• Sampaikan pengaduan anda ke nomor : 0813-111111-05. Akses portal Kemenhub melalui perangkat mobile ketik : http://m.dephub.go.id. Utamakan Keselamatan Dalam Penyelenggaraan Transportasi. Keselamatan Jalan Tanggung Jawab Kita Bersama. Ciptakan Keselamatan, Kenyamanan Transportasi Yang Efektif Dan Efisien.
Berita Video
Album Foto


Kolom Redaksi
PERCEPATAN DWELLING TIME
Pemerintah mentargetkan untuk menekan waktu sirkulasi barang sejak kapal sandar di dermaga hingga keluar pintu pelabuhan (dwelling time) dari 6 hari m(...)
Baca Selengkapnya
DUKUNGAN KEMENHUB BAGI JAMINAN KELANCARAN DISTRIBUSI BARANG DI TENGAH CUACA BURUK
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa cuaca buruk yang diwarnai angin kencang dan hujan lebat akan berlangsung hin(...)
Baca Selengkapnya
REALISASI TARGET TAHUN 2013
Banyak yang memperkirakan tahun 2013 adalah tahun "suram" dengan alasan krisis utang di Eropa dan perlambatan ekonomi AS akan kian parah yan(...)
Baca Selengkapnya
Liputan Khusus
PERTAHANKAN KA KALIJAGA DEMI PENYEBARAN PERTUMBUHAN EKONOMI
(...)
Baca Selengkapnya
MERINDUKAN KEJAYAAN DRY PORT GEDE BAGE
(...)
Baca Selengkapnya
UPTD TANDES JAGA KEBERSIHAN UDARA KOTA SURABAYA
(...)
Baca Selengkapnya
Berita  Direktorat Jenderal Perhubungan Darat    KESEPAKATAN BERSAMA PENGEMBANGAN KAWASAN TRANSPORTASI TERPADU MERAK DITANDATANGANI Print
KESEPAKATAN BERSAMA PENGEMBANGAN KAWASAN TRANSPORTASI TERPADU MERAK DITANDATANGANI

(Jakarta, 9/2/2012) Bertempat di Ruang Singosari Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, diwakili oleh Dirjen Perhubungan Darat, Soeroyo Alimoeso, melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama dengan Pemerintah Kota Cilegon, diwakili oleh Wakilota Cilegon, Tb. Iman Ariyadi, dan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) diwakili oleh Direktur Utamanya, Danang S. Baskoro mengenai Pengembangan Kawasan Transportasi Terpadu Merak Kota Cilegon Provinsi Banten.

Diungkapkan oleh Dirjen Soeroyo, penandatanganan Kesepakatan Bersama ini merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pengguna jasa transportasi dengan sarana dan prasarana yang memadai, efektif, efisien, terpadu, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan kepada pengguna jasa transportasi di kawasan Transportasi Terpadu, Kota Cilegon, Provinsi Banten dengan memadukan moda angkutan jalan dan angkutan penyeberangan. 

Ruang lingkup Kesepakatan Bersama ini meliputi kerjasama dalam perencanaan, pembangunan dan pengoperasian, yang meliputi : Pemberdayaan dan Pengembangan Terminal Terpadu Merak, dan Penataan Pelabuhan Penyeberangan Merak termasuk pembangunan dan pengoperasian Dermaga VI Merak beserta fasilitasnya.

Sebagai salah satu tindak lanjut dari Kesepakatan Bersama ini adalah akan disusunnya secara bersama-sama, yaitu : Rencana Induk (Master Plan) Pengembangan Kawasan Transportasi Terpadu Merak Kota Cilegon Provinsi Banten, yang disusun dan dikoordinasikan oleh Ditjen Perhubungan Darat. Selain menyusun dan mengkoordinasikan Rencana Induk (Master Plan), Ditjen Perhubungan Darat bertanggung jawab pula atas perencanaan dan pembangunan Dermaga VI Merak, yang terdiri atas fasilitas pokok dan fasilitas penunjangnya.

Pemerintah Kota Cilegon sendiri bertugas dan bertanggung jawab atas pengembangan dan optimalisasi Terminal Terpadu Merak, penyediaan lahan aksesibilitas menuju Dermaga VI Merak, dan penyediaan lokasi untuk pembangunan Dermaga VI Merak. PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero), sebagai operator bertugas dan bertanggung jawab atas pengoperasian Dermaga VI guna optimalisasi Pelabuhan Penyeberangan Merak, dan pemeliharaan serta perbaikan Dermaga VI Merak termasuk fasilitas pokok dan fasilitas penunjangnya.

Dalam rangka melaksanakan Kesepakatan Bersama ini, para pihak (Ditjen Perhubungan Darat, Pemkot Cilegon, dan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan membentuk Tim Bersama yang anggotanya diusulkan oleh para pihak. Tim Bersama ini memiliki tugas-tugas, di antaranya : menyusun Kerangka Acuan Kerja (Term of Refferences) dan Studi Kelayakan (Feasibility Study) perencanaan, pembangunan, pengoperasian serta dokumen di lingkungan Kawasan Transportasi Terpadu Merak, Menyusun kegiatan perencanaan, pembangunan, dan pengoperasian Kawasan Transportasi Terpadu Merak, serta Mengkoordinasikan, menyiapkan, melakukan evaluasi serta melaporkan hasil kegiatan Tim Bersama kepada para pihak. (RS)
 

0
0
 


Komentar Anda


Nama
Email
Judul
Komentar
 
 
Jajak Pendapat
Bagaimana proses pelayanan pengaduan di Kementerian Perhubungan?
 
Total Responden 949
Prakiraan Cuaca Hari Ini
Hujan Ringan Banda Aceh
Hujan Ringan
23 - 31°C
Hujan Ringan Medan
Hujan Ringan
23 - 32°C
Hujan Ringan Pekanbaru
Hujan Ringan
22 - 34°C
Berawan Batam
Berawan
25 - 32°C
Berawan Padang
Berawan
22 - 31°C
Berawan Jambi
Berawan
24 - 33°C
Berawan Palembang
Berawan
23 - 35°C
Berawan Pangkal Pinang
Berawan
25 - 33°C
Hujan Ringan Bengkulu
Hujan Ringan
24 - 32°C
Cerah Berawan Bandar Lampung
Cerah Berawan
22 - 34°C
Berawan Pontianak
Berawan
23 - 33°C
Berawan Samarinda
Berawan
24 - 34°C
Berawan Palangkaraya
Berawan
23 - 34°C
Cerah Berawan Banjarmasin
Cerah Berawan
23 - 35°C
Berawan Manado
Berawan
21 - 33°C
Cerah Berawan Gorontalo
Cerah Berawan
20 - 35°C
Hujan Ringan Palu
Hujan Ringan
24 - 35°C
Cerah Berawan Kendari
Cerah Berawan
20 - 32°C
Berawan Makassar
Berawan
21 - 35°C
Berawan Majene
Berawan
23 - 33°C
Cerah Berawan Ternate
Cerah Berawan
25 - 32°C
Berawan Ambon
Berawan
23 - 29°C
Cerah Berawan Jayapura
Cerah Berawan
23 - 32°C
Cerah Berawan Sorong
Cerah Berawan
24 - 32°C
Cerah Berawan Biak
Cerah Berawan
22 - 31°C
Hujan Ringan Manokwari
Hujan Ringan
24 - 32°C
Cerah Berawan Merauke
Cerah Berawan
22 - 31°C
Cerah Kupang
Cerah
20 - 31°C
Cerah Berawan Sumbawa Besar
Cerah Berawan
21 - 35°C
Cerah Berawan Mataram
Cerah Berawan
22 - 31°C
Berawan Denpasar
Berawan
24 - 33°C
Hujan Ringan Jakarta
Hujan Ringan
23 - 33°C
Berawan Serang
Berawan
24 - 34°C
Berawan Bandung
Berawan
23 - 32°C
Cerah Berawan Semarang
Cerah Berawan
24 - 36°C
Cerah Yogyakarta
Cerah
23 - 33°C
Cerah Surabaya
Cerah
18 - 30°C


0 - 0°C
Site Stats
  • Total hits: 2.725.755
  • Hits bulan ini: 3.538
  • Hits minggu ini: 9.824
  • Hits hari ini: 285
Sejak tanggal 7 Juli 2011
PPID
Data
Pengadaan Barang dan Jasa
Web Link
Buku Informasi Transportasi
GIS DEPHUB
Statistik Perhubungan
Peta Prasarana Perhubungan