INI

(Jakarta, 4/11/2010) Kementerian Perhubungan menyelenggarakan tes tertulis CPNS tahun anggaran 2010 secara serentak di 44 lokasi yang tersebar di 31 kota di tanah air, Kamis (4/11). Sebanyak 31.615 peserta yang lolos seleksi administrasi untuk kualifikasi pendidikan D-IV, S-1 dan S-2, berjuang memperebutkan 670 formasi yang tersedia. Sedangkan untuk kualifikasi pendidikan D-III kebawah sebanyak 17.574 peserta memperebutkan 3.161 formasi yang tersedia.

Para peserta yang mengikuti tes tertulis tersebut, sebelumnya telah dinyatakan lolos seleksi administrasi oleh panitia pelaksana tes CPNS Kemenhub. Awal pendaftaran tes CPNS ini dibuka secara online mulai 27 September 2010 sampai 11 oktober 2010 di website www.dephub.go.id, tercatat sebanyak 55.363 orang yang mendaftar online (untuk D-IV, S-1 dan S-2) dan sebanyak 33.577 yang mengumpulkan kelengkapan berkas administrasinya.

Tim www.dephub.go.id ikut memantau penyelenggaraan tes CPNS Kemenhub tahun 2010  di 6 (enam) kota yaitu, Jakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Makassar dan Tarakan. Berdasarkan pantauan tersebut, untuk wilayah Jakarta, tes CPNS yang diselenggarakan di Stadion gelora Bung Karno, Senayan Jakarta, Pukul 09.00 pagi ini diikuti 14.768 peserta (D-IV, S-1 dan S-2).

Acara tes seleksi tertulis CPNS 2010 ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemenhub Moh. Iksan Tatang yang membacakan sambutan Menteri Perhubungan, Freddy Numberi. Dalam sambutannya, IksanTatang mengatakan, rekrutmen yang dilakukan ini merupakan bagian dari manajemen dan pembinaan PNS Kementerian Perhubungan  sebagi upaya untuk memperoleh PNS yang memiliki knowledge, skill dan attitude yang terbaik.

 “PNS dituntut professional dalam arti ahli dan menguasai bidang tugas atas dasar pengetahuan, bekerja sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku serta menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai-nilai moral dan akhlak mulia,” tegasnya kepada belasan ribu peserta tes CPNS.

Karena ketatnya persaingan, Tatang Iksan mengimbau agar para peserta mengerjakan soal-soal ujian secara cermat dan teliti. “Tentu saja disertai dengan doa, agar dapat memenangkan persaingan ini,” tandasnya.


Peserta Tes Seleksi CPNS Kemenhub Tahun ini Meningkat

Sementara itu di kota Surabaya, peserta yang mengikuti ujian tes seleksi tertulis CPNS berjumlah kurang lebih 3600-an peserta, naik 3 kali lipat dibandingkan tes pada tahun sebelumnya. Tes yang berlangsung di GOR Sidoarjo Surabaya ini terbilang tertib.

Salah satu peserta yang sempat diwawancarai menyebutkan alasan nya mengikuti tes ini. “Saya memiliki gambaran bahwa di Kementerian Perhubungan memiliki skala yang luas di transportasi, organisasi yang bagus, serta memiliki banyak kesempatan jenjang karir, “ jelas Gunawan, lulusan S1 Ekonomi Pembangunan Universitas Airlangga Surabaya. 

Untuk kota Semarang, tes CPNS yang dilaksanakan di GOR Jatidiri Semarang, diikuti oleh kurang lebih  6000an pesrta, jumlah ini juga naik  dibandingkan tahun 2009. Penyelenggaraan tes CPNS di Semarang dihadiri  oleh  Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Dr. Edi Topo Ashari.

Di Denpasar, jumlah peserta tes juga mengalami peningkatan, yaitu sekitar 66 persen apabila dibandingkan jumlah peserta tes di wilayah yang sama pada tahun lalu. Hampir 500 orang hadir dalam tes tahun ini, sementara peserta di tahun 2009 sekitar 300 orang. “Kita sudah tiga tahun terakhir ini diberikan kepercayaan oleh Biro Kepegawaian Kemenhub menjadi tempat pelaksanaan tes CPNS di wilayah Bali. Setiap tahunnya peserta selalu meningkat dari 200, 300, hingga 500 peserta,” kata Kepala BPPTD Adi Susanto, selaku panitia penyelenggara tes CPNS di wilayah Bali.

Selain pengawas dari panitia tes setempat dan Biro kepegawaian , pada penyelenggaraan tes CPNS di Bali, turut hadir pula Kepala Biro (Kabiro) Kepegawaian dan Organisasi Kemenhub, Soesilo Hadi, Deputi Bina Pengadaan, Kepangkatan, Mutasi, dan Pensiun Badan Kepegawaian Negara (BKN), Sulardi, Deputi Bidang Pengendalian Kepegawaian (Dalpeg) BKN, Bambang Chrisnadi, dan wakil dari Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan,

Kabiro Kepegawaian menyatakan, kehadiran pihak-pihak terkait ini merupakan upaya Kementerian Perhubungan untuk mewujudkan proses pelaksanaan pengadaan pegawai Kementerian Perhubungan yang transparan, akuntabel, dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan pemerintah guna mewujudkan program reformasi birokrasi.


Sedangkan di Makassar, secara keseluruhan peserta yang mengikuti Seleksi Tertulis CPNS Kemenhub Formasi Tahun Anggaran 2010, tercatat sebanyak 1869 peserta. Menurut Edy Suyitno, Sekretaris Utama Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang meninjau pelaksanaan ujian di makassar ini, sistem penerimaan yang dibagun oleh Kementerian sudah baik ditambah jumlah peserta yang melamar juga bertambah banyak serta banyak peserta yang telah memiliki pengalaman kerja sebelumnya sehingga diharapkan Kementerian Perhubungan akan mendapatkan calon pegawai yang terbaik.

“Apapun bentuk sistem yang digunakan oleh suatu organisasi jika keseluruhan panitia pengadaan CPNS pelaksana melaksanakannya dengan tulus dan niat baik maka pasti akan organisasi atau instansi tersebut akan mendapatkan calon pegawai yang profesional dan berkualitas baik,”ujarnya.

Formasi Sarjana yang dibutuhkan oleh daerah Makassar sejumlah  25 orang diperuntukkan untuk Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar  dan Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar.

Untuk Kota Tarakan, sebagai salah satu penyelenggara tes CPNS untuk kualifikasi pendidikan D-III kebawah dan SLTA berlangsung lancar, aman, dan tertib. Tes dilakukan di Aula Bandara Juwata Tarakan , berlangsung mulai pukul 09.00-11.00 WITA. Dilokasi ini jumlah peserta tes tertulis sebanyak 639 peserta  dengan kualifikasi pendidikan D III sebanyak 14 orang dan SMA/SMK/STM sebanyak 625 orang untuk memperebutkan 8 formasi untuk D III dan 92 formasi untuk SMA/SMK/STM.

Menurut Husni Husni Djau, Kepala Bandara Juwata Tarakan selaku Ketua Panitia Lokal Penerimaan CPNS Tk. D III ke bawah pada UPT Bandara, kebanyakan pelamar berasal dari Kalimantan Timur bagian utara dan untuk penempatan khususnya di sekitar wilayah Kalimantan Timur. "90% asal pelamar adalah dari Kalimantan Timur bagian utara. Sisanya adalah dari Jakarta, Sulawesi, dan Sumatera," jelasnya.

Bandara Juwata Tarakan sendiri,menurut Husni,  saat ini membutuhkan tambahan personil sekitar 70-100 orang untuk pengoperasian bandaranya."Jumlah personil sekarang adalah 130 orang sedangkan kebutuhannya adalah 200 orang. Mudah-mudahan jumlah tersebut dapat dicapai pada tahun 2012 dengan adanya tes seperti ini setiap tahunnya," harapnya.

Dona salah satu peserta di Tarakan yang sempat diwawancarai tim pemberitaan www.dephub.go.id menyatakan bahwa tes tertulis lebih sulit apabila dibandingkan dengan tes fisik terutama di soal-soal hitungan. Dona yang melamar untuk formasi aviation security (Avsec) juga menyatakan konsentrasinya sedikit terganggu karena tempat ujian yang berada di bandara sering terdengar bising pesawat yang datang dan pergi.

Menurut keterangan dari Biro Kepegawaian dan Organisasi Kemenhub, pengumuman peserta yang lolos tes seleksi tertulis CPNS Kemenhub ini akan diumumkan pada 11 November 2010 (kualifikasi pendidikan D-IV, S-1 dan S-2) sedangkan untuk kualifikasi pendidikan D-III kebawah akan diumumkan pada 26 November 2010. Pengumumannya dapat dilihat di www.dephub.go.id. (RDH)


 

0
0
 


Komentar Anda


Nama
Email
Judul
Komentar
 
 
Jajak Pendapat
Bagaimana proses pelayanan pengaduan di Kementerian Perhubungan?
 
Total Responden 905
Prakiraan Cuaca Hari Ini
Hujan Ringan Banda Aceh
Hujan Ringan
22 - 32°C
Hujan Ringan Medan
Hujan Ringan
23 - 32°C
Cerah Berawan Pekanbaru
Cerah Berawan
22 - 34°C
Hujan Ringan Batam
Hujan Ringan
25 - 32°C
Hujan Ringan Padang
Hujan Ringan
22 - 31°C
Berawan Jambi
Berawan
23 - 33°C
Hujan Ringan Palembang
Hujan Ringan
24 - 33°C
Berawan Pangkal Pinang
Berawan
25 - 33°C
Berawan Bengkulu
Berawan
24 - 32°C
Berawan Bandar Lampung
Berawan
23 - 33°C
Hujan Sedang Pontianak
Hujan Sedang
23 - 33°C
Berawan Samarinda
Berawan
25 - 33°C
Cerah Berawan Palangkaraya
Cerah Berawan
22 - 33°C
Cerah Berawan Banjarmasin
Cerah Berawan
23 - 35°C
Berawan Manado
Berawan
21 - 34°C
Berawan Gorontalo
Berawan
22 - 34°C
Cerah Berawan Palu
Cerah Berawan
23 - 35°C
Cerah Berawan Kendari
Cerah Berawan
20 - 31°C
Cerah Berawan Makassar
Cerah Berawan
22 - 34°C
Cerah Berawan Majene
Cerah Berawan
23 - 33°C
Hujan Ringan Ternate
Hujan Ringan
24 - 31°C
Berawan Ambon
Berawan
23 - 29°C
Cerah Berawan Jayapura
Cerah Berawan
23 - 32°C
Hujan Ringan Sorong
Hujan Ringan
24 - 31°C
Hujan Ringan Biak
Hujan Ringan
22 - 31°C
Hujan Ringan Manokwari
Hujan Ringan
24 - 31°C
Cerah Berawan Merauke
Cerah Berawan
22 - 31°C
Cerah Kupang
Cerah
20 - 33°C
Cerah Berawan Sumbawa Besar
Cerah Berawan
21 - 34°C
Cerah Berawan Mataram
Cerah Berawan
21 - 31°C
Berawan Denpasar
Berawan
24 - 32°C
Berawan Jakarta
Berawan
23 - 33°C
Berawan Serang
Berawan
24 - 35°C
Berawan Bandung
Berawan
21 - 32°C
Cerah Berawan Semarang
Cerah Berawan
23 - 35°C
Cerah Berawan Yogyakarta
Cerah Berawan
22 - 33°C
Cerah Surabaya
Cerah
23 - 34°C


0 - 0°C
Site Stats
  • Total hits: 2.691.961
  • Hits bulan ini: 35.685
  • Hits minggu ini: 9.960
  • Hits hari ini: 2.611
Sejak tanggal 7 Juli 2011
PPID
Data
Pengadaan Barang dan Jasa
Web Link
Buku Informasi Transportasi
GIS DEPHUB
Statistik Perhubungan
Peta Prasarana Perhubungan