• Sampaikan pengaduan anda ke nomor : 0813-111111-05. Akses portal Kemenhub melalui perangkat mobile ketik : http://m.dephub.go.id. Utamakan Keselamatan Dalam Penyelenggaraan Transportasi. Keselamatan Jalan Tanggung Jawab Kita Bersama. Ciptakan Keselamatan, Kenyamanan Transportasi Yang Efektif Dan Efisien.
Berita Video
Album Foto


Kolom Redaksi
PERCEPATAN DWELLING TIME
Pemerintah mentargetkan untuk menekan waktu sirkulasi barang sejak kapal sandar di dermaga hingga keluar pintu pelabuhan (dwelling time) dari 6 hari m(...)
Baca Selengkapnya
DUKUNGAN KEMENHUB BAGI JAMINAN KELANCARAN DISTRIBUSI BARANG DI TENGAH CUACA BURUK
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa cuaca buruk yang diwarnai angin kencang dan hujan lebat akan berlangsung hin(...)
Baca Selengkapnya
REALISASI TARGET TAHUN 2013
Banyak yang memperkirakan tahun 2013 adalah tahun "suram" dengan alasan krisis utang di Eropa dan perlambatan ekonomi AS akan kian parah yan(...)
Baca Selengkapnya
Liputan Khusus
PERTAHANKAN KA KALIJAGA DEMI PENYEBARAN PERTUMBUHAN EKONOMI
(...)
Baca Selengkapnya
MERINDUKAN KEJAYAAN DRY PORT GEDE BAGE
(...)
Baca Selengkapnya
UPTD TANDES JAGA KEBERSIHAN UDARA KOTA SURABAYA
(...)
Baca Selengkapnya
Berita  Direktorat Jenderal Perhubungan Laut  ADPEL DAN KASIE KPLP LEMBAR DINONAKTIFKAN TERKAIT DUGAAN PUNGLI Print
ADPEL DAN KASIE KPLP LEMBAR DINONAKTIFKAN TERKAIT DUGAAN PUNGLI

(Jakarta, 7/9/10) Kebijakan tegas dikeluarkan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, terkait dugaan aksi pungli yang dilakukan Adinistrator Pelabuhan dan Kepala Seksi Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Pelabuhan lembar, Lombok Barat. Keduanya saat ini dinonaktikan untuk menjalani pemeriksaan secara intensif untuk membuktikan kebenaran kasus ini.

”Kita (Ditjen hubla) tidak mentolerir aksi-aksi pungli seperti itu. Zaman sekarang masih mau pungli, itu nekat namanya. Yang bersangkutan sudah kita nonaktifkan dan Plt-nya sudah ditunjuk. Jika benar mereka terbukti, tidak ada alasan lain untuk tidak memecat keduanya melalui proses mutasi,” tegas Sekretaris Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Bobby R Mamahit di Jakarta, Selasa (7/9).

Sebagaimana diberitakan, Adpel dan Kasie KPLP Pelabuhan Lembar dilaporkan oleh Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Gapasdap) Lembar telah melakukan sejumlah aksi pungli terhadap para operator kapal dan pengguna jasa di Pelabuhan Lembar. Menurut Bobby, bukan baru kali pertama ini Adpel Lembar dan Kasie KPLP pelabuhan tersebut diperiksa terkait kasus ini. ”Ini pemeriksaan yang kedua kalinya. Kalau terkait dugaan pungli, laporan yang masuk ke kita sudah banyak. Salah satunya dari Gapasdap,” jelasnya.

Bobby menambahkan, penunjukkan pejabat pelaksana tugas untuk kedua posisi yang tengah non aktif itu sangat dibutuhkan agar proses pengawalan dan pengawasan terhadap aktivitas angkutan Lebaran tidak terganggu. Sedangkan di satu sisi, proses pemeriksaan kedua pejabat eselon tiga dan empat tersebut juga tetap bisa dijalankan.

Dugaan kasus aksi pungli yang dilakukan Adpel dan Kasie KPLP Lembar ini mencuat setelah DPC Gapasdap Kabupaten Lombok Barat merilis surat laporan kepada Menteri Perhubungan Freddy Numberi. Surat ini sendiri menyusul aksi boikot yang dilakukan operator transporter Lembar yang terdiri dari pengemudi bus dan truk pada Rabu, 11 Agustus 2010.

Dalam laporan itu Gapasdap Lombok Barat menuntut agar Adpel dan  Kasie KPLP Pelabuhan Lembar diganti. Wadah operator angkutan penyeberangan lintas Lembar-Padangbai itu khawatir, aksi mogok supir truk dan bus pada 11 Agustus lalu terulang kembali.

Ketua DPC Gapasdap Lembar Sekartadji Anwar, kegiatan hilir mudik kapal penyeberangan di pelabuhan tersebut sempat mandek 4 jam lamanya akibat aksi mogok tersebut. "Aksi mogok itu karena ada pungutan tidak resmi dan sulitnya mendapatkan surat izin berlayar oleh Adpel dan Syahbandar Lembar. Sehingga kapal yang berangkat jadi terbatas akibatnya pemakai jasa kapal penyeberangan seperti bus dan truk tadi telantar sangat lama," kata Anwar, Kamis (2/9).

Namun, izin berlayar diberikan bagi operator yang bersedia membayar sejumlah uang kepada Adpel dan Syahbandar. Sejumlah pungutan tidak resmi yang harus dibayarkan menurutnya adalah izin pengelasan, izin olah gerak, izin bunker dan izin berlayar.

Menurut Anwar, dari delapan operator yang melakukan kegiatan penyeberangan di lintas tersebut, tujuh diantaranya menyetujui rekomendasi digantinya Adpel dan Kasie KPLP Pelabuhan Lembar.

Pimpinan dari tujuh operator itu yaitu PT Indonesia Ferry (Persero) Lembar, PT Dharma Lautan Utama, PT Jembatan Madura, PT Gerbang Samudra Sarana, PT Jembatan Laut, PT Putera Master SP Ferry dan PT Sindutama Bahari telah melayangkan surat kepada Menteri Perhubungan, Dirjen Perhubungan Laut dan Dirjen Perhubungan Darat untuk mengganti dua pejabat tersebut. Surat itu sendiri dilayangkan pada 25 Agustus lalu.

"Kedua pejabat itu harus ditarik dari kantor Adpel Pelabuhan Lembar. Kalau aspirasi kami itu tidak disetujui, kami akan menghentikan sementara kegiatan operasi kapal sebagai bentuk protes pada saat lebaran," tegasnya.

Dalam catatan DPP Gapasdap, di lintas Lembar-Padangbai terdapat delapan operator yang mengoperasikan 20 unit kapal penyeberangan. Jarak layar lintas tersebut sepanjang 38 mil, dengan waktu berlayar 240 menit dan bongkar muat 60 menit. (DIP)


0
0
 

Berita Terkait
Komentar Anda


Nama
Email
Judul
Komentar
 
 
Jajak Pendapat
Bagaimana proses pelayanan pengaduan di Kementerian Perhubungan?
 
Total Responden 918
Prakiraan Cuaca Hari Ini
Berawan Banda Aceh
Berawan
22 - 32°C
Hujan Ringan Medan
Hujan Ringan
23 - 32°C
Hujan Ringan Pekanbaru
Hujan Ringan
22 - 34°C
Berawan Batam
Berawan
24 - 32°C
Berawan Padang
Berawan
21 - 31°C
Berawan Jambi
Berawan
24 - 32°C
Hujan Ringan Palembang
Hujan Ringan
23 - 33°C
Hujan Ringan Pangkal Pinang
Hujan Ringan
24 - 33°C
Cerah Berawan Bengkulu
Cerah Berawan
23 - 32°C
Hujan Ringan Bandar Lampung
Hujan Ringan
23 - 33°C
Hujan Ringan Pontianak
Hujan Ringan
24 - 34°C
Berawan Samarinda
Berawan
25 - 33°C
Berawan Palangkaraya
Berawan
23 - 33°C
Cerah Berawan Banjarmasin
Cerah Berawan
23 - 35°C
Hujan Ringan Manado
Hujan Ringan
22 - 33°C
Berawan Gorontalo
Berawan
22 - 34°C
Cerah Berawan Palu
Cerah Berawan
24 - 35°C
Cerah Berawan Kendari
Cerah Berawan
20 - 31°C
Cerah Berawan Makassar
Cerah Berawan
24 - 35°C
Cerah Berawan Majene
Cerah Berawan
23 - 33°C
Berawan Ternate
Berawan
24 - 31°C
Berawan Ambon
Berawan
24 - 31°C
Hujan Ringan Jayapura
Hujan Ringan
23 - 32°C
Hujan Ringan Sorong
Hujan Ringan
24 - 31°C
Hujan Ringan Biak
Hujan Ringan
22 - 31°C
Berawan Manokwari
Berawan
24 - 30°C
Berawan Merauke
Berawan
22 - 31°C
Cerah Kupang
Cerah
20 - 33°C
Cerah Berawan Sumbawa Besar
Cerah Berawan
20 - 35°C
Cerah Berawan Mataram
Cerah Berawan
20 - 31°C
Berawan Denpasar
Berawan
23 - 32°C
Berawan Jakarta
Berawan
23 - 33°C
Berawan Serang
Berawan
24 - 33°C
Berawan Bandung
Berawan
21 - 32°C
Berawan Semarang
Berawan
24 - 34°C
Cerah Berawan Yogyakarta
Cerah Berawan
22 - 32°C
Cerah Surabaya
Cerah
23 - 34°C


0 - 0°C
Site Stats
  • Total hits: 2.698.212
  • Hits bulan ini: 41.936
  • Hits minggu ini: 6.166
  • Hits hari ini: 1.946
Sejak tanggal 7 Juli 2011
PPID
Data
Pengadaan Barang dan Jasa
Web Link
Buku Informasi Transportasi
GIS DEPHUB
Statistik Perhubungan
Peta Prasarana Perhubungan