• Sampaikan pengaduan anda ke nomor : 0813-111111-05. Akses portal Kemenhub melalui perangkat mobile ketik : http://m.dephub.go.id. Utamakan Keselamatan Dalam Penyelenggaraan Transportasi. Keselamatan Jalan Tanggung Jawab Kita Bersama. Ciptakan Keselamatan, Kenyamanan Transportasi Yang Efektif Dan Efisien.
Berita Video
Album Foto


Kolom Redaksi
PERCEPATAN DWELLING TIME
Pemerintah mentargetkan untuk menekan waktu sirkulasi barang sejak kapal sandar di dermaga hingga keluar pintu pelabuhan (dwelling time) dari 6 hari m(...)
Baca Selengkapnya
DUKUNGAN KEMENHUB BAGI JAMINAN KELANCARAN DISTRIBUSI BARANG DI TENGAH CUACA BURUK
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa cuaca buruk yang diwarnai angin kencang dan hujan lebat akan berlangsung hin(...)
Baca Selengkapnya
REALISASI TARGET TAHUN 2013
Banyak yang memperkirakan tahun 2013 adalah tahun "suram" dengan alasan krisis utang di Eropa dan perlambatan ekonomi AS akan kian parah yan(...)
Baca Selengkapnya
Liputan Khusus
PRAMEKS DAPAT PSO, PENGLAJU BISA BERHEMAT
Pemerintah memberikan publik service obligation (PSO) tahun 2014 kepada PT Kereta Api Indonesia untuk mengangkut orang dengan kereta api kelas ekonomi(...)
Baca Selengkapnya
DAMRI, BUS PERINTIS ANDALAN MASYARAKAT PEDALAMAN SUMBAWA
Jam di tangan sudah menunjukkan pukul 20.15 WIT. Malam itu cuaca sangat cerah, bintang bertebaran diangkasa. belasan orang, tua maupun muda, wanita ma(...)
Baca Selengkapnya
SAPI PUN BUTUH KAPAL YANG LAYAK
PALU --- Siang itu matahari sangat terik. Hembusan angin laut tak mampu mengurangi panas yang menggigit kulit. Yang terjadi justru hembusan angin memb(...)
Baca Selengkapnya
Berita  Direktorat Jenderal Perhubungan Darat  RAKORNIS PERHUBUNGAN DARAT, SARANA PERCEPAT MP3EI DI PULAU KALIMANTAN Print
RAKORNIS PERHUBUNGAN DARAT, SARANA PERCEPAT MP3EI DI PULAU KALIMANTAN

(Jakarta, 26/2/2013) Dalam pengarahannya di depan peserta Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Perhubungan Darat se-Wilayah Kalimantan, Dirjen Perhubungan Darat, Suroyo Alimoeso mengatakan melalui rakornis ini, diharapkan dapat dihasilkan suatu rumusan untuk mempercepat pelaksanaan Master Plan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di Pulau Kalimantan melalui proses evaluasi, penggambaran yang jelas dari Tatanan Transportasi Lokal (Tatralok) dan Tatanan Transportasi Wilayah (Tatrawil) dan pembagian tugas pembangunan yang jelas antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, dan kota.

Rapat Koordinasi Teknis Bidang Perhubungan Darat se-Wilayah Kalimantan yang berlangsung di Hotel Aria Barito Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada, Selasa 26 Februari 2013 secara resmi dibuka oleh Dirjen Perhubungan Darat, Suroyo Alimoeso. Rakornis ini diikuti oleh kurang lebih 70 orang peserta, yang terdiri dari : para Kepala Dinas Perhubungan Provinsi, Kabupaten, dan Kota se-Kalimantan, Kepala Balai LLAJSDP Denpasar, Palu, Jambi, Kepala UPT Pelabuhan Penyeberangan  Kariangau Balikpapan, Kasatker Pengembangan LLAJ se-kalimantan, Kasatker Pengembangan LLASDP se-kalimantan, dan Kepala Stasiun DAMRI se-kalimantan. Rakornis kali ini mengambil tema : Penyatuan Visi dan Langkah Guna Meningkatkan Tata Kelola dalam Penyelenggaraan Transportasi Darat di Wilayah Kalimantan.

Menurut Suroyo, dengan dibentuknya Undang-undang No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), aparat perhubungan dituntut untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

 “Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan perubahan paradigma dan kompetensi dalam pelayanan transportasi oleh segenap aparatur perhubungan,” jelasnya.

Sementara itu dalam sambutan selamat datang Gubernur Kalimantan Selatan, yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kalimantan Selatan, Ir. H. Muhammad Arsyadi, disampaikan bahwa Pulau Kalimantan sebagai salah satu wilayah terluas di Indonesia sangat berkepentingan membangun jaringan perhubungan yang lebih luas dan terpadu.

“Perluasan jaringan perhubungan bila dikaitkan dengan strategi pembangunan nasional menempatkan koridor Kalimantan sebagai pusat potensi dan lumbung energi nasional sebagaimana disusun dalam Master Plan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI),” ujar M. Arsyadi.

Penataan ruang Pulau Kalimantan, menurutnya juga untuk mengembangkan jaringan jalan nasional yang menghubungkan perkotaan nasional sebagai pusat pertumbuhan dengan pelabuhan dan bandar udara, mengembangkan jaringan jalan bebas hambatan, dan mengembangkan jaringan nasional yang terpadu dengan jaringan kereta api, pelabuhan, bandar udara, dan transportasi sungai.

Diharapkan M. Arsyadi, melalui rakornis ini akan pula dibicarakan dan dievaluasi bersama terhadap penyelenggaraan bidang perhubungan darat yang telah berjalan selama ini. “Diharapkan pula akan terbangun koordinasi dan sinergi untuk hasil yang lebih positif bagi penyelenggaraan bidang perhubungan darat di wilayah kalimantan,” tambahnya.

Balai LLAJSDP, Jembatan Koordinasi Pembangunan Transportasi Darat di Pusat dan Daerah

Suroyo Alimoeso mengatakan bahwa rakornis bidang perhubungan darat se-wilayah Kalimantan ini juga merupakan ajang perkenalan dari pembentukan Balai LLAJSDP (Lalu Lintas Angkutan Jalan Sungai Danau dan Penyeberangan) di bawah Ditjen Perhubungan Darat. “Balai ini nantinya akan berfungi sebagai jembatan koordinasi pembangunan transportasi darat antara pemerintah pusat dan daerah,” jelasnya.

Suroyo merngatakan, Balai LLAJSDP ini sebagai suatu organisasi yang tidak akan bertentangan dengan otonomi daerah. Dengan luasnya wilayah Indonesia yang terdiri atas 33 provinsi, dengan lebih dari 500 kabupaten/kota, selama ini dirasakan adanya kesulitan dalam harmonisasi pembangunan transportasi darat karena penerjemahan yang berbeda-beda antar daerah.

Dalam laporan sebagai Ketua Panitia Penyelenggara, Kepala Balai LLAJSDP Palangkaraya, Dadan M. Ramdan, mengatakan melalui rakornis ini diharapkan dapat terbentuk kesamaan visi antara pemangku jabatan bidang perhubungan darat se-wilayah kalimantan untuk menentukan langkah-langkah yang diperlukan guna mewujudkan pelayanan transportasi darat yang handal  berdaya saing dan memberikan nilai tambah guna mendukung pembangunan ekonomi, pariwisata dan sektor-sektor lainnya.

“Perubahan paradigma dan harmonisasi tata laksana bahwa untuk urusan yang sifatnya operasional di daerah, yang sebelumnya dilaksanakan Ditjen Perhubungan Darat, maka dengan Peraturan Menteri Perhubungan PM 86 tahun 2011 menjadi tugas dan fungsi Balai LLAJSDP, termasuk pelaksanaan pembangunan yang sampai dengan tahun anggaran 2013 masih dilaksanakan oleh satker pengembangan LLAJ dan satker pengembangan LLASDP”, ujar Dadan. (RS)
 


0
0
 

Berita Terkait
Komentar Anda


Nama
Email
Judul
Komentar
 
 
Jajak Pendapat
Bagaimana proses pelayanan pengaduan di Kementerian Perhubungan?
 
Total Responden 887
Prakiraan Cuaca Hari Ini
Berawan Banda Aceh
Berawan
21 - 32°C
Hujan Ringan Medan
Hujan Ringan
23 - 32°C
Cerah Berawan Pekanbaru
Cerah Berawan
22 - 34°C
Berawan Batam
Berawan
25 - 32°C
Cerah Berawan Padang
Cerah Berawan
21 - 31°C
Berawan Jambi
Berawan
23 - 32°C
Berawan Palembang
Berawan
24 - 34°C
Berawan Pangkal Pinang
Berawan
25 - 33°C
Cerah Berawan Bengkulu
Cerah Berawan
24 - 31°C
Berawan Bandar Lampung
Berawan
21 - 35°C
Berawan Pontianak
Berawan
24 - 34°C
Berawan Samarinda
Berawan
24 - 32°C
Berawan Palangkaraya
Berawan
22 - 33°C
Berawan Banjarmasin
Berawan
22 - 34°C
Cerah Berawan Manado
Cerah Berawan
20 - 33°C
Cerah Berawan Gorontalo
Cerah Berawan
22 - 34°C
Cerah Berawan Palu
Cerah Berawan
23 - 35°C
Cerah Berawan Kendari
Cerah Berawan
21 - 31°C
Berawan Makassar
Berawan
20 - 36°C
Cerah Berawan Majene
Cerah Berawan
24 - 32°C
Berawan Ternate
Berawan
24 - 31°C
Hujan Ringan Ambon
Hujan Ringan
22 - 29°C
Hujan Ringan Jayapura
Hujan Ringan
23 - 32°C
Hujan Ringan Sorong
Hujan Ringan
24 - 31°C
Hujan Ringan Biak
Hujan Ringan
22 - 31°C
Berawan Manokwari
Berawan
24 - 32°C
Cerah Berawan Merauke
Cerah Berawan
22 - 31°C
Cerah Kupang
Cerah
19 - 35°C
Cerah Berawan Sumbawa Besar
Cerah Berawan
21 - 36°C
Cerah Berawan Mataram
Cerah Berawan
22 - 32°C
Berawan Denpasar
Berawan
22 - 32°C
Cerah Berawan Jakarta
Cerah Berawan
23 - 34°C
Berawan Serang
Berawan
23 - 33°C
Berawan Bandung
Berawan
21 - 32°C
Cerah Berawan Semarang
Cerah Berawan
23 - 35°C
Berawan Yogyakarta
Berawan
20 - 31°C
Cerah Berawan Surabaya
Cerah Berawan
23 - 34°C


0 - 0°C
Site Stats
  • Total hits: 0
  • Hits bulan ini: 0
  • Hits minggu ini: 0
  • Hits hari ini: 0
Sejak tanggal 0
PPID
Data
Pengadaan Barang dan Jasa
Web Link
Buku Informasi Transportasi
GIS DEPHUB
Statistik Perhubungan
Peta Prasarana Perhubungan