• Sampaikan pengaduan anda ke nomor : 0813-111111-05. Akses portal Kemenhub melalui perangkat mobile ketik : http://m.dephub.go.id. Utamakan Keselamatan Dalam Penyelenggaraan Transportasi. Keselamatan Jalan Tanggung Jawab Kita Bersama. Ciptakan Keselamatan, Kenyamanan Transportasi Yang Efektif Dan Efisien.
Berita Video
Album Foto


Kolom Redaksi
PERCEPATAN DWELLING TIME
Pemerintah mentargetkan untuk menekan waktu sirkulasi barang sejak kapal sandar di dermaga hingga keluar pintu pelabuhan (dwelling time) dari 6 hari m(...)
Baca Selengkapnya
DUKUNGAN KEMENHUB BAGI JAMINAN KELANCARAN DISTRIBUSI BARANG DI TENGAH CUACA BURUK
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa cuaca buruk yang diwarnai angin kencang dan hujan lebat akan berlangsung hin(...)
Baca Selengkapnya
REALISASI TARGET TAHUN 2013
Banyak yang memperkirakan tahun 2013 adalah tahun "suram" dengan alasan krisis utang di Eropa dan perlambatan ekonomi AS akan kian parah yan(...)
Baca Selengkapnya
Liputan Khusus
PERTAHANKAN KA KALIJAGA DEMI PENYEBARAN PERTUMBUHAN EKONOMI
(...)
Baca Selengkapnya
MERINDUKAN KEJAYAAN DRY PORT GEDE BAGE
(...)
Baca Selengkapnya
UPTD TANDES JAGA KEBERSIHAN UDARA KOTA SURABAYA
(...)
Baca Selengkapnya
Berita  Direktorat Jenderal Perhubungan Laut  MENHUB LANTIK DIRJEN PERHUBUNGAN LAUT Print
MENHUB LANTIK DIRJEN PERHUBUNGAN LAUT

Menjawab pertanyaan wartawan, Menhub usai pelantikan menegaskan, penunjukkan Sunaryo untuk memegang jabatan tinggi di lingkungan Dephub tersebut tidak menyalahi perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Alasannya, kata Menhub, ”Yang bersangkutan sudah non aktif dari TNI. Beliau sudah 100 persen sipil. Tidak ada dualisme di sini, jadi tidak bertentangan dengan undang-undang,” tegasnya.
Posisi Dirjen Hubla sendiri sempat mengalami kekosongan sekitar tiga bulan. Untuk mengisi kekosongan tersebut, Menhub menunjuk Zulkarnaen Oyoeb sebagai pejabat pelaksana (Plt) Dirjen Hubla. Sebelumnya, posisi Dirjen Hubla diisi Effendi Batubara yang memasuki masa pensiun sejak September 2008.


Menhub menambahkan, pengajuan Sunaryo sebagai kandidat Dirjen Hubla adalah inisiatif pribadinya. Selain Sunaryo, ada dua calon lain yang diajukannya kepada Tim Penilai Akhir. Tim tersebut diketuai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Ketua Wapres Jusuf Kalla, beranggotakan Ketua Badan Intelijen Negara, Menteri Sekretaris Kabinet, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, dan menteri pengusul dalam hal ini Menteri Perhubungan.
Sebelum ditunjuk, Sunaryo memang perwira aktif di TNI AL. Posisi terakhir perwira bintang dua berpangkat Laksamana Muda itu adalah Perwira Staf Ahli Tingkat III Bidang Intekmil Panglima TNI. Namun setelah namanya terpilih, yang bersangkutan langsung mengundurkan diri dari TNI AL, dan kini berstatus PNS dengan golongan IV E. ”Inisiatif pencalonannya murni dari saya sendiri,” kata Menhub.
Menhub menambahkan, pengajuan Sunaryo sebagai kandidat tidak dapat dilepaskan dari keinginan regulator untuk mewujudkan berdirinya Indonesian Sea and Coast Guard (ISCG/) atau lembaga penjaga laut dan pantai pada akhir 2009 nanti. ”Sebagaimana yang diamanatkan Undang-undang Pelayaran, penjaga laut dan pantai ini harus kita miliki," tuturnya.

Menhub menjelaskan, untuk membentuk ISCG akan dicari formulasi terbaik yang bisa membuat organisasi ini mampu bergerak secara dinamis. "Yang pasti, lembaga ini akan independen. Bisa jadi bentuknya seperti Badan Koordinasi Keamanan laut (Bakorkamla) yang terdiri dari polisi air dan udara, serta Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP). Tetapi itu belum. Nah, jika Dirjen dari angkatan laut, tentunya dia lebih memahami dan cepat berkomunikasi dengan teman-teman dari militer,” jelasnya.
ISCG, kata Menhub, akan menjadi otoritas sipil yang berada langsung di bawah Presiden secara tanggung jawab dan di bawah Menhub secara teknis. Pembentukan ISCG selain untuk memenuhi amanat UU 17/2008 tentang Pelayaran, juga untuk memenuhi kewajiban Indonesia sebagai contracted state dari Organisasi Maritim Internasional (International Maritime Organization/IMO) dan regulasi internasional lainnya.
Selain membentuk ISCG, lanjut Menhub, Sunaryo juga dibebankan tugas untuk menertibkan sedikitnya 46 pelabuhan liar yang disinyalir menjadi gerbang aksi-aksi penyelundupan. ”Pelabuhan-pelabuhan liar itu banyak terdapat di daerah Batam dan Kepulauan Riau. Pelabuhan yang masuk kategori liar tersebut adalah pelabuhan yang tidak mendapatkan izin dari pemerintah,” katanya.
Menhub mengakui telah mendapatkan data mengenai pelabuhan yang dikategorikan sebagai pelabuhan liar itu dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. ”Kapan pelaksanaannya, kita tunggu Dirjen yang baru,” ujarnya.
Sementara itu, pelantikan Sunaryo langsung disambut gembira para pelaku bisnis pelayaran. Salah satunya adalah Direktur Utama PT Arpeni Lines Oentoro Surya. Oentoro menyambut baik kehadiran Sunaryo di lingkungan Departemen Perhubungan. ”Sebagai negara kelautan yang luas, kita membutuhkan seorang yang mengerti operasi strategi, bukan yang hanya tahunya mencari kesalahan dan memuja orang-orang asing. Akhirnya semua berantakan,” ujarnya singkat. (DIP)


0
0
 

Berita Terkait
Komentar Anda


Nama
Email
Judul
Komentar
 
 
Jajak Pendapat
Bagaimana proses pelayanan pengaduan di Kementerian Perhubungan?
 
Total Responden 949
Prakiraan Cuaca Hari Ini
Hujan Ringan Banda Aceh
Hujan Ringan
23 - 31°C
Hujan Ringan Medan
Hujan Ringan
23 - 32°C
Hujan Ringan Pekanbaru
Hujan Ringan
22 - 34°C
Berawan Batam
Berawan
25 - 32°C
Berawan Padang
Berawan
22 - 31°C
Berawan Jambi
Berawan
24 - 33°C
Berawan Palembang
Berawan
23 - 35°C
Berawan Pangkal Pinang
Berawan
25 - 33°C
Hujan Ringan Bengkulu
Hujan Ringan
24 - 32°C
Cerah Berawan Bandar Lampung
Cerah Berawan
22 - 34°C
Berawan Pontianak
Berawan
23 - 33°C
Berawan Samarinda
Berawan
24 - 34°C
Berawan Palangkaraya
Berawan
23 - 34°C
Cerah Berawan Banjarmasin
Cerah Berawan
23 - 35°C
Berawan Manado
Berawan
21 - 33°C
Cerah Berawan Gorontalo
Cerah Berawan
20 - 35°C
Hujan Ringan Palu
Hujan Ringan
24 - 35°C
Cerah Berawan Kendari
Cerah Berawan
20 - 32°C
Berawan Makassar
Berawan
21 - 35°C
Berawan Majene
Berawan
23 - 33°C
Cerah Berawan Ternate
Cerah Berawan
25 - 32°C
Berawan Ambon
Berawan
23 - 29°C
Cerah Berawan Jayapura
Cerah Berawan
23 - 32°C
Cerah Berawan Sorong
Cerah Berawan
24 - 32°C
Cerah Berawan Biak
Cerah Berawan
22 - 31°C
Hujan Ringan Manokwari
Hujan Ringan
24 - 32°C
Cerah Berawan Merauke
Cerah Berawan
22 - 31°C
Cerah Kupang
Cerah
20 - 31°C
Cerah Berawan Sumbawa Besar
Cerah Berawan
21 - 35°C
Cerah Berawan Mataram
Cerah Berawan
22 - 31°C
Berawan Denpasar
Berawan
24 - 33°C
Hujan Ringan Jakarta
Hujan Ringan
23 - 33°C
Berawan Serang
Berawan
24 - 34°C
Berawan Bandung
Berawan
23 - 32°C
Cerah Berawan Semarang
Cerah Berawan
24 - 36°C
Cerah Yogyakarta
Cerah
23 - 33°C
Cerah Surabaya
Cerah
18 - 30°C


0 - 0°C
Site Stats
  • Total hits: 2.725.753
  • Hits bulan ini: 3.536
  • Hits minggu ini: 9.822
  • Hits hari ini: 283
Sejak tanggal 7 Juli 2011
PPID
Data
Pengadaan Barang dan Jasa
Web Link
Buku Informasi Transportasi
GIS DEPHUB
Statistik Perhubungan
Peta Prasarana Perhubungan